👩‍🏫COVER & DESKRIPSI pt.2

394 37 0
                                    

© M I C A S A

❀⃟▒⃟❀❀⃟▒⃟❀❀⃟▒⃟❀❀⃟▒⃟❀❀⃟▒⃟❀

COVER COVER AND COVER

❀⃟▒⃟❀❀⃟▒⃟❀❀⃟▒⃟❀❀⃟▒⃟❀❀⃟▒⃟❀

Dah gak asing kan ama cover?

Apa itu cover?

Emng cover penting?

Ayo kita bahas lgi. 🐋

Pepatah mengatakan, "Jangan melihat buku dari covernya."

Namun kenyataannya, kebanyakan org liat cover dulu baru isi bukunya.

Kenyataan yang kejam :")

COVER ITU SEMACAM SAMPUL BUKU.

Gambar berkualitas cari di :

━━★Pinterest
━━★Google
━━★We heart it

Aplikasi yang banyak di sukai para author untuk membuat cover :

━━★Canva
━━★Picsart
━━★Ibis paint
━━★Infinite design

Untuk text nya :

━━★Phonto

#Semua ada di PlayStore ya!

Kenapa cover itu penting dlm novel ataupun cerita wattpad?

Kembali pd pertanyaan diatas tdi.

Karena jaman skrng, org lebih banyak melihat cover di banding isi didalamnya.

Tapi, deskripsi juga penting untuk menarik pembaca lho.

Gimn cara buat deskripsi?

━♡ Pastikan bahasa yang digunakan dapat dipahami dengan mudah oleh pembaca.

━♡ Rangkumlah blurb, rangkumlah blur tersebut lalu masukkan ke deskripsi.
(Blurb itu tulisan yang ada dibelakang novel)

━♡ Pastikan deskripsi tersebut menggambarkan genre pokok dari cerita mu.

━♡ kalian boleh membuat pembaca penasaan lho.

Untuk yang bagian 4, contohnya kaya gini :

🐘 Siapa dalang dibalik kejadian tersebut?

🐘 Lalu kemanakah Angel harus pergi tatkala dunia sudah tak layak huni?

Nah, lalu bagaimana dgn cerita yg deskripsi nya kaya gini? (Ini biasa di wattpad ya, di novel gk mungkin ad deskripsi cem ini)

Gak punya deskripsi, baca aja langsung.

Sebenernya boleh aj sih deskripsinya kaya gitu. Tapi di sisi pembaca, terkesan nampak kurang menarik. Biasanya pembaca akan lewat begitu saja jika deskripsi nya seperti itu.

Namun lagi-lagi, intinya deskripsi itu hukumnya sunah. Hanya semacam cover dalam bntuk tulisan.

Tapi, jika ada deskripsi, itu akan menambah Poin tersendiri untuk cerita kita, untuk promosi tentu saja sangat mendukung.

Yang masih bingung, nih aku kasih contoh deskripsi ( Semua contoh dibawah adalah imajinasi Aku (angel) ) :

🦍Fantasi bercampur fiksi ilmiah :

Tepatnya pada saat Cyberpunk telah mengusai seluruh dunia tanpa batasan. Tahun 2222, menjadi tahun dimana tingkat kehancuran bumi kian melambung. Jung Callie harus terjebak pada semua takdir mengejutkan yang tertuju khusus untuknya. Permainan takdir yang kian rumit semakin menjadi saat Callie ikut mempermainkan takdirnya sendiri. Tertawa bersama, menikmati kesengsaraan takdir danㅡ dirinya.

Di WP Cyberpunk
-Angelmaturity

(Mls bkin lagi :v)

🦍 Drama Romance :

Terkadang dunia itu memang kejam. Defana, seorang gadis yang harus merasakan pahitnya dunia dengan segala kepiluan batinnya. Di khiainati oleh kekasih yang sangat ia cinta, dan masalah yang terus datang bertubi-tubi. Apa gadis itu salah untuk bahagia walau sedetik saja?

🦍 Horor :

Setiap malam terasa sangat panjang dan membosankan bagi Thania. Gadis dengan kelebihannya, dapat melihat makhluk yang tidak bisa di lihat oleh sembarang manusia. Tidak bisa tidur dengan tenang karena terus diganggu untuk mengajaknya bermain membuat Thania gila setiap malam. Namun, akankah ia dapat terbiasa dengan semua hal itu? Terlebih, kini umurnya akan beranjak 17 tahun. Waspada setiap malam, terganggu dan takut terkadang. Kapan, ia bisa tenang?

🦍 Pertualangan :

Mencari misteri yang belum terpecahkan. Menginjakkan kaki ke tempat yang belum pernah di sentuh oleh manusia. Apa lagi yang akan kulakukan selanjutnya untuk petualangan ini? Apa, aku harus berkunjung ke neraka?

🦍 Misteri :

Tidak ada yang tahu, kapan selanjutnya kematian akan menjemput diri. Terlebih, ketika satu kota geger akan sebuah pembunuhan tragis yang baru-baru ini marak terjadi. Oh tunggu, lagi-lagi mayat-mayat manusia tak berdosa yang ditemukan. Telinga ini mulai bosan mendengar lolongan televisi yang menyampaikan berita itu. Dan aku, kapan aku akan menemukan ajalku dengan si pembunuh? Oh tunggu, tunggu sebentar, apa- dia mampu menemukanku di bawah sini?

Kumpulan Materi KepenulisanTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang