Stase Akhir

11K 207 36
                                    

Akhirnya kita ketemu di bagian ini~

Lumayan capek ya ngikutin perjalanan panjang Azri-Azkia 😆 mari rehat sejenak.

Santai-santai dulu sambil bahas behind the story, fun fact, pengenalan face claim, ngobrolin spesial chapter, dan titik titik.

Sebelum masuk ke inti. Aku jelasin arti "Retensi"?

~Secara KBBI, Retensi memiliki arti; Penahanan terus-menerus zat dalam tubuh yang secara normal seharusnya dikeluarkan. Retensi di cerita ini mengarah ke sifat tokoh utama. Penahanan Azri yang awalnya gak mau ngaku kalau suka Azkia, sampai ke titik dimana dia mempertahankan keutuhan rumah tangga keduanya saat profesor Amir menawarkan poligami.

~Lalu munculnya Prof Amir dan Biya. Selain untuk memperkuat karakter Azri. Mereka berdua aku ciptakan untuk membuktikan ucapan Dita yang pernah bilang kalau Azri itu penyimpan rahasia paling handal. Jadi, Dita berlaku demikian karena dia juga punya alasan.

~Tapi kenapa musti kasus poligami sih kan kzl ya!? (😈) Cobaan rumah tangga yang sering dialami biasanya masalah ekonomi, penyakit, keturunan, dan paling bikin greget jelas penghianatan. Untuk itu aku tarik ke jalan cerita, jika Azkia susah punya anak, apakah Azri tetap nolak Biya?

...
..
.

FUN FACT tentang RETENSI
.
..
...

* Cerita ini benar-benar fiksi ya, Sayang. Tidak terinspirasi dari pihak manapun. Hanya saja, adegan di rumah sakit, dimana perjalanan koas Azkia dan teman-temannya itu beberapa aku ambil dari ceritanya Kak Dita (Bukan Dita mantan istrinya Azri hehe) Selama nulis cerita ini, aku nyari info dari banyak sumber, dari blog tertulis sampai youtube.

Misal ada yang terinspirasi dari cerita ini boleh2 saja asal izin kuy. Aku juga kirim email ke Kak Dita buat izin makai cerita real life koas dia dan dikasih izin.

yang pengen tau daily koasnya kak dita. bisa ke sini;

https://Ditanotes.wordpress.com

* UKDI (ujian kompetensi dokter Indonesia) jaman sekarang terkenal dengan sebutan UKMPPD (ujian Kompetensi mahasiswa program profesi dokter). Tapi aku sengaja milih UKDI biar lebih gampang aja penyebutannya. Awokwokwok

* Retensi sempet hiatus 4 bulan karena fokus nulis cerita lain. Sempat punya keinginan buat gak dilanjut. Tapi kok sayang?! Akhirnya aku lanjutkan sampai kita ketemu di chapter ini (✿^‿^)

* Kenapa bisa tercipta buku retensi? cerita ini adalah project universe dari grup kepenulisan. Tapi projek tidak dilanjut. Akhirnya aku memutuskan tetap menerjunkan cerita Retensi. Gak ada harapan apa-apa selama berjibaku menyelesaikan cerita ini. Tapi alhamdulillah bisa sampai ratusan ribu pembaca.

* Azri di Hibiscus friendship itu sebenarnya mau aku jadiin pesaingnya Dokter Chandra beneran. Tapi karena takut ceritanya melebihi deadline. Akhirnya kehidupan Azri aku kembangbiakkan di buku Retensi ini.

* Panggilan Abi dan Umi untuk orang tua Azkia itu terinspirasi dari Najwa Shihab.

* Dani Aksara. Dia terinspirasi dari Fiersa Besari. Makanya profesi dia itu penyanyi Indie.

* Adegan ibu-ibu mau lahiran yang nonton drakor itu terinspirasi cerita temenku.

* Maaf kalau terlalu kompleks dan bikin gak nyaman. Aku udah berusaha semaksimal mungkin buat bikin cerita yang bisa menghibur. Tolong ambil positifnya saja ya. Berharap bisa ngasih moral values di cerita ini. Kalau belum tersampaikan dengan baik, mohon dimaapkan.

𝐑𝐞𝐭𝐞𝐧𝐬𝐢; Dokter Duda vs Anak Koas [END]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang