Minato memperhatikan tatapan sedih namun penuh tekad putranya. Perasaan lucu menyebar di dadanya, dan butuh beberapa saat untuk mengidentifikasi perasaan itu. Itu adalah kebanggaan. Dia menekuk lututnya untuk menyandarkan kepalanya di lengannya yang terlipat. "Hokage di usia tujuh belas...Kau hebat kau tahu itu?"
Naruto menggaruk bagian belakang kepalanya dengan gugup, suasana yang sebelumnya serius hilang dalam sekejap. "Yah, sebenarnya aku berumur enam belas setengah tahun ya? Tapi Gaara bahkan lebih muda ketika Suna memilihnya. Dia berumur lima belas tahun. Gaara... dia sangat berharga bagiku. Saat pertama kali aku bertemu dengannya di ujian chuunin, dia gila. Dia pikir Shukaku adalah ibunya . Dia membenci semua orang, dan dia hanya mencintai dirinya sendiri. Dia adalah apa yang aku bisa jika tidak ada Iruka sensei, atau Ayame-chan dan teuchi tua, atau Sandaime Jiji. Aku bisa bentak, dan aku bisa menjadi binatang pembunuh yang sama."
"Apa yang terjadi padanya? Bagaimana dia bisa menjadi Kazekage seperti itu?"
Seringai lebar tercetak di wajah Naruto. "Aku memasukkan akal sehat ke dalam tengkoraknya yang tebal." Jounin pirang itu melirik ke samping untuk melihat wajah bingung ayahnya. Dia mengangkat bahu ragu-ragu sebelum melanjutkan. "Saya tidak tahu persis apa yang saya katakan kepadanya. Tapi itu mendorongnya ke arah yang benar."
"Begitulah caramu mengetahui tentang segel, tentang Shukaku." Naruto hanya mengangguk, tapi itu goyah di tengah jalan.
"Yah, secara teknis aku memang mendengar Shukaku. Jadi aku tidak berbohong padamu. Bijuu, mereka bisa berbicara satu sama lain jika mereka mau."
Minato mengangguk mengerti. Dia sudah mengatasi kebohongan. Minato mengamati remaja itu—tidak— untuk waktu yang lama. Lalu dia tiba-tiba membuat wajah bingung. "Berapa umurmu sebenarnya?"
Yang lebih muda membuat wajah mengembara. "Tergantung. Apakah saya harus menghitung waktu sejak saya di sini?" Minato mengangkat bahu, tidak yakin dengan jawabannya sendiri. Hitung cepat kemudian, jawab Naruto. "Saya datang ke sini sebulan sebelum ulang tahun saya yang ketujuh belas. Kemudian saya akan berusia delapan belas tahun pada tanggal sepuluh Oktober."
"Delapan belas..." ulang Minato pelan, tatapannya masih tertuju pada wajah putranya. Dia mengamati wajahnya untuk waktu yang lama dan hening, matanya terpaku pada jejak kecil masa kanak-kanak yang masih melayang di wajahnya, tetapi dia sudah bisa melihat garis rahang yang lebih tajam dan tanda-tanda akan segera menjadi pria yang baik. Dan sekarang, dia menemukan Kushina di dalam dirinya. Bentuk matanya. Kontur rahangnya. Senyum yang sekarang membayangi mulutnya saat Naruto memperhatikannya mengawasinya. Dia sangat buta. Suara ragu-ragu putranya mengusirnya dari pikirannya.
"Apakah kamu ... Apakah kamu memberi tahu Kushina? Apakah Ibu tahu tentang aku?"
Minato perlahan menggelengkan kepalanya, dan ekspresi malu muncul di wajahnya. "Tidak, aku—aku belum pulang. Aku sedang berkeliaran di Konoha. Sebagian besar," gumam si pirang yang lebih tua pada akhirnya. "Apakah kamu ingin memberitahunya?"
Penjelajah waktu itu mengangguk. "Aku ingin, tapi aku tidak tahu bagaimana dia akan menanganinya. Bahwa dia tiba-tiba punya anak laki-laki yang sudah dewasa."
Minato membuat tampilan bertanya-tanya, dan senyum nakal muncul di wajahnya. Dia tidak bisa menahan diri ketika ejekan itu secara alami keluar dari mulutnya. "Kurasa dia akan senang kau kehabisan popok."
Naruto telah membeku, tetapi setelah sedetik, dia dengan senang hati terkekeh mendengar lelucon itu dan dengan main-main memukul bahu ayahnya. Ternyata sangat mudah untuk kembali ke kebiasaan lama. Untuk keduanya. Seperti hari sebelumnya tidak mengguncang dasar koneksi mereka. Seperti tidak ada yang terjadi sebelumnya. Tapi tak satu pun dari mereka yang bisa menyangkal fakta bahwa ada sesuatu yang berubah. Jika bukan hal yang signifikan, tapi pasti ada sesuatu yang mempengaruhi hubungan mereka. Cara mereka saling memandang. Bagaimana mereka mencapai perusahaan satu sama lain. Keduanya akhirnya menyadari bahwa semuanya bisa berubah dan bisa hilang dalam sekejap jika dibiarkan. Hubungan mereka menjadi lebih dekat dan lebih kuat dari sebelumnya, bahkan tanpa kata-kata. Itu adalah pemahaman yang diam.
KAMU SEDANG MEMBACA
Naruto : Anak Ramalan
FanfictionUpdate Di Usahakan Setiap Hari Dampaknya luar biasa. Untuk sesaat yang terasa seperti berjam-jam, tidak ada yang bisa dilihat melalui debu yang tebal dan berkabut. Angin seolah berhenti bertiup, dan rerumputan tidak lagi bergoyang, hampir seperti wa...