Bab 99

107 6 0
                                    

"Kurasa lebih baik begini." Sarutobi menyatakan, tatapannya tertuju pada pirang di sampingnya. Pemimpin yang dulu menghela nafas panjang. "Siapa yang membesarkanmu, Naruto?"

Remaja itu tidak menjawab, jemarinya menelusuri celah kecil di sampingnya untuk mengulur waktu. "Sebagian besar diriku. Kelahiranku salah."

Ada keheningan yang tidak nyaman sebelum Sandaime berdeham.

"Dan Jiraiya? Di mana dia selama masa kecilmu?" Satu-satunya jawaban yang dia berikan adalah mengangkat bahu. Desahan panjang lainnya keluar dari Sarutobi. "Saya minta maaf."

"Untuk apa?" Naruto mendongak, mata dan jarinya masih mengamati celah itu.

"Karena melarangnya membesarkanmu." Alis Naruto berkerut, tapi dia masih menghindari kontak mata, jadi Hokage yang dulu melanjutkan. "Sekitar sebulan yang lalu, dia dan aku membicarakan skenario terburuk. Tentang apa yang akan terjadi jika segel Kushina rusak, dan Minato hilang. Sepertinya untuk sekali Jiraiya benar-benar mengikuti perintahku terlepas dari apa yang hatinya katakan padanya. Dia berdebat seperti orang gila."

Naruto tidak membuat komentar apapun, tapi dia menyimpan informasi ini. Dan akhirnya menenangkan beberapa pemikirannya tentang di mana ayah baptisnya selama masa kecilnya. Dia mengira Jiraiya memang seperti itu. Orang mesum yang terkadang tidak masuk akal dan Sarutobi berpikir akan lebih baik jika dia menghindarinya sampai dia bisa menjaga kewarasannya sendiri. Tapi sepertinya sistem ninjalah yang menghancurkan masa kecilnya. Itu bukan Jiraiya. Itu adalah fakta bahwa Jiraiya mengikuti perintah. Perintah, yang meninggalkannya sendirian. Perintah yang melarang Jiraiya untuk mencarinya sebelum dia siap membela diri.

Karena lingkaran kebencian itulah dia tidak memiliki siapa pun untuk dituju selama malam tanpa tidur. Karena itulah dia tidak punya siapa-siapa di rumah yang bisa dia hubungi. Dan untuk pertama kalinya dalam hidupnya, dia membenci sistem rusak yang bisa membuat seorang anak kesepian. Itu bisa menghancurkan keluarga. Itu bisa membuat seorang anak membunuh seluruh klan. Keluarganya sendiri.

Ayahnya benar. Sistem shinobi saat ini hanya memicu lingkaran, dan dia bersumpah untuk memecahkan masalah itu sampai ke akarnya. Suara Hiruzen mengusirnya dari renungan internalnya sebelum dia bisa menyelam lebih dalam.

"Bagaimana dengan Kakashi? Apakah kamu ingin mengatakan yang sebenarnya?"

Naruto ragu-ragu sejenak sebelum dia menggelengkan kepalanya. "Tidak. Aku menghormati pria seperti apa dia nantinya, tapi dia tidak sama sekarang. Aku akan menghancurkannya, dan dia sudah cukup hancur setelah kehilangan Rin." Dia menggelengkan kepalanya sekali lagi. "Aku tidak ingin menghancurkannya. Saat ini dia cukup bingung."

Kepulan asap lainnya meninggalkan tubuh Hiruzen, kabut lembut menari-nari di udara tak bergerak di sekitar mereka. Cahaya berkedip di permukaannya dari waktu ke waktu, mengungkapkan tarian indah yang tersembunyi.

"Kamu suka duduk di sini."

' Ya,' pikirnya dalam hati. Dan mengapa dia benar-benar melakukan ini? Karena di sini damai? Karena semuanya tampak jauh lebih jelas dari sini? Masalahnya tampak sejauh dan sekecil titik-titik kecil penduduk desa dari atas. Atau mungkin karena tingginya? Apakah karena kepastian bahwa Konoha memang masih ada di sana setiap kali dia memandang rendah desa?

Mata Naruto melayang ke tengah, senyum tulus lembut melekat di bibirnya. "Itu membuatku tenang. Melihat Konoha aman dan sehat dari hari ke hari."

Tidak ada kata yang tertukar untuk waktu yang lama. Kedua pria itu membiarkan pandangan mereka tertuju pada desa di bawah kaki mereka, yang satu masih mencari kepastian bahwa itu tidak akan hilang di detik berikutnya, menyelinap melalui jari-jarinya jika dia berani berkedip, dan yang lainnya karena kebiasaan sederhana, atau lebih. mungkin, menghormati perasaan orang lain.

Naruto : Anak RamalanTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang