Bab 54

205 16 8
                                    

"Jika tidak ada pertanyaan maka kita selesai." Hokage melihat sekeliling ruangan, dan ketika tidak ada yang mengangkat suaranya, dia mengangguk.

"Kalau begitu briefing selesai. Toroku, aku ingin bicara denganmu." Para hadirin meninggalkan ruangan setelah membungkuk atau mengangguk singkat, atau dalam kasus Danzo tanpa gerakan atau kata apa pun.

Minato berbalik ke arah pemanggil ular sekali lagi dengan ekspresi yang tidak terbaca, mengamati wajah tanpa emosi dan kilatan aneh di mata pria itu. Pertanyaan yang tak terhitung jumlahnya muncul di dalam dadanya dari tatapan itu. Tingkah sannin akhir-akhir ini aneh karena Sarutobi mencalonkannya sebagai penggantinya dan bukan muridnya. Dia menjadi paranoid dan lebih kecanduan penelitiannya; kadang-kadang dia akan membarikade dirinya selama berhari-hari di bagian perpustakaan yang tertutup, dan kadang-kadang menghilang begitu saja dari desa selama berhari-hari atau bahkan berminggu-minggu.

Sang sannin akhirnya mengalihkan pandangannya dari 'saudara' Minato, dan meninggalkan ruangan bersama semua orang setelah mengangguk kecil ke arah Hokage. Hanya Toroku yang tetap tinggal, mata birunya yang menyipit mengikuti bagian belakang ular sampai dia menghilang di balik pintu masuk.

"Toroku." Si pirang berbalik untuk menatap mata ayahnya.

"Ya?"

"Apakah kamu berkonfrontasi dengan Orochimaru?" Naruto mengangkat alis bertanya.

"Tidak. Aku bahkan tidak berbicara dengannya. Kenapa?" Naruto merasa seperti tetesan keringat mengalir di punggungnya oleh kebohongan yang jelas. Yah, sebenarnya itu hanya setengah kebohongan. Dia benar-benar bahkan belum berbicara dengan bajingan ular di garis waktu ini. Minato hanya mengangguk, menutup pembicaraan dengan mengambil kertas dari salah satu nampan di depannya.

"Aku benci ketika kamu melakukan ini."

Minato mengangkat alisnya, tapi tidak mengalihkan pandangan dari dokumennya. "Melakukan apa?"

"Sekali saja maukah Anda memberi saya jawaban langsung? Hanya sekali seumur hidup dan saya akan puas."

Minato menghela nafas dan menggelengkan kepalanya. "Maaf, aku tidak bisa membicarakannya."

Naruto perlahan menggelengkan kepalanya dan melipat tangannya di depan dada. Matanya mengembara ke tangan ayahnya, jari-jarinya di sekitar sikat halus, untuk mengalihkan perhatiannya. Taktik itu berhasil. Kerutan muncul di wajahnya di detik berikutnya.

"Apakah kamu melamar Kushina seperti yang kamu katakan?" Senyum puas menggantikan kerutan saat Hokage mengernyit mendengar pertanyaan itu.

"Begitu. Jadi Yondaime Hokage yang menakutkan, kilatan kuning Konoha, yang memiliki perintah 'lari di depan mata' di bawah namanya di buku bingo, kabur karena seorang gadis." Minato meringis di atas kertas sekali lagi dan menghela nafas.

"Tidak, aku-aku hanya menunggu kesempatan yang sempurna." Naruto mengamati pria di depannya selama beberapa detik tanpa suara.

"Aku pikir kamu hanya takut." Minato akhirnya mengangkat kepalanya untuk menatap mata kakaknya, yang hampir mundur selangkah ketika dia melihat binar aneh di mata itu.

"Ya, aku takut, tapi bukan karena alasan yang kau pikirkan. Jika aku menghubungkannya denganku, aku akan membahayakan nyawanya. Musuhku akan mengincarnya, karena mereka telah mengincarmu." Minato membenamkan wajahnya ke telapak tangannya.

"Aku ingin. Aku sangat ingin. Tapi hanya dengan memakai namaku, Kushina akan berada dalam bahaya. Bagaimana jika aku mati dan aku meninggalkannya dengan nama keluargaku? Bagaimana jika-kalau kita punya anak? Bagaimana jika musuhku mengejarnya? nyawa bayiku untuk membalas dendam padaku? Pertanyaan-pertanyaan ini membuatku tidak bisa beristirahat. Pertanyaan-pertanyaan itu muncul lagi dan lagi." Naruto hampir bisa melihat kekhawatiran terpancar dari pori-porinya. 'Jadi begitu. Itu sebabnya saya mendapatkan nama keluarga ibu saya. Untuk melindungi saya. Lama setelah kematiannya, dia masih menjaga hidupku, dia masih memberiku perlindungan.' Dia melangkah di samping ayahnya, dan tangannya bergerak ke bahunya hampir tanpa sadar untuk memberikan kepastian.

Naruto : Anak RamalanTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang