Saat Dante ke rumah sakit setelah pulang sekolah di keesokan harinya, Pram sudah ada di ruang rawat, dengan kondisi yang masih sama seperti sebelumnya.
Dante menyentuhkan punggung tangan kedua orang tuanya ke dahi; bersalaman singkat. Sedikit merasa canggung berhadapan dengan mereka setelah kejadian malam tadi.
"Dek, Pram gak akan operasi lagi. Dokter juga setuju sama keputusan Papa. Tapi Papa gak mungkin ngebiarin Pram gitu aja. Papa ambil opsi lain. Dokter Ari bilang, dia bakal coba pemberian antibiotik lagi secara terus menerus, berharap absesnya bisa mengecil pake antibiotik yang ini. Tapi Pram gak akan kesakitan kok, Dek, Papa udah minta sama Dokter Ari supaya Pram dikasih anti nyeri," tutur Erik dengan nada suaranya yang seakan dipaksakan untuk baik-baik saja.
Dante hanya menyahut dengan anggukan kecil lalu dia berbalik melihat Pram yang ada di ranjangnya. Dante melangkah ke arah ranjang itu.
Mata Pram terbuka, menatap ke atas; seperti sebelumnya.
Dante mencondongkan badan.
"Makasih handwrap yang lo kasih, gue suka. HP lo ada di gue, Pang, nanti gue liatin video yang lo bikin itu ke Papa, Mama, sama Bang Jhona. Dan, nanti gue juga coba ngomong lagi ke Papa," Dante berbisik dengan sangat pelan di dekat telinga Pram. Setelah selesai, dia menegakkan tubuhnya kembali.
Benar kata abangnya, Pram akan sangat tersiksa dengan kondisi seperti ini, sekalipun dia bisa sembuh dari segala sakitnya yang sekarang.
-
-"Gue... gue gak tahu mungkin nanti gue bakal lupain semuanya, atau mungkin juga gue bakal mati. Gue gak masalah sama apa pun yang udah jadi takdir gue di masa depan.Tapi, kayaknya gue bakal nyesel kalo gak sempet ngucapin terimakasih sama orang-orang ini. Jadi, gue berpikir gue harus bikin video ini buat berterimakasih sama mereka, jaga-jaga kalo gue gak sempet bilang langsung. Mungkin nanti gue juga bakalan lupa sama HP gue ini, gue gak tahu ini HP bakalan ilang atau bakalan ada yang ambil atau nggak.
Gue tiba-tiba kepikiran sama kebaikan mereka, gue bakal nyesel banget kalo sampe gak berterimakasih sama mereka. Pertama, gue berterimakasih sama kebaikan Mama Alya, Mama Alya, mamanya Dante sama Jhona. Gue berasa gak berhak manggil Mama, tapi di sini gue mau manggil Mama. Mama Alya, di antara semua perempuan yang gue kenal, kayaknya Mama Alya adalah perempuan yang palik baik. Gue harap gue gak lupa sama hadiah yang mau gue kasih ke Mama Alya. Gue harap gue udah kasih cincin itu ke Mama Alya dan gue harap Mama Alya suka. Tolong buat siapa pun yang megang HP gue, kasih tahu ke mamanya Dante sama Jhona: terimakasih udah jadi perempuan yang paling baik di hidup gue. Papa gak salah milih Mama Alya. Kalo ditanya gue sayang apa nggak sama dia, asal lo tahu, Mama Alya adalah perempuan pertama yang gue sayang.
Yang kedua, gue mau berterima kasih ke Papa Erik. Tolong juga sampein terimakasih gue ke Papa Erik yang selalu sabar hadepin gue yang keras kepala, yang katanya keras kepala gue mirip sama nyokap. Gue juga sayang sama Papa Erik, Papa yang udah kasih banyak hal buat gue.
Yang ketiga, gue mau berterimakasih sama Jhona. Meskipun kita lebih kayak musuh daripada saudara. Tapi ternyata, dia gak seburuk yang gue pikir. Sampein juga ke Jhona, makasih udah peduli sama gue. Dan, kalo ternyata HP gue ada di elo, gue mau ngomong... lo harus lebih sering ajak adek lo maen, adek lo kesepian.
Yang terakhir, gue mau berterimakasih sama Dante. Gue gak tahu pada akhirnya dia bakal nepatin janjinya apa nggak. Kalo HP ini udah gak di tangan gue, berarti gue udah ada di keadaan... mungkin gak terlalu baik, atau bisa juga baik tapi gue mungkin jadi lupa sama semuanya, lupa juga nyimpen HP gue di mana. Kalo gue lupa sama semuanya dan sama segala jenis antisipasi yang udah gue bikin biar gue tetep inget, kalo semua itu ikut gue lupain juga, berarti janji itu sepenuhnya ada di tangan lo, Dante.
KAMU SEDANG MEMBACA
PUNK (Selesai)
General Fiction**Jangan plagiat nyerempet copy paste** Pernah dengar tentang cerita seorang anak haram, anak hasil selingkuhan, atau anak yang tak diinginkan, yang dibenci, dicaci, diperlakukan seenaknya. Tapi dia hanya menerima saja, tetap bersikap baik walaupun...