Dalam legenda banyak dunia manusia, darah iblis adalah darah paling kotor di dunia!
Mungkin karena darah iblis mengandung kekuatan gelap dan kekuatan sihir yang kuat.
Ditambah dengan sifat gen iblis yang mendominasi, sering kali menyebabkan mutasi yang tidak diketahui pada makhluk yang bersentuhan dengan darah iblis.
Berbagai jenis darah iblis menciptakan mutasi yang berbeda pula.
Berdasarkan apa yang Roy ketahui, sebagian darah, seperti darahnya, dapat mengubah orang lain menjadi lich, dan sebagian lagi dapat mengubah orang lain menjadi vampir, seperti Dracula.
Demikian pula, sejumlah darah dapat mengubah makhluk menjadi binatang iblis dan monster.
Bahkan ada situasi seperti Ashan, di mana manusia bergabung dengan darah iblis dan secara bertahap menjadi berotot dan jelek.
Dan karena pengaruh darah iblis di tubuh mereka, ras yang bermutasi ini sering kali mudah tersinggung, kejam, dan haus darah, dan kemudian mereka menjadi 'orc' di mulut manusia…
Terlepas dari situasinya, itu menunjukkan betapa mengerikannya darah iblis…
Faktanya, Roy tidak berhenti meneliti darahnya sejak dia menemukan bahwa darahnya telah mengubah Cassandra menjadi lich.
Roy belum pernah bertemu dengan iblis beku lainnya sejauh ini, jadi dia tidak tahu apakah darah mereka akan seperti miliknya, yang dapat mengubah makhluk menjadi undead seperti lich, tapi setidaknya darah Roy seperti ini.
Cassandra adalah contohnya.
Jiwanya jatuh ke Abyss karena kebencian yang kuat dan diperoleh Roy.
Roy kemudian memberikan darahnya ke mayat Cassandra dan mengubahnya menjadi lich.
Namun setelah eksperimen Roy selama 3 tahun di Darksiders World, dia menemukan bahwa transformasi menjadi lich oleh darahnya tidak 100%!
Dia menemukan bahwa untuk mengubah mayat langsung menjadi lich melalui darahnya, pertama-tama dia harus memenuhi sebuah syarat.
Mayat tersebut harus memiliki kekuatan sihir ketika masih hidup, atau setidaknya memiliki potensi kekuatan sihir.
Dengan kata lain, orang yang bertransformasi setidaknya harus memiliki potensi untuk menjadi seorang penyihir.
Lalu darah Roy bisa mengubah mereka menjadi lich.
Selain itu, tubuh tanpa potensi apapun akan terkorosi oleh kekuatan gelap yang terkandung dalam darah iblis Roy dan akhirnya berubah menjadi tumpukan tulang.
Kenapa ini terjadi?
Roy menduga ini mungkin karena darahnya dipilih berdasarkan fisik karena lich dilahirkan untuk mengetahui cara mengendalikan undead tingkat rendah, yang mengharuskan tubuh mereka mengandung kekuatan sihir.
Terlebih lagi, syarat kedua untuk mengubah lich melalui darah iblis adalah targetnya haruslah mayat dan bukan orang yang hidup!
Kematian adalah langkah pertama untuk menjadi undead…
Oleh karena itu, hal ini memunculkan sebuah fenomena.
Ketika Roy menggunakan mayat yang jiwanya telah hilang untuk mengubahnya menjadi lich, lich tersebut tidak memiliki filakteri.
Bukan saja mereka tidak memiliki kesadaran apa pun, tetapi begitu mereka dihancurkan, mereka tidak dapat bangkit lagi, menjadikannya barang sekali pakai.
Saat Roy datang ke Ashan untuk mengumpulkan buku sihir kali ini, dia sebenarnya mencoba melihat apakah sesuatu seperti Raise Dead dari necromancy dapat menghilangkan kelemahan ini dan membiarkan barang habis pakai ini berdiri kembali.