Bab 1

65 3 0
                                    

Pada tahun ke-61 pemerintahan Kangxi, kaisar sakit parah. Di depan dipan suci, suara tangisan bergema.

Di kejauhan, gumpalan awan gelap menyebar di atas daratan. Awan-awan itu menutupi langit di atas Taman Musim Semi yang Tak Terkekang.

"Putra keempat Pangeran Yong, Yinzhen, Kami tunduk dengan sedalam-dalamnya... kepada penerus takhta." Sudah bertahun-tahun berlalu sejak masa keemasan Kangxi. Kerutan dalam terlihat di wajahnya saat ia membacakan baris terakhir dekrit anumerta itu.

Kecuali Pangeran Daerah Zhi Yinzhi yang tengah dipenjara, Pangeran Li Yinreng yang telah meninggal dunia lebih awal, dan sang jenderal agung, Pangeran Yinzhen yang tengah bertempur jauh di wilayah barat laut, para pangeran dan selir lainnya semuanya terbaring di samping dipan penuh duka, dengan air mata mengalir di pipi mereka.

Selir De, Nyonya Wuya, memimpin semua selir kekaisaran untuk berlutut. Matanya penuh air mata. Dia tidak dapat menopang tubuhnya dan akhirnya pingsan.

Setelah beberapa saat, terdengar suara langkah kaki yang berat. Selir Yi yang sakit parah, Nyonya Guo Luoluo, ditopang oleh seorang dayang istana. Ia terbatuk pelan sambil menyeka air matanya. Ia berlutut di depan Selir De.

Seseorang diam-diam tersentak. Pangeran Heng, Yinqi, dan Pangeran Kesembilan, Yintang, menoleh. Mereka semua terkejut.

Jejak kecantikan Selir Yi saat muda masih terlihat; namun, karena penyakit dan kesedihannya, ia tampak seperti selir biasa dan tua. Pesonanya yang dulu kini telah hilang, dan yang tersisa hanyalah kesedihan yang mendalam.

Dia tidak menghiraukan teriakan-teriakan di sekelilingnya dan hanya menatap ke arah kaisar yang sedang duduk di dipan—orang yang dia andalkan sepanjang hidupnya.

Hatinya kosong.

Dia tidak meliriknya sedikit pun. Dia terkesiap dan membisikkan beberapa patah kata kepada kaisar baru, orang yang akan menggantikannya.

"Jika... Selir Yi bersikap mendominasi dan tidak sopan, maka tidak perlu mempertimbangkan perasaan Kami."

Pangeran Yong melirik selir Yi, yang berlutut di depan Selir De. Tatapannya berat. Ia mengangguk setuju.

Nyonya Guo Luoluo, yang disukai di masa kecilnya, sombong dan kurang ajar. Dia mengalahkan ibunya dan istana dipenuhi mata-matanya. Bahkan setelah menderita kerugian, orang kaya masih lebih baik daripada orang biasa.

Kata-kata ini terdengar benar.

Jiwa Selir Yi terbelah, separuhnya tetap berada di dalam tubuhnya sementara separuhnya lagi keluar dari tubuhnya ketika dia mendengar dengan jelas bisikan kata-kata kaisar.

Kesedihan, kemarahan, dan keputusasaan menyempitkan hatinya. Detik berikutnya, waktu dan ruang berubah, dan dia melihat akhir hidupnya.

"Sesuai dengan perintah Ibu Suri, Kaisar telah mengeluarkan dekrit—Permaisuri Hui akan diberi gelar Ibu Suri Hui . Permaisuri Rong akan diberi gelar Ibu Suri Rong. Permaisuri He akan diberi gelar Ibu Suri He..."

Selir Yi ditinggal sendirian.

Putranya, pangeran kelima, ditugaskan pada pekerjaan yang tidak menjanjikan. Little Nine dipenjara dan meninggal. Sebelum meninggal, ia dikenal sebagai 'Sai Sihei' .

"Pangeran Heng, tidak perlu khawatir tentang urusan umum Dewan Ritus. Kaisar memerintahkan Pangeran Heng untuk menekan Yuntang yang bersalah dan semua orang di istananya, dan menghapus nama klan mereka. Hukuman mereka dapat diputuskan bersama dengan Yunsi yang bersalah, bukan begitu?"

Setelah mengantar para kasim yang dikirim istana, Pangeran Heng, Yinqi, berlutut di depannya sambil menangis.

"Ibu, anakmu tidak berguna!"

Permaisuri Favorit Melakukan Pemogokan Setiap HariTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang