Bab 68

9 1 0
                                    

Tuyue menghadapi pilihan tersulit dalam hidupnya – setia kepada kaisar atau melindungi adik perempuannya.

Dia merasa sedikit kesal karena berada dalam dilema ini. Bagaimana dia harus menjawab pertanyaan ini?

Jika dia berkata: Yang Mulia salah paham. Kitab suci Buddha ini tidak ditulis oleh adik perempuan saya. Semua cerita tentang begadang dan bekerja keras adalah kebohongan. Paling-paling, dia meminta seorang pelayan istana untuk meniru tulisan tangannya dan itu adalah sikap yang asal-asalan.

Jika dia mengatakannya dengan lantang... Bagaimana jika kaisar marah dan tidak lagi menyayangi adik perempuannya. Bukankah ayahnya akan membunuhnya?

Setelah dia mempertimbangkan akibat menipu kaisar dan mengatakan kebenaran, Tuyue mundur.

Ia ragu-ragu lagi, dan akhirnya berbicara dengan susah payah, "Yang Mulia, ketika Selir berada di rumah, orang tua bawahan ini enggan melelahkan putri mereka. Baginya mempersiapkan kehidupan yang penuh berkah adalah yang pertama."

Saat berbicara, dia menangis dalam hatinya. Bukankah menipu kaisar adalah kejahatan serius?

Dia tidak pernah berbohong sebanyak ini sejak dia masih kecil, tetapi sekarang dia berbohong kepada kaisar. Tuyue, yang merupakan pilar negara, yang memiliki 'kesetiaan kepada kaisar dan negara' terukir di tulang-tulangnya, diam-diam menundukkan kepalanya dan merasakan hati nuraninya terbakar.

Selain itu, Tuyue memiliki perasaan bersalah yang tak terlukiskan.

Perlakuan kaisar terhadap adik perempuannya sangat sempurna. Ada kesan sombong yang kuat dalam kata-katanya, tetapi adik perempuannya terlalu acuh tak acuh terhadap kaisar.

Dia takut kalau adiknya mengungkap kebenaran, bukankah semuanya akan hancur?

Namun, tidak mungkin dia akan mengungkapkannya. Sebagai kakak laki-lakinya, dia harus melindunginya.

Dia masih memikirkan hal ini. Kepalanya terkulai. Kangxi mengangguk puas, tertawa, menepuk bahunya, dan mendesah. "Cukup urusan politik. Mari kita bicarakan masalah keluarga. Sejujurnya, di seluruh istana, Selir Yi adalah orang yang paling menyenangkan Kami. Dia juga menyebutkanmu kepadaku, mengatakan bahwa kalian berdua memiliki hubungan yang dalam sebagai saudara kandung, dan itu bahkan lebih kuat dari sebelumnya setelah tidak bertemu selama bertahun-tahun! Memang benar bahwa kamu dapat mengenali tulisan tangannya sekilas."

Tuyue merasa bahunya terbakar setelah ditepuk oleh kaisar.

Dia memaksakan diri untuk tidak berlutut, dan hanya tersenyum datar. Dia tidak tahu harus berkata apa. "Yang Mulia terlalu baik. Yang Mulia terlalu baik..."

Nada suaranya sedih, tetapi Kangxi merasa lebih lega.

Menteri yang loyal seperti itu tidak akan berbicara omong kosong atau menyanjung orang lain, tetapi berbicara dari hatinya. Jika semua pejabat seperti Tuyue, maka pengadilan akan lebih bersih dan jujur ​​dari sebelumnya.

Kaisar sangat gembira sehingga ia menghadiahi Tuyue dengan jaket kuning kekaisaran Tuyue memakainya dan meninggalkan istana dalam keadaan linglung.

Nyonya Gua'erjia juga meninggalkan istana dalam keadaan linglung. Fulu memegang tangannya dan melihat sekeliling. Setelah kegembiraan itu berlalu, kepalanya yang kecil tenggelam dalam pikiran yang mendalam.

Apa yang terjadi pada orang tuanya?

Malam itu, cahaya lilin redup. Tuan Guoluoluo, yang telah pindah ke rumah baru, duduk di meja selama setengah jam. Saat ia mulai melukis dengan kuas, ekspresinya tampak sangat serius.

Nyonya Gua'erjia memasuki ruang dalam dengan tenang, memutar sumbu lilin agar cahaya lilin lebih terang, lalu menahan napas. Ia bertanya, "Guru, apa yang terjadi?"

Permaisuri Favorit Melakukan Pemogokan Setiap HariTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang