Bab 30

11 1 0
                                    

Yun Xiu berbicara perlahan. Nada suaranya sangat lembut, tetapi makna di dalamnya seperti sambaran petir, dan setiap kata menusuk hati sang putra mahkota.

Mendengar ini, sang putra mahkota menghentikan langkahnya. Matanya perlahan melebar, memperlihatkan ketidakpercayaan dan keterkejutan yang layak bagi seorang anak berusia sepuluh tahun, yang sangat jelas.

Selir Yi, tidak, Ibu Selir Yi bersedia memberinya nasihat, dan dia tidak malu mengucapkan kata-kata yang menyentuh hati seperti itu!

Putra mahkota menyembunyikan keterkejutan dan rasa terima kasihnya di dalam hatinya. Dia dengan hati-hati menuliskan kata-kata Yun Xiu, dan kemudian, secercah kegembiraan muncul di wajahnya yang belum dewasa namun tampan. Dia kemudian berpikir keras.

*******

Pertama, sempurnakanlah "cinta persaudaraan" dan pamerkanlah kepada ayah kekaisaran sehingga tidak dapat dikritik.

Penderitaan jangka pendek tidak ada apa-apanya. Di masa depan, jika dia mengganggunya, Yinti akan lebih mengganggunya lagi. Singkatnya, dia tidak akan menderita.

Kedua, dia tidak akan dengan arogan memanfaatkan statusnya sebagai putra mahkota. Dia akan sepenuhnya melaksanakan rencana "saudara yang saling menghormati dan bersahabat", dengan rendah hati mengalah pada Yinti, dan berulang kali mundur.

Seiring berjalannya waktu, hanya ada dua kemungkinan: Yinti terlalu percaya diri dengan kemampuannya dan memperoleh ambisi yang tak terbendung, atau dia jengkel dengan sikapnya, kehilangan ketenangannya, dan memimpin serangan.

Dengan cara seperti ini, dia akan mempunyai muka yang sempurna, sehingga tak seorang pun dapat menemukan kesalahan padanya, dan semua tuduhan serta kritikan akan ditujukan kepada Yinti!

Yang lebih penting, orang pintar tidak bisa hanya bersikap berani. Mereka harus menemukan waktu yang tepat, menunjukkan perasaan mereka yang sebenarnya, dan menyampaikan keluhan mereka kepada ayah kekaisaran.

Memikirkan hal ini, wajah serius dan penuh perenungan sang putra mahkota sedikit memerah.

Ketika dia berusia tiga tahun, dia terkena cacar. Setelah sembuh, dia tiba-tiba menjadi lebih peka, dan secara tidak sadar meniru gaya agung ayah kekaisaran. Dia tidak pernah menangis dengan malu lagi...

Baiklah, sepertinya tidak apa-apa mendengarkan nasihat Ibu Selir Yi?

Dibandingkan dengan menang atau kalah, wajah tidak begitu penting.

Lagipula, merasa malu di hadapan ayah kekaisaran bukanlah hal yang memalukan!

Setelah memikirkannya dengan saksama, awan-awan pun menghilang dan kabut pun terangkat. Putra mahkota menarik napas dalam-dalam. Matanya tidak lagi suram seperti sebelumnya, tetapi menjadi cerah dan berkilauan.

Dia menggerakkan bibirnya, ingin mengatakan sesuatu sebagai rasa terima kasih, tetapi akhirnya menelannya kembali.

Dia masih muda, jadi dia belum bisa membalas kebaikan Selir Yi untuk saat ini. Di masa depan, dia hanya perlu melakukan yang terbaik dalam diam.

Ia menyingkirkan kemarahan dan kebingungannya sebelumnya. Putra mahkota kembali bersikap seperti putra mahkota, dan berkata perlahan dan serius, "Aku pasti akan menyimpan ajaran Ibu Selir Yi di hatiku."

Kemudian dia menangkupkan kedua tangannya ke dadanya dengan cepat dan menatap mata Yun Xiu yang lembut dan penuh senyum. Sedikit rasa malu muncul di pipinya. "Kami bersalah. Kami dengan gegabah mengganggu istirahat Selir. Kami akan pergi sekarang."

Putra mahkota menoleh setengah jalan sambil memikirkan sesuatu. Ia berhenti sejenak, lalu menambahkan dengan suara pelan, "Jangan khawatir, Ibu Selir Yi, aku akan menjaga adik kelima dengan baik dan tidak akan pernah membiarkannya diganggu. Dan untuk adik kesembilan..."

Permaisuri Favorit Melakukan Pemogokan Setiap HariTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang