Aing mau cerita soal jurusan aing yg bergengsi.
Teknik Arsitektur, wih keren ya?
Dari SMA aing ga pernah punya cita-cita, waktu libur un aja dipaksa-paksa orang tua milih mau kemana, tadinya aing mau dimasukin ke hukum lah, manajemen lah, teknik kelautan lah, ah loba pokokna mah, ngan kolot aing ga ngizinin kuliah diluar bandung, karena ulah ngekost, kudu tetep diimah.
Terus papah aing nyeletuk,
P: "nan, kenapa ga masuk arsi aja? Keren nanti jadi arsitek"
A: "boleh gitu pah?"
P: "ya boleh lah, kan papah juga arsitek"
P: "kalau kamu mau mah masuk aja, papah dukung"
A: "tapi aku gabisa gambar pah?"
P: "yakin papah mah, ayeuna mah geus canggih pasti make laptop ai ngagambar mah"
Berbekal merasa bahwa teknik arsitektur adalah jurusan yg keren, dan kerjanya cuma 'gambar-gambar doang' aing ngedaftar lah keperguruan tinggi.
Test ini-itu, sama sekali ga pake otak, cuman modal ngasal dan prinsip aing mah kalau ga lolos ya nunggu aja taun depan, dan ternyata si bodoh ini lolos ke jahanam itu.
Aing sama sekali gatau teknik itu apa, aing kira ya teknik sama kaya jurusan yg lain. Teknik itu hampir semua eksak(ngitung) bagi maraneh yg punya masalah di-itungan sebaiknya menjauh dari teknik, kecuali kalian punya nyali.
Kuliah semester pertama, masih bisa ngikutin, gatau dosennya nu bageur apa kumaha asistensi(ACC tugas) aing selalu lolos tanpa penolakan, padahal naon anying matkul gambar arsitektur misal, tara make cinta nyieun na ge, asal jieun, kasih ke dosen kata dosen bagus-bagus aja, padahal temen-temen aing yg lain ngantri sampe sore cuman buat asistensi, aing merasa gifted waktu itu. Jadi urutan anak arsi nugas itu, asistensi-BARU kerjain tugasnya-kumpulin.
Semester kedua, banjir tugas, dosen selalu menunda asistensi, kali ini dosennya pada jahat, nyieun konsep asistensi alus-alus ditolak,
"Coba agak bikin variasi sedikit, saya sudah liat konsep macem kamu gini udah ada 5 org yg mirip"
Nah si jahat ngomong kitu teh H-1 pengumpulan, jadi pas sore aing harus ketemu dia membawa konsep baru buat asistensi lagi trs malemnya engga sleeping handsome, kalau beruntung dapet sejam buat tidur. Itu hal yg biasa, nangis-nangis merenungi hidup dimalam hari sudah biasa.
Untuk semester-semester selanjutnya ya makin parah, ada yg harus diulang:) iya diulang:) tidak usah dibahas lebih jauh, itu aib.
Untuk kalian yg merasa passion kalian disini mungkin ga akan merasa terbebani, karena itu, pekerjaan yg menyenangkan adalah hobi yg dibayar. Nah kalau aing passionnya dimana? Baru skrg-skrg sadar, aing suka sastra, suka nulis, memperhatikan sesuatu, dan kalau bisa ngulang waktu, maunya masuk jurnalistik:)
Makannya omat buat anak-anak kelas 12, JANGAN pernah milih jurusan kuliah hanya karena jurusan itu terlihat keren. Pikirkan matang-matang apa yg kalian pilih, lakukan research atas jurusan yg kalian minati, jangan ikut-ikutan temen, jangan karena disuruh ortu, soalnya hidup mah kedepan kita lagi yg jalanin bukan temen, ortu apalagi pacar.
Cuman sangu sudah menjadi biye, udah ditengah jalan teu waras kalau misalnya aing jol pindah, ditambah si mamah udah telanjur pamer sama temen-temen arisan, kalau anak keduanya calon arsitek dan anak bungsunya calon teknisi nu janji na mah bakal menggebrak perusahaan Microsoft dan menyingkirkan Bill Gates, biarkan si tai cakcak itu berimajinasi.
Intinya aing stress sebenernya kuliah arsi, karena ini bukan passion aing, ga hanya karena kalian jago ngagambar naruto kalian jadi punya nyali masuk sini, aing dulu pas SMA cuman bisa ngagambar anime, trs berani masuk, meskipun kata org
'Gapapa kok gabisa gambar juga'
Persetan anying, ujung-ujungnya kalian bakal megang pensil. Selamatkan diri kalian gais, jangan terdampar seperti aq, yg entah bisa lulus tepat waktu apa engga. Udah sering saya liat temen-temen seperjuangan gugur tiap semester, kalian mah ulah.
TAPI sekiranya ini passion kalian banget, gabisa diganggu gugat lagi, just do it;) cara pandang org kan subjektif, yg ceuk urg berad bisa aja kata kalian mudah.
Makannya jangan heran aing lelet dalam berkarya, ada juga beberapa yg bilang
'Cara nulis maneh jadi beda nan'
'Maneh jadi receh bgt nan'
Dan lain-lain, faktor tekanan hirup sugan eta teh:( hampurain ajah.
Aya nu deuk curhat dikolom komentar soal pengalamannya salah jurusan boleh:) bisa buat hidayah buat anak-anak kelas 12 yg bentar lagi masuk kuliah.
---tambahan---
Post ini bukan semata-mata membuat jurusan arsi tidak laku, pada dasarnya kasus mahasiswa tukang ngeluh seperti saya pasti ada aja, bukan hanya jurusan saya tapi semua jurusan pasti ada, kita yg terlanjur 'tersesat' sebaiknya segera hudang agar cepet lulus🎓 dan bagi dedek-dedek yg galau coba ikut seminar seminar bidik jurusan, kalau ga mau keluar duit mah cari tau sendiri, mau kuliah apapun itu pasti ada plus minusnya, good luck😯
KAMU SEDANG MEMBACA
Adnan Arsifal (Bahasa Sunda Version)
Подростковая литература[VERSI BAHASA SUNDA ORIGINAL] Arsip cerita (Fiksi) Adnan Arsifal dan teman-temannya, ditulis dari Mei 2015 (penulis masih umur belasan tahun), tulisannya berantakan banget tapi biar jadi kenangan aja. Kalau mau baca tulisan yang lebih rapih dan mud...