Nadif

1.2K 64 10
                                    

Oleh: gugum


Si Nadif dateng sambil bawa ransel, aing lagi gunting kuku dibalkon kamar.

Nadif: "skripsi aing geus 80% gum, liat ya anjing! Lulus aing taun ini." Sambil ngambil laptop ditas.

Gugum: "enya sok sok gausah bacot, aing tunggu hasilnya."

Si Nadif ga jawab, cuma nyalain laptop terus ngerjain lagi. Aing ngeliatnya aneh, biasanya dia kedul edan, kadieu ngan minjem akun netflix aing bari meakeun isi kulkas.

Gugum: "sia kenapa? Aya masalah?"

Nadif: "hah? Katingalina kunaon emang?"

Gugum: "tumben ambis.."

Nadif: "indung aing kamari ulang taun, terus kakak jeung adi aing datang, kakak aing bawa kue harvest jeung kado isina robot nu bisa sasapu tea, adik aing beliin makanan buat sekeluarga, anjing seubeuh aing kamari 4 sehat 5 sempurna, terus tiup lilin tah si mamah.."

Gugum: "terus?"

Nadif: "ngadoa kieu, 'semoga anak kedua mamah geura lulus kuliah', aing ngan cicing kan didinya."

Nadif: "geus eta makan-makan, selesai makan si papah ngomong lah.."

"Nadif, mamah sama papah kayanya udah gabisa bayarin kuliah kamu, sok ayeuna mah gimana kamu, mau keluar kuliah mangga, mau dilanjut juga Alhamdulillah mamah jeung papah seneng."

Nadif: "terus duit kuliah nadip gimana pah?"

"Kan kakak kamu lagi S2 jadi gabisa bantu, nah adik kamu mau bantu ceunah."

Terus nadif langsung ngelirik ke adiknya, perempuan sebut aja Atika.

Atika: "gua kasih waktu lu setaun, setelah itu gua gamau biayain lagi."

Atika: "kalo bukan karna mama papa gamau ya gua bayarin lu."

Atika ini pramugari, sejak lulus D3 langsung kerja. Disitu harga dirinya Nadif langsung ngerasa jatoh sejatohnya, dibiayain sama perempuan, bahkan adiknya sendiri.

Kakaknya laki-laki, sebut aja Ahmad. Sambil motong daging nyeletuk,

"Maneh gak malu apa setiap taun ga ngasih apa apa ke mama? Minimal ijazah kek."

Kembali ke masa sekarang,

Nadif: "sakit cuy, sakit pisan.."

Gugum: "makannya.. kata aing juga apa, maneh kalau ga diginiin mana sadar!"

Abis itu kita diem-dieman, dia sibuk ngerjain skripsi, aing nonton film. Ga lama dateng Ahsan, baru balik kerja pengen mampir sekalian makan malem bareng.

Ahsan: "yeuh nasgor.." sambil naro plastik.

Gugum: "lada teu nu aing?" sambil buka plastik.

Si Nadif masih fokus ngerjain. Si Ahsan nyolek aing sambil bisik-bisik.

Ahsan: "maneh udah tau belum?"

Gugum: "tau naon?"

Ahsan: "ah kudet sia mah.." dia buka kunci hp terus buka instagram, ngeliatin foto cewe lagi duduk sambil berdoa pake baju putih, kaya lagi pengajian buat lamaran gitu.

Aing diem dulu sambil merhatiin. Taunya temen SMA aing si Iva mau nikah. Tapi kan.. Iva pacarnya Nadif? Loh udah putus? Kok mendadak? Perasaan kemarin kemarin masih ketemu mereka berdua.

Gugum: "tanyakeun moal san?"

Ahsan: "dahar heula, ajakan dahar.."

Kita makan bareng-bareng, si Nadif masih haha hihi aja sambil makan, aing sama si Ahsan bingung ini anak ga ada sedih-sedihnya sama sekali. Ngeliat dia gitu, aing kira bakal santai kali kalau aing nanyain si Iva.

Adnan Arsifal (Bahasa Sunda Version)Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang