Hilmi

1.3K 66 13
                                    

oleh: gugum

Gugum: "gimana mi? Kita pulang aja? Udah ketebak juga didalem ngapain.."

Si Hilmi mandangin cewe yang berdiri lobby hotel lagi nungguin cowo di resepsionis.

Hilmi: "gum, aing mau mati gum.." sambil megangin lutut trs mukanya natap tanah. Kita lagi diparkiran depan hotel.

Gugum: "heh mi.."

Dia cuma jongkok sambil ngegosok gosok kepala, kaya orang bingung.

Gugum: "liat aing.."

Gugum: "liat aing anjing liat!"

Gugum: "udah selesai, gausah sia ngebelain itu cewe!"

Aing narik dia nyuruh masuk mobil, tangannya dingin, tatapannya kosong, sampe aing kudu masangin dia seat belt soalnya dia bener-bener ga ngedengerin aing ngomong. Aing bawa kerumahnya si Pasha, sebelumnya aing chat dulu biar dateng si Pasha langsung ngerti kejadiannya. Pas nyampe si pasha langsung bageur, sagala ditawaran, mau minum apa lah, geus dahar can ke si Hilmi, biasana mah boro-boro.

Si Hilmi sama sekali ga ngejawab, ngelamun aja terus.

Pasha: "aing mah sieun jiwana geus kamana, terus raga na di isi ku maung," sambil bisik-bisik.

Gugum: "diemin aja, sugan butuh waktu sorangan.."

Kita bertiga diem-dieman aja, aing sama Pasha main HP.

Hilmi: "AING MAU SOLAT, AING KUDU SOLAT.."

Kaget tiba tiba hudang sambil teriak, dia bener-bener kaya orang bingung.

Pasha: "hayu hayu kadieu kadieu urang abdas.." sambil nunjukin kamar mandi.

Sama si Pasha dikasih sajadah sama sarung,

Pasha: "maaf ya berdebu, aing kan tara solat.."

Si Hilmi bener-bener ga ngejawab. Padahal biasanya dia tukang ngabodor.

Kita sempet ngitip-ngintip dikit kan, kesempatan langka bisa ngeliat si Hilmi nangis sambil berdoa taunya hening aja, dia cuma duduk selesai solat, mandangin pajangan salib di dinding (ayahnya Pasha kristen).

Selesai solat dia lipet sajadah sama sarung terus balik nyamperin kita.

Hilmi: "aing pengen nangis, tapi air mata aing ga keluar.."

Hilmi: "dada aing sakit, kaya pengen dikeluarin tapi gabisa."

Si Pasha ngeliatin aing,

Gugum: "drama korea, percaya sama aing, keluarin laptop maneh sha!"

Kita bertiga duduk dikarpet sambil buka netflix, si Pasha ngeluarin snack, nawarin ke Hilmi tapi dia cuma geleng-geleng gamau. Satu dua episode, dia ga bereaksi apa apa, akhirnya berhenti nonton.

Gugum: "ada ga yang pengen maneh lakuin? Kita kabulin sok apa aja.."

Pasha: "iya sok maneh butuh apa?"

Hilmi: "aing cuma mau nangis, tapi gabisa.."

Pasha: "aing kalau galau lari sih, mau lari aja apa? Ukuran kaki maneh sama kan kek aing?"

Gugum: "bagus tuh, aing juga belum olahraga hari ini."

Jam 10 malem, kita dipinggir jalan besar bandung pake setelan olahraga, lari-lari di trotoar. Si Hilmi paling depan, aing sama Pasha dibelakang.

Pasha: "kalau lari sama orang patah hati biasanya jiga jelema gelo gum, serius mau kita ikutin terus?"

Gugum: "takut kenapa-napa euy, udah ikutin aja.."

Putaran kedua, si Hilmi tiba-tiba berhenti.

Hilmi: "aing tau maraneh ngikutin aing doang, udah mending gausah ikut lari.."

Pasha: "hah? Engga kok mi, kita kan juga mau olahraga."

Hilmi: "kalau niat olahraga kenapa daritadi maneh ngomong 'hilmi anjing, hilmi anjing, cape bangsat'?"

Hilmi: "udah aing aja yg lari, maneh duduk aja dulu, aing lari seputeran tadi aja, aing ga akan kemana-mana sumpah."

Gugum: "bener ya anjing seputeran sini, maneh start sama finish nya kudu ngelewatin kita lagi pokoknya."

Hilmi: "aing bukan bocah bangsat," sambil lanjut lari.

Aing sama Pasha duduk-duduk sambil minum aqua, sambil ngipas-ngipas awak yg berkeringat. Si Hilmi lewat lari tapi ga ngeliat kita, pandangannya lurus kedepan, lebih ke kosong. Putaran kedua, dia masih lari tegap, masih keliatan kuat.

Pasha: "gum, pubg moal?"

Gugum: "moal ah saeutik deui batre aing."

Pasha: "aing ulin heula nyak," sambil pegang HP.

Putaran ketiga, lututnya si Hilmi luka tapi tetep lari. Sama aing disusul,

Gugum: "kaki maneh kunaon? Gapapa?"

Hilmi: "gapapa, maneh duduk lagi aja."

Aing balik lagi duduk, ngeliatin dia lari meskipun kakinya berdarah, tapi anaknya masih lari tegap, ga pincang sama sekali. Pas dia lewat lagi, aing kasih tau si Pasha,

Gugum: "liat kakinya sha."

Pasha: "sakit segitu udah ketutupan sama sakit hati gum, kita tungguin aja sampe cape, biar tidurnya nyenyak dia."

Putaran selanjutnya, malah lutut sebelahnya yg ikutan luka, aing sama si Pasha nyusulin nyuruh berhenti soalnya takut infeksi juga kan,

Hilmi: "gapapa, aing masih kuat, nanti aja diobatinnya.."

Kita biarin lagi dia lari, aing liatin dia sampe ilang diujung jalan, sampe dia muncul lagi diujung jalan yang lain, darah dari kakinya udah ngucur kebawah, sampe kebentuk garis merah kebawah nyentuh kaos kaki.

Gugum: "udah sha, ini mah harus berhenti.."

Aing sama Pasha bangun, nahan si Hilmi.

Pasha: "udah cukup mi, maneh udah cape, liat itu luka harus diobatin.."

Hilmi: "belum, aing belum cape.."

Gugum: "tapi itu luka bisa infeksi anjing, berhenti aja!"

Hilmi: "abis ini, janji seputaran lagi berhenti."

Kita lepasin lagi dia lari, sampe diujung jalan dia jatoh lagi, kita kejar, kita tuntun ke tempat duduk.

Gugum: "udah mi, kudu diobatin kaki maneh.."

Depan minimarket 24jam, kita duduk sambil ngobatin lukanya, aing ngobatin yang kanan, Pasha yang kiri. Dia cuma ngelamun aja,

Hilmi: "aing ga ngerti."

Hilmi: "aing ga ngerti kenapa aing gabisa nangis.."

Hilmi: "hati aing udah mati gitu?"

Kita beneran gabisa jawab, jadi Cuma diem aja ngedengerin dia ngomong. Selesai lukanya diobatin, kita duduk aja ngeliatin jalan, mobil motor yang lalu lalang, sambil kaki sama-sama dilurusin.

Pasha: "biasanya aing kalau ngasih solusi orang galau tinggal ngajakin mabok aja, tapi tumben aing ngasih solusi lari."

Gugum: "bilang aja soalnya aing udah gabisa diajak mabok."

Pasha: "maneh asik banget gum kalau mabok, tapi.. yaudahlah demi kesehatan maneh oge."

Gugum: "aing suka penasaran sakitnya dicabut nyawa sesakit pas aing sakit waktu itu ga ya?"

Hilmi: "kayanya lebih mending daripada sakit hati.."

Gugum: "sama aja mi."

Pasha nyalain rokok, Hilmi ngelus ngelus kucing yang nyamperin dia, aing tetep ngeliatin jalan yang sepi. Semenjak aing gabisa mabok karna sakit, yang tadinya aing selalu jadiin alkohol sebagai penyelesaian masalah atau nemenin temen-temen aing yang punya masalah, beberapa temen nganggep aing ga asik tapi aing trauma parah sampe gamau minum setetes pun. Hikmahnya, aing ga jadiin alkohol lagi sebagai pelarian tapi aing nikmatin aja masalahnya, aing terima emosinya dan besoknya pasti aing udah ga apa-apa.

Adnan Arsifal (Bahasa Sunda Version)Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang