oleh: utara
aing duduk sambil minum boba, disebelah aing ada kak zolla minum boba juga, matanya bengkak, abis nangis.Zolla: "ya Allah ra, kenapa ya.."Zolla: "padahal kata maneh Adam tuh baik banget kan dirumah?"Zolla: "kok sama aing jahat banget ya.."Kak Adam, kakak aing akhirnya punya pacar, Kak Zolla tapi hubungan mereka ga lama, cuma 6 bulan.Kakak aing ga pernah pacaran sebelumnya, gatau apa alasannya. Kalau ditanya ya males aja, padahal kata aing dia lumayanlah buat ukuran cowo, modis, bersih, wangi. Sempet khawatir dia gay tapi ngamuk mun dikitukeun.Utara: "Ya gimana ya kak, aing sih gatau sikap dia ke cewe selain aing gimana, soal aing ngeliat dia sebagai kakak dan normal aja ga ada masalah."Kak Zolla: "pernah pulang nonton, terus dia diajakin temennya nongkrong, aku dikasih duit buat naik grab dong ra, padahal udah jam 10 malem, jadi berantem aja di jalan."Utara: "parah banget si adam, nanti aku gamparin buat kak zolla."Kak Zolla: "kakak maneh susah banget diatur ra, sumpah."Utara: "gimana ceunah?"Kak Zolla: "dia tuh suka nitip kiriman barang ke kostan aku.."Utara: "si bangsat, pasti beli barang mahal gamau keliatan ayah."Kak Zolla: "nah iya, tapi nanti ngeluh kenapa boros. Sampe kemarin masih ada aja kiriman paket dia ke kostan aku, lah gimana mau move on, dia ngechat mulu nanyain paket, tapi ga nanyain perasaan aku," sambil berlinang air mata.Utara: "tenang, nanti aku cambuk dirumah."Terus aing pulang, si Adam lagi gunting kuku bari denger lagu Hindia sealbum.Utara: "HEH KUYA!"Utara: "bajingan ya maneh!" Sambil digebug pake tas.Adam: "APA AI MANEH!"Utara: "kalau ga siap pacaran, gausah pacaran! Malah nyakitin anak orang, mikir sia teh!"Adam: "NAON SIH!?" Bari uratnya kalaluar.Terus ngelamun,Adam: "oh zolla cerita ya sama maneh?"Utara: "IYA, ga nyangka maneh gitu ih sama cewe."Adam: "bentar dulu anjir, aing juga punya pembelaan."Utara: "nitah awewe balik naik grab jam 10 peuting mah eweuh pembelaan, tega we eta mah."Adam: "ih naha sih rujit.."Utara: "lain rujit ai sia! Karunya!"Adam: "dengerin cerita aing dulu!"Utara: "yaudah sok buru caritakeun!"Flashback jauh sebelum mereka pacaran.Mereka kenal dihimpunan, beda divisi. Ketemu seringnya kalau pleno. Awalnya mah murni temenan, Adam suka ngahereuyan Zolla.Mereka temenan se-chill itu, bercanda terus.Sampe ospek jurusan maba, nginep ka gunung, nyieun tenda kitu-kitu.Zolla lagi sakit tapi ikut, Adam oge lagi ga enak badan tapi dia ada jobdesk.Pas lagi nuntun maba pos-posan ke gunung, Adam jatoh karna ga konsen, pusing, kakinya kena ranting kayu, berdarah sama keseleo.Disuruh diem di tenda medis, sekalian jaga maba yg sakit.Ada tuh si zolla lagi umbelan, dia dijadiin tim medis biar ga kebanyakan keluar.Jadi kan mereka semaleman bareng, meskipun sama maba jg tapi kebanyakan maba sare.Duduk berdua sambil cerita-cerita,Zolla: "maneh pernah pacaran ga sih?"Adam: "engga pernah seumur idup"Zolla: "lah kenapa?"Adam: "belum ketemu aja yg pas"Adam: "aing kaya kehilangan figur cewe gitu dihidup aing, semenjak ibu meninggal."Zolla: "mungkin maneh nyari yg mirip ibu maneh kali, dan ga ada cewe yg mirip beliau.."Zolla: "kebutuhan maneh gitu kan?"Adam: "iya kali ya.." sambil ngeliat keatas.Zolla: "temen aing yg ibunya meninggal sama kaya maneh, juga gitu.."Zolla: "dia orangnya dingin, kaya maneh."Adam: "emang aing dingin?"Zolla: "iya maneh cuek bgt.."Terus diem-dieman,Zolla: "cuma aing yakin maneh org penyayang kok.." sambil nepuk-nepuk kepala Adam.Si Adam diem, kok dia tau apa yg dipikirannya. Cuma selama ini dia susah ngomong aja.Terus Zolla bangun ngambil selimut, nyelimutin punggung adam yg lagi duduk. Zolla: "gak dingin maneh pake kaos doang?""ANJIS, SHE'S THE ONE, she knows what i need," kata Adam dalam hati.Selesai osjur, Adam mulai suka sama Zolla. Suka nganterin balik lah, suka nganter kesana kesini, tiap minggu ngapel, pokoknya usaha pisan.Soalnya Adam liat Zolla orangnya mandiri, keibuan, bercandanya juga nyambung. Pokoknya mah baru pertama kali dia ngerasa sesuka itu sama cewe.Sampe suatu malem, Adam: "duh lupa isi bensin nih aku, sampe ga ya kerumah kamu? Kalau mati bantu dorong ya.."Zolla: "ai kamu atuh, rumah aku kan masih jauh, pom bensin jg jauh, yaudah aku turun aja naik ojol, kamu pulang aja takut mati nanti motornya."Adam: "serius nih? Marah ga?"Zolla: "engga ih, sok pulang aja gapapa."Itu sebelum pacaran, pas udah pacaran mah..Adam: "zol, aku anter sampe pertigaan kamu naik grab aja gimana? Temen aku dari jogja ngajak nongkrong, pulang besok subuh, mumpung ada waktu ketemu.."Zolla: "loh kok gitu sih? Yaudah aku ikut kamu nongkrong!"Adam: "beb kan kita udah bareng dari siang, nanti papa kamu nelepon aku lagi balik kemaleman kamunya, pulang aja ya?"Zolla: "tapi kamu tega banget nyuruh aku naik grab, tanggung jawab atuh anterin.."Jujur bukannya nanaon ya, si Zolla teh imahna di ujung bandung pisan, terus Adam mau nongkrong ke kota, maksudnya buat mempersingkat waktu aja da baheula mah asa mandiri anak ini tuh.Terus gelut di sisi jalan, bari ujungna mah Adam tetep nganterin pulang.Terus yg masalah paket,Pas mereka masih temenan juga Adam emg suka nitip paket ke Zolla dan itu tuh hal biasa sebenernya. Tapi pas pacaran si Zollanya jadi demanding, ngelarang beli ini itu, padahal eta duit si Adam.Zolla: "beli apa lagi kamu? Pasti buat motor ya!?"Adam: "kamu kenapa sih? Suka sinis gitu kalau aku belanja, kan ga ngaruh ke kamu.."Zolla: "ya tapi itu duit mending ditabungin dam, bukan dihamburin buat hal-hal ga penting kaya gini."Adam kesel dalam hati, dari omongan Zolla keliatan banget kalau dia ga ngehargain hobi Adam. Padahal apa susahnya diem kalau bakal nyakitin?Terus pas mereka putus, ada beberapa barang yg alamatnya dikirim ke Zolla tapi ga sengaja, kepencet soalnya alamatnya ada di history gitu.Pas Adam ngambil, dibanting gitu kedepan rumah sama Zolla.Zolla: "Gausah ya kirim barang kesini lagi!"
Kembali kejadian sekarang, si Utara diem sambil duduk diatas kasur abis dengerin Adam cerita.Adam: "ya maneh bayangin aja, kenapa dia bisa berubah sedrastis itu? Padahal aing butuh cewe yg yaa.. minimal sedewasa aing lah, bukannya malah yg mau diayomi terus, da aing ge udah cape dewasa depan adik adik aing, depan ayah, giliran sama pacar ya aing maunya disayang."Utara: "mau ga percaya sama maneh gimana ya, maneh kakak aing."Adam: "ya bebas sih, aing ga maksa maneh percaya."Utara: "maneh udahin baik-baik deh mending, biar semuanya clear."Utara: "ga mungkin kak zolla semuanya jelek, pasti ada sifat baiknya kan?"Adam: "yaudah.." sambil ngambil hp.Trs ditelepon langsung dong kak zollanya depan aing.
Adam: hallo zolZolla: hallo iya damAdam: zol ada yg mau aku omonginZolla: iya kenapa damAdam: aku minta maaf yaAdam: kalau sifat aku selama ini nyakitin kamuAdam: ya pokoknya mah..Adam: maafZolla: kenapa ngomong gini damAdam: kamu ketemu utara ya?Zolla: iyaAdam: aku.. hmmm..Adam: aku sayang sih sayang sm kamuAdam: cuma setelah dijalanin kamu ternyata bukan cewe yg aku cariAdam: aku orangnya pickyAdam: daripada kedepannya terus nyakitin kamuAdam: buat apa bohong kalau bisa jujur sekarangZolla: maaf juga dam kalau selama ini kamu ga happy pacaran sm akuAdam: ah teu kunanaonAdam: kamu berprestasiAdam: cewe yg pertama yg bisa bikin aku sukaZolla: iya dam (nadanya sedih)Adam: zol, you deserve betterUtara: "sok inggris sia" ngalung kaos kaki.Zolla: kamu juga damTerus teleponnya ditutup. Aing diusir dari kamar Adam. Dia lanjut main game online sambil seuseurian sama temen-temennya. Kadang seneng juga liat dia, orang kalau udah nikmat banget sendirian malah jadi males pacaran. Meskipun aing gatau sih mungkin dalem hati dia ngerasa sepi juga tapi terlalu pemilih.
KAMU SEDANG MEMBACA
Adnan Arsifal (Bahasa Sunda Version)
Teen Fiction[VERSI BAHASA SUNDA ORIGINAL] Arsip cerita (Fiksi) Adnan Arsifal dan teman-temannya, ditulis dari Mei 2015 (penulis masih umur belasan tahun), tulisannya berantakan banget tapi biar jadi kenangan aja. Kalau mau baca tulisan yang lebih rapih dan mud...