oleh: utara
aing masih inget, beberapa hari setelah ibu meninggal, aing pindah sd, bukan apa apa, jarak sd aing dulu itu lumayan jauh dari rumah, karena ibu udah ga ada, aing dipindahin ke sd deket deket rumah.
bi ani, asisten rumah tangga dipekerjakaan sama ayah baru baru ini buat ngejagain aing sama ade.
menurut aing itu taun taun paling sulit buat keluarga kami, ayah sengaja menyibukan diri, kita tau ayah sedih ibu ga ada, dia sengaja kerja keras biar lupa sama rasa sedihnya, meskipun kita tau dia banting tulang buat nyari uang buat kita-kita juga, tapi kita juga perlu perhatiin, harusnya dia rangkul kita (anak-anaknya) yg sama sama sedih atas apa yg terjadi.
sampe pindahan aing diurusnya sama tante karena ayah berbulan-bulan kerja diluar kota.
dihalaman sd aing yg baru sebelum aing sama tante ngurusin dokumen kepindahan, aing bilang gini sama tante.
utara: "tante, jangan bilang ke gurunya kalau ibu udah meninggal, nanti dia malah kasian sama aku"
tante mau, katanya dia ga akan bilang.
entah kenapa, aing ga suka banget kalau ada yg kasian sama aing cuma karena aing anak piatu, aing gamau dibedain cuma karena itu. kalau kalian nanya, kan pasti ketauan lewat dokumen, itu rumit, tante yg urus, aing juga bingung kenapa ga ada yg mempertanyakan dokumen itu, mungkin mereka udah tau tapi gamau ikut campur, tapi wali kelas aing waktu itu terlalu males ngecekin dokumen siswa soalnya kita satu kelas bisa 40 orang lebih.
di sekolah baru, aing anak yg pendiam, ga berani ngapa-ngapain, tapi aing bersyukur temen-temen disana mau nemenin aing duluan, meskipun aing ngomong juga seadanya.
reina, sania, nindy sama via, itu temen deket aing pas sekolah disana.
mereka tau aing, dan sebaliknya, udah ga ada rahasia lagi diantara kami. eh ada, tapi cuma aing yg nyimpen rahasia ini. mereka gatau ibu udah meninggal, semua temen temen disekolah sama guru-gurunya ga ada yg tau kalau ibu udah meninggal, waktu itu aing masih belum bisa nerima kenyataan, masih berhalusinasi kalau ibu cuma pergi sebentar dan bakal pulang lagi. setiap bagi rapot, aing bilang ke gurunya kalau ibu bakal dateng, sampe semuanya orang tua murid pulang, cuma sisa aing, bi ani bakal bilang gini
bi ani: "rapotnya sama bibi aja ya diambilnya, nanti bagi rapot selanjutnya ibu yg ambil"
gatau kenapa bi ani juga mendukung halusinasi aing kalau ibu masih ada, dia ga berusaha mengingatkan kalau ibu sebenernya udah meninggal berbulan-bulan yg lalu.
waktu itu pernah ada study tour keluar kota, hal yg paling bodoh dari study tour itu, orang tua murid boleh ikut, dan udah pasti ibunya temen-temen pada ikut. aing cuma ditemenin bi ani.
disana aing inget betul, kalau ibunya temen-temen aing berulang kali nanya
"ibunya kemana?"
terus mereka mulai bergosip kalau aing anak kurang perhatian orang tua.
disana aing sedih banget, di bus aing gamau turun, aing nangis pelan ke bi ani pas semuanya udah turun.
sambil dipeluk bi ani, disaat aing udah tenang, bi ani ngomong gini.
bi ani: "neng, eneng teh udah besar sekarang"
bi ani: "bibi yakin eneng udah tau kalau ibu udah lama meninggal"
bi ani: "sekarang udah waktunya nerima kenyataan, kalau ibu ga akan pulang, soalnya ibu udah pulang kerumah yg seharusnya"
gatau kenapa omongan bibi aing pikirin terus dan ada benernya, mau sampai kapan aing kayak gini?
bagi rapot semester selanjutnya, bi ani sakit dan terpaksa pulang kampung, aing ambil rapot sendiri, awalnya mau nelepon tante tapi gamau ah, nanti ngerepotin.
seperti biasa, aing nunggu giliran terakhir, nunggu semuanya pulang.
bu guru nyamperin,
bu guru: "ibunya ga datang lagi?"
utara: "iya"
bu guru: "bi ani kemana?"
utara: "sakit"
bu guru: "yaudah ini rapot utara, lain kali ayah aja yg disuruh ambil, bu guru belum pernah ngobrol sama ayah utara"
utara: "iya nanti dibilangin"
bu guru: "yaudah sekarang utara boleh pulang, salam ke ibu sama ayah ya"
terus bu guru bangun tapi aing tarik pelan lengan bajunya buat nahan.
utara: "bu, aku mau ngasih sesuatu"
bu guru: "apa?"
utara: "ini"
terus aing kasih buku yasin bekas tahlilan ibu.
utara: "maaf aku udah bohong sama bu guru"
utara: "itu ibu aku, cuma ada didalem foto"
utara: "gabisa ambil rapot"
bu guru cuma diem sambil liat halaman paling depan buku itu, ada foto ibu, namanya, kapan dia lahir dan wafat.
lama-lama dia nangis.
bu guru: "bu guru udah tau, cuma bu guru nunggu utara ngomong gini sama bu guru"
bu guru: "ibunya utara ga perlu ambil rapot kesini, beliau udah tau anaknya pinter dan baik"
terus aing dipeluk, dia nangis gatau kenapa aing engga, mungkin karna udah terlalu sering dan janji sama diri sendiri kalau ga akan sedih lagi.
beberapa hari setelah itu, semuanya jadi tau kalau ibu udah meninggal, ibu-ibu yg tukang gosip itu berbondong-bondong ngucapin bela sungkawa ke aing, temen-temen bilang juga ikut sedih, mereka ngasih aing makanan sama barang, awalnya aing risih digituin, tapi lama-lama kok enak ya hahahaha, ya gitu deh, mau gimana lagi? kadang ada hal yg gabisa dipaksain, termasuk menunggu orang yg sudah meninggal.
KAMU SEDANG MEMBACA
Adnan Arsifal (Bahasa Sunda Version)
Novela Juvenil[VERSI BAHASA SUNDA ORIGINAL] Arsip cerita (Fiksi) Adnan Arsifal dan teman-temannya, ditulis dari Mei 2015 (penulis masih umur belasan tahun), tulisannya berantakan banget tapi biar jadi kenangan aja. Kalau mau baca tulisan yang lebih rapih dan mud...