oleh: dinan
Baru baru aing ngerasa kaya dunia tai banget. Waktu itu aing ngecek nilai yg baru keluar, terus aing kaget kok ada satu matkul yg aing ngerasa aing tuh rajin, tugas juga masuk terus, aing protes lah ke dosennya, kenapa aing bisa ngulang. Katanya masalah absen, waktu itu aing pernah nitip absen ke temen terus ketauan sama si dosen ini, sebenernya itu aing sakit cuma absen aing udah abis. Tapi temen aing ga bilang kalo dia ketauan, pas aing tanyain,
"Aing ga enak soalnya nan bilangnya, aing kira udah ada yg bilang ke maneh."
Tapi kan kalo sia bilang dari awal aing ga akan kaget kalo aing ngulang.
Hiji tah tai kotok,
Terus aing deket sama cewe nih kemarin, udah lama deketnya kek berbulan-bulan, semalem sebelum kejadian aing video call sama dia sebelum tidur, kita juga adem-adem aja, aing kan emang lagi sakit kan itu terus diucapin gws kitu lah sambil pamitan mau tidur.
Besoknya dia ilang, seharian. Aing chat ucapin pagi siang sore ga dibales, eh malemnya dia story sama mantannya lagi makan bareng.
Nah eta posisi aing siang kakara ngecek nilai tea. Kumaha teu leuleus.
Peuting eta aing teu bisa sare, geus ngaji, geus ngegame, geus lumpat pake treadmill si papah angger beunta. Hati asa ganjel we, mau merem juga otak aing kaya yg berisik.
Terus aing cicing disebelah si adnan yg lagi mangap sare. Ningali kukunya panjang panjang kotor kayanya mah kalo cebok nyelip tai da. Aing potongin.
Ningali bengetna buruk rupa, aing elapin pake tissue basah, bari teu hudang-hudang palaur maot digaplok ge ngan "hmmm hmmm"
Aing liatin mukanya,
Aing jadi comparing hidup sama dia, kenapa ya idup dia selalu lancar. Aing lagi dalem dalemnya ngeliatin mukanya, pek teh beunta sambil ngagurubuk.
Adnan: "dimana ieu dimana ieu" sambil ngusapan benget takut ada acai.
Dinan: "uruguay"
Adnan: "ngimpi labuh aing anying, keur ngala jambu gugurubukan aya hileud labuh we" sambil gagaro benget.
Adnan: "kok kuku aing jadi pendek sih? Kok benget aing jadi lembab?"
Dinan: "lupa meren maneh tadi saacan sare motong kuku heula."
Adnan: "enya sugan"
Fix ieu mah basa sare maot heula pek teh salah takdir jadi dihirupkeun deui.
Adnan: "kok sia belum sare?"
Adnan: "geus aing sare deui nyak."
Dinan: "aing kena ghosting nan."
Si adnan yg tadinya mau tidur lagi jadi duduk ngedengerin aing cerita, meskipun sambil ngantuk masi ngedengerin dikit-dikit. Di akhir cerita dia ngomong,
Adnan: "perasaan orang bukan kendali maneh, gausah nyalahin diri sendiri, jodoh diluar kendali kita, tapi yg pasti jodoh udah ada takdirnya, fokus sama diri maneh sendiri, orang yg punya positive vibes bakal ketemu sama yg positive vibes lagi."
Adnan: "ngulang matkul mah hal wajar, maneh teh terlalu terbiasa kuliah berjalan perfect, jadi pas ketemu nu kieu kaget."
Adnan: "sekarang sare, gausah dipikirin.."
Dinan: "teu bisa nan."
Adnan: "sia hayang dipeluk?"
Dinan: "najis."
Dinan: "tapi bisa ga pijitin jidat aing? Migran"
Adnan: "yaudah tapi sare heeh" sambil merem, dia daritadi ngomong sambil merem, jero hate sieun ieu mah saha kitu kan tapi teu sih.
Jidat aing dipijet sambil si eta tetep merem. Lama lama kasarean.
Pas bangun bangun adzan subuh, aing cuma dapet tidur 2 jam, pas bangun sedih, nyeri seawak-awak, gabisa tidur lagi.
Akhirnya keluar ketemu papah lagi ngambil minum,
Papah: "teu sare nyak kamu? Ulin gim wae!"
Dinan: "engga."
Dinan: "papah mau solat?"
Papah: "mau atuh, kunaon?"
Dinan: "hayu jama'ah"
Gara gara galau, itu pertama kalinya setelah bertaun taun aing solat jama'ah sama papah.
Selesai solat, aing ngeliat si gugum dihalaman rumah. Lagi nyekop pupuk.
Dinan: "aing masi bingung kenapa maneh suka berkebun"
Gugum: "hayang dicaritakeun?"
Dinan: "sok.."
Gugum: "waktu jaman kolot aing sok gelut sebelum cerai, aing suka keluar rumah, nyari orang buat cerita tapi pas udah cerita ternyata jawaban mereka ga sesuai ekspektasi aing, akhirnya kalau mereka berantem aing keluar deket rumah aja buat ngerokok tapi ga cerita lagi sama siapa-siapa, aing duduk ditaman komplek gitu."
Gugum: "hati ga enak, cuma bisa ngerokok sambil ngeliatin langit terus ngeliat jam tangan ngira-ngira mereka berantemnya udah belum biar aing bisa pulang."
Gugum: "sampe ada bapak bapak lagi nyiram tanaman, kebun di taman itu cantik pisan, banyak bunga, seneng ngeliatnya."
Gugum: "karna aing sering kesitu, kita mulai kenalan karna kita sering ketemu juga ditempat yg sama, ternyata rumahnya persis depan taman, dan rumah daerah taman itu rumah besar semua, ga ada yg kecil."
Gugum: "bapak-bapak itu ternyata bos perusahaan alat-alat rumah sakit, yg aing bingung kok dia mau sih ngurusin tanaman ditaman publik gini, kan bisa nyuruh orang?"
Gugum: "percakapan kita ga pernah aing lupain sih sampe sekarang.."
"Tumbuhan makhluk hidup bukan?"
"Iya"
"Makhluk Allah bukan?"
"Iya"
"Kalau ngerawat mereka dapet pahala ga?"
"Iya"
"Sama kaya manusia dan hewan, mereka hidup. Bedanya mereka ga akan jawab kalau diajak ngobrol, mau kita terus ngerawat mereka atau berhenti ngerawat mereka, mereka ga akan protes, terus kita dapet apa ngerawat mereka? Ga dapet apa apa, tapi disitu esensinya, saya belajar cinta tanpa syarat dari tamanan, saya belajar sayang tanpa pamrih dari tamanan, darisitu hati saya seneng banget kalau liat mereka sehat, bunganya mekar, daunnya hijau meskipun saya ga dapet apa apa."
Gugum: "aing suka merhatiin tiap dia mau nyiram tamanannya diajak ngobrol, awalnya kaya freak gitu kan aing liatnya, sampe aing dikasih pot kecil gitu sama itu bapak-bapak, katanya itu bunga, aing nanya jenis apa dia ga ngasih tau malah disuruh siram aja setiap hari, diajak ngobrol biar ga bosen."
Gugum: "aing taro dijendela kamar, aing siramin tiap hari, sampe kepikiran aing kasih nama pas dia mulai tumbuh daun kecil."
Gugum: "aing lagi aral kan terus iseng aing ajak ngobrol itu tanaman, meskipun awalnya ngerasa aneh, tapi pas aing selesai cerita daunnya kaya ketiup angin gitu, aing langsung sadar ini makhluk hidup, aing gatau dia punya perasaan apa engga tapi yg pasti dia idup dan rasanya lega banget curhat tanpa dihakimi tanpa dibantah pake solusi yg sebenernya aing ga perlu."
Dinan: "jadi itu kenapa maneh suka nyapa tanaman maneh?"
Gugum: "Iya.."
Gugum: "berkebun teh jadi proses aing self healing sih."
Dinan: "kalo gitu ajarin aing berkebun gum, aing lagi galau."
Gugum: "gausah terlalu ambis.." sambil ngasih selang air.
Gugum: "mending dari hal kecil dulu semisal nyiram, ngebersihin daun kering, ajak ngobrol, maneh gabisa sayang sama sesuatu sekali jadi, perlu proses."
Akhirnya si gugum ninggalin aing nyiram kebunnya sendirian, sambil megang selang aing pengen ngeluarin kata kata dari mulut aja rasanya susah pisan, kaya aneh aja gitu. Ngapain sih anying ngobrol sama tanaman.
Dinan: "hallo guys.."
Krik krik.
Dinan: "aing gatau maneh bisa denger apa engga tapi.."
Dinan: "salam kenal"
Terus aing diem, aing siramin lagi semuanya.
Ada yg ngalung keripik singkong ti luhur. Si adnan keur dahar lays.
Adnan: "Jiga jelema belegug."
Dinan: "bacot sia."
Adnan: "coping emosi maneh sama gugum bisa sama bisa beda, jangan dipaksain kalau ga enjoy, cari lagi cara lain." Sambil masuk ke dalem.
Aing diem pas dia ngomong gitu, coping? Emang selama ini aing kalau coping emosi ngapain?Bersambung..
KAMU SEDANG MEMBACA
Adnan Arsifal (Bahasa Sunda Version)
Teen Fiction[VERSI BAHASA SUNDA ORIGINAL] Arsip cerita (Fiksi) Adnan Arsifal dan teman-temannya, ditulis dari Mei 2015 (penulis masih umur belasan tahun), tulisannya berantakan banget tapi biar jadi kenangan aja. Kalau mau baca tulisan yang lebih rapih dan mud...