aing dan gugum sedang menikmati secangkir kopi masing-masing ditemani senja, di cafe mahal tengah kota. gugum alergi tempat murah. kami sama sama lagi ngahuleng, sambil menikmati pemandangan kota.
mata si gugum jeung mata aing, kantong matanya gelap, kita ga tidur semalem, beungeut kita lusuh dan belum mandi.
adnan: "mantan maneh nikah besok" bari ngahuleng liat langit
gugum: "nu mana?" bari ngahuleng liatin jalan
adnan: "dea"
gugum: "ah naha sih" *nunduk, jidat ditempelin ke atas meja*
adnan: "datang gum, si dea baik udah ngundang kita diakhir bulan"
gugum: "merod aing teh, asa masih gini-gini aja, eweuh wibawa pisan datang ka nikahan mantan teh"
adnan: "tapi jomblo masih?"
gugum: "masih lah"
adnan: "gum, kayanya kamu udah dikutuk"
gugum: "awas maneh mun mawa kabogoh isuk"
adnan: "susah senang kita bersama"
gugum: "si hakam datang moal?"
adnan: "datang cigana mah"
gugum: "maneh meni pede tea datang, boga duit kitu keur ngamplop?"
adnan: "aing deuk ngado..."
adnan: "kadal"
adnan: "meh surprise"
gugum: "si anying"
adnan: "si dea pelit contekan basa sma, dendam aing"
besoknya. di resepsi nikahan dea. aing ngobrol sama temen temen sma, si gugum dibelakang, liatin pengantin dari jauh.
hakam: "tuang gum?" *nyuapin zupa-zupa ke si gugum*
rizki: "meni beugang gitu gum"
adnan: "gugum sedih, resepsinya mewah, pasti suaminya dea lebih kaya dari maneh"
gugum: "aing deuk ngundang the hakam and band anying lah"
rizki: "geus maot goblog"
hakam: "si anjing!"
adnan: "hayu ah antri sasalaman, aing deuk foto jeung mempelai"
rizki: "kalem kalem gugum nervous"
gugum: "ceuk saha goblog! sikat!"
terus disurakan barudak.
sambil ngantri pada ngobrol we kaya biasa, si gugum cicing we, sambil terus liatin pengantin.
faisal: "jir saeutik deui arurang"
faisal: "gum apapun terjadi, ingat...."
faisal: "kaos jualeun aing, lagi buy 1 get 1"
hakam: "halah kaos si isal mah butut, babari belel, kaos jualeun aing, dijahit penuh cinta, dipake tawuran ge tetap berkibar indah"
adnan: "gandeng-gandeng, sebentar lagi momen-momen berharga dalam hidup gugum"
satu satu dari kita naik ke tempat pengantin sasalaman, plis kasih tau dikomen apa itu namanya, semuanya udah salam-salaman, sisanya si gugum yg tersenyum lebar siap menjabat tangan dea yg pernah dia gombalin pas jaman bocah.
gugum: "selamat ya"
dea: "kang, ini gugum mantan aku" *nyolek suaminya*
gugum: "kalau dea ngambek sogok aja cakue, nanti juga senyum lagi"
dea: "tuh kang, dengerin kata mantan aku"
abis itu mereka ketawa bertiga, adem liatnya. meskipun gugum ngenes ga bawa pasangan.
beres resepsi kita nongkrong-nongkrong dulu di cafe, sekitar jam 8 malem pada pulang, sisanya cuman aing, gugum sm hakam.
hakam: "gimana gum perasaannya? can ngasaan aing diundang ka nikahan mantan, jigana taun hareup lah, awewe mah babari meunang jodoh"
gugum: "gimana ya, da mun ditanya bogoh keneh ge henteu, cuman apa ya... gimana pun juga, kita pernah seuseurian bareng, dia dulu suka meluk kalau dibonceng sambil ngaheureuyan, aing suka nungguin dia keluar GO, pas keluar dia lari lari sambil minta dipasangin helm, yang disayangkan kenapa kita harus gagal, kalau dipikir-pikir lagi kenapa kita harus pisah? itu sih yg aing pikirin tiap mantan nikah, tapi kalau dipikirin lagi, mungkin nafkah aing bukan buat dia dan mungkin bakti dia bukan buat aing, ada rasa kapiheulaan sih, ngeliat mantan satu satu nikah tapi gapapa, aing belum cukup mapan ngehidupin satu orang cewe ditambah anak anaknya, aing ga telat, aing cuma belum 'waktunya'"
gugum: "aing seneng di undang dea, artinya dia cuma mau bagi-bagi kebahagiannya, dia cuma mau ngeliatin kalau dia seneng sama pilihannya terus udah ngelupain luka lama"
hakam: "nanti, kalau kalian nikah, aing main sama siapa..."
adnan: "kita semua ya akhirnya bakal nikah juga kam, kabayang teu sih salah satu dari kita pahuap-huap jeung pasangan basa nikah"
hakam: "aing cuma bayangin pas malemnya......"
gugum: "si anjing"
hakam: "geus, nu penting mah, luluskeun heula eta kuliah, masalahna mah geus aya can pasanganna? si adnan leuheung aya, aing jeung maneh gum?"
gugum: "teu kabayang euy, aing foto nikah digigireun maraneh mararake batik, lawak blog"
adnan: "nu penting mah kade we amplop, ulah sarebu teuing"
KAMU SEDANG MEMBACA
Adnan Arsifal (Bahasa Sunda Version)
Fiksi Remaja[VERSI BAHASA SUNDA ORIGINAL] Arsip cerita (Fiksi) Adnan Arsifal dan teman-temannya, ditulis dari Mei 2015 (penulis masih umur belasan tahun), tulisannya berantakan banget tapi biar jadi kenangan aja. Kalau mau baca tulisan yang lebih rapih dan mud...