Menyanggah 'akibat salah jurusan'

716 42 0
                                    

oleh: dinan

Meskipun aing adiknya, kadang aing suka ga setuju sama omongan dia, umur kita cuman beda setaun, jadi ya cara mikir kita ga beda jauh.

Di post dia yg kemarin ada point-point yg bikin aing apa ya, menurut aing dia terlalu berlebihan;

1. Semua jurusan begadang, mau sastra ampe teknik merasakan begadang nan, mungkin teknik emg ngalongnya jauh lebih ekstrim, tapi percayalah nan, yg namanya mahasiswa/i ga afdol kalau ga(pernah) begadang.

2. Maneh meyakinkan bahwa segalanya didasari dari passion, engga sepenuhnya, banyak org bahkan mungkin ratusan org yg salah jurusan tapi tetep survive-survive aja, mau maneh lulus dari jurusan/kampus paling hina didunia juga ga menjamin hidup maneh suram, tiap individu beda-beda.

3. Dia ga jelasin gimana rencana dia kedepan meskipun dia salah jurusan, karena dia 'terpuruk' sendiri. Jangan nyontoh dia, buat maneh yg sekarang merasa salah jurusan, kalau masih maba dan kemampuan finansialnya mumpuni buat pindah ya monggo, tapi buat maneh yg terlanjur ditengah dan teu boga duit buat mulai dari awal? Belajar mencintai aja deh, mungkin rezekinya disini, kasian ortu banting tulang nyekolahin kita.

4. Anggap aja peristiwa salah jurusan ini ngelatih mental, karena hidup ga sepenuhnya bisa sesuai keinginan kita, geus maneh lulus nanti trs nyari gawe, maneh gabisa olo-olo 'aku mah gamau ngerjain kerjaan itu, bukan passion aku' jig lah turutan tah passion nepika gizi buruk.

5. Siapapun, aing yakin semua pernah punya perasaan 'muak' sama jurusan yg dijalanin, cuman jangan lemah iman dikasih cobaan dikit langsung minta pindah. Aing juga pernah kaya gitu mah, cuman ya balik lagi ke kita, inget urg nu milih jurusan ieu, inget utang sarjana ka kolot, inget ayah dan bunda engga bergelimang harta.

Hampura we nan, urg paling geuleuh ka jelema nu ngeluh, menimbulkan aura-aura negatif gitu ke urgnya. Buat kelas 12, sok pilih yg kalian suka, mepertimbangkan boleh cuman jangan berlebihan, karena kuliah mah ga ada yg gampang, seperti yg dibahas kemarin, ada plus dan minusnya, ilmu dan usaha mah ga ada yg sia-sia. Kalau kata papah "gelarmu itu bisa jadi nomer sekian setelah skill, pengalaman dan seberapa kreatifnya kamu, orang sukses ga melulu pendidikannya bagus."

Post-an si adnan yg kemarin bagus, bikin anak kelas 12 aware sama jurusan apa yg mereka pilih nanti, tapi penyampaian dia yg aing gasuka, kata dia seolah-olah org kalau ngalamin salah jurusan masa depannya pasti suram, terancam jadi gembel, ga gitu. Sesuatu yg di dasari passion emg bagus, maneh lebih enjoy ngejalaninnya, trs kemungkinan pindah jurusan juga dikit jadi bentuk penghematan, cuman kalau rezeki maneh lebih bagus diselain passion maneh gimana? Contoh: ada si A suka banget sama fisika, tapi org tuanya ga setuju dia ambil fisika, disuruh lah masuk bioteknologi, eh taunya sukses dan bergelimang harta. Prospek kerja/jurusan itu sama sama penting, da hirup mah bersaing, nanti kalau udah lulus, yg maneh cari pasti duit lagi.

Meskipun aing baru semester 3, aing ga maba-maba banget lah, aing udah ngerti kuliah tuh gimana, kuliah tuh kaya gerbang dari hidup yg sebenernya, maneh mulai dikejar-kejar tanggung jawab, berhadapan sama org-org yg menguji iman, bakal ada perasaan malu sama orang tua kalau kuliah maneh ga becus, pendewasaan ya mulai darisini, bukan masalah seberapa berat jurusan maneh, disini maneh dilatih hidup yg emg beneran ini namanya hidup, makannya banyak org yg kangen SMA, semangat kelas 12! Hidup yg sesungguhnya menanti kalian, siapkan mental ok. Kalau milih kerja aja gimana kak? Tanyain aja sama yg kerja, ga beda jauh kok, kalian lepas seragam osis artinya kalian udah dianggap dewasa, se-ma-ngat!

don't grow up, it's a trap wkwk.

Teruntuk kakak aing yg ganteng nomer 2 setelah gugum, jangan marah, nanti aku beliin donat madu, semangat ya kak, katingali emang kamu gelo soalnya aku liat buku harian kamu hehe. Kalau bukan kamu siapa lagi yg tanggung jawab terhadap aku adikmu yg cute ini, maneh kekar mang! Ingat kami dirumah mendukungmu dengan cara kirim sms sebanyak-banyaknya.

Adnan Arsifal (Bahasa Sunda Version)Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang