Masih Pernah Mencintaimu

849 42 1
                                    

Oleh: Utara

Akhirnya dia lulus SMA, dia bukan tipe orang yg 'oke urg tau mimpi urg apa, jadi urg harus kesini' dia masih bingung kalau ditanya mau kemana, mau jadi apa, pasti jawabnya 'nanti aja lah mikir itu mah'

Emg ini anak lumayan nakal, si eta suka izin kalau mau minum-minum tapi dia bilang dia gapernah ninggalin solat, Sampe akhirnya temen temennya udah pada dapet tempat kuliah, eh dia masih nganggur mikir mau kemana.

Sampe sampe mamanya nelepon urg, ngebujuk biar si eta mau masuk manajemen sesuai keinginan orang tuanya.

U: "kamu tuh mau kemana? Malu tau org lain udah pada kemana meureun, riweuh masuk ptn"

U: "ini kamu masuk swasta aja susah pisan"

U: "ambil manajemen aja ya, kalau bingung mah ambil itu aja"

Z: "kamu gausah mau kalau disuruh mama ngebujuk aku kaya gini"

U: "engga, aku engga disuruh mama"

Z: "jangan bohong"

Z: "tadi aku ngecek hp km"

U: "aku kan cuman usul doang"

Z: "aku ga akan kuliah"

Z: "apapun jurusannnya, dimana pun kampusnya aku ga akan kuliah"

U: "kenapa?"

Z: "aku cape belajar, aku mau bebas"

U: "tapi kan kamu.."

Z: "UDAHLAH, KAMU TUH GAUSAH IKUTAN MAKSA MAKSA AKU KY MAMA, AKU CAPE DIOMELIN MAMA, SKRG KAMU JUGA MAKSA AKU KULIAH, KENAPA? MALU PUNYA PACAR LULUSAN SMA?"

Z: "aku ngarepnya kamu dukung aku, tapi kamu sama aja"

Dia pergi.

Disitu urang bingung, urg terpaksa bilang ke mamanya kalau urg jg gagal bujuk si eta buat kuliah, ditambah kayanya udah telat banget buat daftar kemana mana. Dia serius sama omongannya.

Tapi semenjak dia bentak urg semuanya jadi beda, ky ada penghalang gitu, meskipun urg udah berusaha angetin suasana tapi si zazang tuh ky yg sengaja gamau baikan, dia makin suka minum, dia makin suka bentak urang, dia ga sebaik dulu.

Urg sering nangis kalau abis dibentak, tapi abis itu pasti dia ky yg kesambet langsung ngomong

"Aku kasar ya tadi? Maaf ya" langsung mohon mohon.

Tapi gitu aja terus, dibentak-urg nangis-dia minta maaf.

Urg ngerasa dia tuh emg tertekan ga ada yg dukung, ditambah mungkin orang orang rumah mojokin dia karena dia ga kuliah, tapi urg berusaha dukung dia, bukan dukung dia nganggur, tapi dukung dia nyari 'jati diri' dia.

sampe akhirnya urg udah ga kuat banget, sering banget dibentak, dimarah marahin, hampir mau ditampar tapi kayanya ga tega gitu jadi suka ga jadi, cuman urg kaya yakin aja suatu saat dia bakal main fisik, nah urg yakin emosi dia yg naik turun gini karena dia suka minum minum, pola hidup ga sehat dan urg liat liat dia solat aja udh jarang.

Urg nangis nangis, mohon mohon ke dia buat berhenti minum, jadi orang balik lagi ky dulu.

Dia antara tega ga tega kan liat urg mohon mohon, akhirnya dia mau berubah dikit dikit, didepan urang dia berusaha berubah, urg percaya aja dia berubah, sampe akhirnya urg dapet laporan, dia masih minum-minum dibelakang urg, bahkan.. dia main cewe dibelakang urg, asli cape, urg udah nyiksa batin dibentak bentak, jadi pelampiasannya kalau dia lagi marah tapi apa? Dia bohong? Disitu urg ambil langkah terakhir, pergi.

Dia sempet ngejar ngejar gitu, minta balikan, minta maaf segala macem, tapi urg udah klimaks sakit hatinya jadi urg sama sekali ga respon. Lama lama dia ilang, urg udah ga peduli, dia mau kemana, dia mau ancur kek urg ga peduli.

Ngelepasin dia rasanya udah lega ko, mungkin masalah terakhir tuh cuman survive dari rasa sakit hati aja.

Pernah ga hati kalian sakit tepat dijantung terus nafas aja kalian susah?

Pernah ga makanan seenak apapun pas kalian makan jadi hambar?

Pernah ga kalian mati rasa sebadan badan sekedar denger namanya doang?

Ya, itu fase paling berat, merasa diri kita manusia paling menderita sedunia, tapi ya gimana? Toh namanya cinta, ga selalu indah.

Semenjak itu urang jadi punya kebiasaan baru, nongkrong didepan indomaret atau alfamart yg ada tempat duduknya, minum milo sambil nungguin adam jemput.

Urg gabisa sendirian dirumah, kalau sendiri urg pasti ga berhenti nangis, padahal kalau dipikir pikir buat apa sih nangis? Gak mengubah segalanya juga kan? Jadi urg lebih suka diem ditempat tempat rame sendirian, ngelamun liatin jalan.

Waktu itu urg gatau apa apa soal sakit hati, baru pertama kalinya.

Urg sering banget nyangkal, nyalahin semua yg ada

"Kenapa sih harus ketemu dia? Kalau kaya gini gausah ketemu sekalian"

Sampe akhirnya urg ngeliatin ayah, mama udah meninggal lama dari urg kecil, ayah kurang terbuka soal mama, mungkin itu bikin dia sakit.

Tapi gatau kenapa urg penasaran banget mau nanyain sesuatu ke ayah.

U: "yah, kenapa ayah masih tegar meskipun mama ga ada? Kenapa ayah ga sakit? padahal putus cinta aja sakit yah"

Dia cuma senyum.

Trs naro koran dimeja.

Bilang ke urang pelan pelan

"Kak, kalau ayah sedih terus siapa yg mau rawat kalian? Sebelum mama mu pergi, dia udah nitipin kalian ke ayah, kalian gausah khawatir, ayah mah gapapa, toh sudah rencana Allah, mama mu dan ayah nanti bisa ketemu lagi"

"Mama mu juga nitip, kalau suatu saat anak gadisnya sakit hati sama laki-laki, tolong bilangin ke dia, cintamu jangan ky agnes monica, cintamu harus pakai logika, itu kunci supaya kamu ga cinta buta sama laki laki, kalau memang laki laki itu jahat sama kamu ya tinggalin, jangan menganggap perilaku jahat dia itu ungkapan 'cinta' dia ke kamu"

"Ayah sudah tau semuanya, jangan kamu nangis lagi, ga ada gunanya, bangkit, anak gadis ayah kan baik, nanti pasti kamu ketemu laki laki baik lagi"

sori ayah emang kek pujangga cinta gitu, omongannya kadang baku.

Aing nangis lagi disitu tapi itu nangis yg terakhir, seketika omongan ayah nyerep ke otak sama hati, masuk akal ga sih?

'Jangan menganggap perilaku jahat dia sbg ungkapan cintanya ke kamu'

intinya disitu urang berprinsip, cinta tuh pake logika pake rasionalisme, jangan mau diperbudak, jangan mengekspresikan seolah apapun yg dilakukan pasangan kamu mau baik atau buruk itu cinta. Kalau buruk ya tinggalin, jangan

"Aku yakin dia bisa berubah, demi aku, soalnya dia sayang aku"

Ya terserah, mau membuang buang waktu dan energy kamu buat sesuatu yg ga mungkin, persentase dia berubah bakal seberapa sih dibanding usaha kamu? Pengorbanan kamu? Apalagi kalau dia wataknya udah gitu, yg namanya manusia, sifat dasarnya dari lahir ga akan bisa dirubah, kecuali perilaku dan kebiasaan.

Tapi beneran deh, time heals almost everything, kalau kamu bisa sabar, jalanin, give it time, suatu saat kamu noleh pun najis, ga ada perasaan mau disana lagi buat kedua kalinya. Kalau sakit ya lawan. Jangan pernah bilang ga mampu.

Buktinya? Urg ninggalin zazang dapet si sayang adnan yg cooleuheu banget. Meskipun urg juga gatau ini anak jodoh urang atau sekedar transit hati aja haha.

Untuk mungkin mantanku, kalau kamu baca cerita ini, bukan maksud aku ngumbar ngumbar aib kita, aku cuman pengen menyadarkan wanita wanita keras kepala, aku seneng kamu skrg udah mau kuliah, dan makasih bunganya lucu banget yg kamu kirimin pas aku ultah, makasih masih inget, makasih juga

Pernah

Membahagiakan aku

Dan

Maaf

Gabisa disamping kamu

Sampai titik terakhir

Nanti pacarmu kenalin ke aku yaaa. Dadaaaah

Adnan Arsifal (Bahasa Sunda Version)Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang