Gani bawa anggur merah sambil duduk sila diruang tengah, fikri udah kesenengan nyodorin gelas. Natasya sama Gabriella lagi masak pasta di dapur. Besok sabtu dan atasan lagi baik ngebolehin kita libur besok padahal biasanya setengah hari.
Aing rebahan sambil nonton youtube, kita disediain mess gitu sama kantor, satu rumah diisi berlima. Tiga orang cowo, dua orang cewe. Pasta udah mateng, cewe-cewe bawa wajan isi pasta se-abreg buat makan rame-rame.
"Udah probation bakal dipilih 2 orang dari kita yang masuk perusahaan, 3 orang bakal gagal," kata fikri mulai obrolan.
"Kalian mau ngapain seandainya gagal?"
"Siapa dulu nih?" kata Natasya.
"Aing.. aing.." Gabriella ngacung.
"SOK..SOK.." Gani udah mulai tipsy.
"Bantuin papa mama jagain toko perhiasan, sebenernya kerja diperusahaan ini bentuk pelarian aing aja biar ga balik ke jakarta, aing suka kesel ngejagain toko." Gabriella kuliah di Bandung, dia nyari cari biar bisa netap di Bandung karena sesayang itu sama Bandung, tapi sayangnya dia anak tunggal, mau se-ambisius apapun dia ngejar karir di bidang yang dia suka, ujung-ujungnya dia bakal resign terus nerusin usaha keluarga.
"Ada anak yang kerja demi passion, punya privileged. kalau gagal bisa pulang ke orang tuanya." Kata Natasya.
"Maneh ngapain nat?"
"Bunuh diri.."
"JAGA MULUT MANEH YA CINA.." Gani makin anying nih kalau mabok.
"punya tanggungan adik-adik yang kecil karena ibu maneh nikah 3x ga gampang, ya pasti aing bakal nyoba lagi kalau gagal, aing bakal sedih kalau mereka sampe gabisa sekolah."
"kalau maneh butuh apa-apa bilang ya nat.." kata Gabriella sambil nepuk-nepuk pundak Natasya.
"pasti, ga akan lupain orang tajir kaya maneh, koneksi maneh banyak.." Natasya juga makin mabok.
"Nanti kalau kalian ulang taun, aing kasih berlian satu-satu!"
"WOY, GILIRAN AING NIH.." fikri teriak bari pereum.
"IYA IYA goblok cepet ngomong!" kata Gani.
"jangan kasih tau siapa siapa.."
"aing mau jadi.. ayam penyet."
"AH GEUS SKIP SKIP, UDAH GA NYAMBUNG DIA MAH," kata aing sambil ngalung tissue.
"yaudah maneh nan apaan.." kata Natasya.
"teuing, kayanya aing mau usaha yg lain aja, lagian aing ga suka suka amat jadi arsitek."
"Ih boring banget jawabannya.." sela fikri.
"daripada sia jadi hayam."
"Kayanya aing yg terakhir," kata Gani.
"geus sia mah usaha alat pancing we lah, runtuh bangunan mun arsitekna maneh!"
"bacot sia."
Sama aing si fikri disuapin semangka biar diem.
"kalau pun nanti aing gagal atau berhasil masa probation, aing mau pulang dulu, mau damai sama orang tua."
"bapa aing dulu kepala sekolah di SMA Negeri, bapa suka terima suap buat siswa yang masuk jalur belakang, ngegeser kuota anak-anak yang seharusnya masuk pake usaha beneran, aing baru tau aing makan duit haram dari kecil. Bapa tetep jaya, dia lengser secara terhormat, ga ada yang tau dia suka terima suap. Tapi hubungan kita emang udah gabaik dari aing kecil."
"ngerasa sial-sial yang aing alamin, sifat jelek, pokoknya anjing-anjing hidup ini asalnya dari kelakuan bapa selama ini."
"tapi ibu telepon katanya bapa sakit, kena kanker paru-paru stadium awal."
"darisini aing ngerasa harus ngeudahin perang dingin dikeluarga, meskipun bapa brengsek."
"bantu bapa maneh berbuat baik dulu.." kata Natasya.
"jangan pada sombong ya yang nanti keterima diperusahaan!" Gabriella senyum sambil meluk bantal.
"EH PELUKAN DONG ANYING BUAT SEBULAN LAGI KITA BERSAMA," fikri ngebuka tangannya terlentang, melukin aing sama gani disebelahnya terus natasya sama gabriella nyusul meluk.
Itu doang yang aing inget semalem, aing ga akan minum lagi. Pusing anjing.
Penasaran ga aing probation kemana? Jadi series pendek soal probation bakal di upload di ig.
Jadi mampir mampir sok ke ig aing @adnan_arsifal
KAMU SEDANG MEMBACA
Adnan Arsifal (Bahasa Sunda Version)
Novela Juvenil[VERSI BAHASA SUNDA ORIGINAL] Arsip cerita (Fiksi) Adnan Arsifal dan teman-temannya, ditulis dari Mei 2015 (penulis masih umur belasan tahun), tulisannya berantakan banget tapi biar jadi kenangan aja. Kalau mau baca tulisan yang lebih rapih dan mud...