33

506 53 4
                                    

"Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya. Kecuali tiga perkara (yaitu) Sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, atau doa anak yang sholeh." (H.R. Muslim no. 1631)
• Takdir Cinta 2 •

Setelah menangis semalaman dipangkuan Aisyah, membuat Keisya sedikit lega. Hari ini Keisya kembali bersekolah, dikarenakan ini hari senin, jadi Keisya memakai hijab berwarna Hijau yang telah ditentukan dari sekolah. Serta almamater yang melekat ditubuhnya.

Hijab panjang menjuntai kebawah, ditambah almamater serta senyuman terpaksa yang Keisya tunjukkan, menimbulkan kesan bahwa Keisya tidak baik-baik saja.

"Abi sudah bilangkan, kamu jangan sekolah dulu sayang, kamu itu masih sakit." Wildan menatap Keisya yang tengah duduk dimeja makan sambil menenteng tas nya.

Keisya kembali menatap Wildan dengan sendu, Keisya merindukan sekolahnya, ia mendapatkan ketenangan disana. Walaupun banyak siswa-siswi yang mencemooh dirinya, bahkan sampai merendahkan dirinya. Hal itu tidak mengurangi semangat Keisya untuk tetap bersekolah.

Baginya menuntut ilmu itu adalah kewajiban, dan kita harus mengutamakan kewajiban dibanding hinaan mereka.

Rasulullah shalallahu alaihi wassalam bersabda yang artinya. "Menuntut ilmu itu wajib bagi setiap Muslim." (HR. Ibnu Majah no.  224, dari sahabat Anas bin Malik radhiyallahu 'anhu, dishahihkan Al Albani dalam Shahih al-jaami'ish Shaghiir no. 3913)

Allah subhanahuwataala juga mengangkat derajat orang yang berilmu.

يٰۤاَ يُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْۤا اِذَا قِيْلَ لَـكُمْ تَفَسَّحُوْا فِى الْمَجٰلِسِ فَا فْسَحُوْا يَفْسَحِ اللّٰهُ لَـكُمْ ۚ وَاِ ذَا قِيْلَ انْشُزُوْا فَا نْشُزُوْا يَرْفَعِ اللّٰهُ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا مِنْكُمْ ۙ وَا لَّذِيْنَ اُوْتُوا الْعِلْمَ دَرَجٰتٍ ۗ وَا للّٰهُ بِمَا تَعْمَلُوْنَ خَبِيْرٌ

"Wahai orang-orang yang beriman! Apabila dikatakan kepadamu, Berilah kelapangan di dalam majelis-majelis, maka lapangkanlah, niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan, Berdirilah kamu, maka berdirilah, niscaya Allah akan mengangkat (derajat) orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui terhadap apa yang kamu kerjakan." (QS. Al-Mujadilah 58: Ayat 11)

Dan Allah Subhanu Wa ta'ala juga berfirman. "Dan mereka berkata : "Sekiranya kami mendengarkan atau memikirkan (peringatan itu) Niscaya tidaklah kami termasuk penghuni-penghuni neraka yang menyala-nyala." (Q.S. Al-Mulk ; 10)

Allah subhanahu Wa ta'ala sudah memberikan banyak kenikmatan. Jika tidak kita gunakan dengan baik, maka kita akan menjadi salah satu orang yang merugi. Seperti tercantum dalam surat Al-Mulk ayat 10.

"Maka Nikmat Tuhan-mu yang manakah yang kamu dusta kan?" (Q.S. Ar-Rahman {55} ayat 16)

"Abi ... Pliss," Keisya memasang wajah sedihnya, soal bujuk-membujuk serahkan saja pada Keisya, karena Keisya ahli-nya.

"Oke, Abi izinin. Tapi dengan CATATAN Kamu harus bawa bekal kesekolah, jangan jajan sembarangan. Ngerti."

Keisya tersenyum kemudian menganggut, seolah melupakan kesedihannya tadi malam. Aisyah ikut tersenyum, apalagi yang lebih menyejukkan selain melihat Putri-nya bahagia.

RINTIK TEMU [END]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang