111. Sumsum

472 43 1
                                    



"Bagi pasien seperti Bibi Yang, yang mengidap kanker darah atau leukimia, cangkok sumsum tulang adalah harapan hidup untuk mereka. Hanya Kookie yang bisa bantu."

"Sum..Sum.. itu ada di mana? Kaya apa?"

"Sumsum tulang itu bagian lunak yang ada di dalam tulang yang mengandung sel-sel belum matang yang disebut sel induk. Sel-sel belum matang ini selanjutnya akan berkembang menjadi tiga jenis sel darah – sel darah putih, sel darah merah, dan trombosit. Semua dibutuhkan Bibi Yang."

"..." Kookie kehilangan kata-kata

Transplantasi ini dilakukan untuk menggantikan kondisi sumsum tulang yang rusak dan tidak lagi mampu menghasilkan sel darah sehat. Transplantasi juga biasa dilakukan untuk menggantikan sel darah yang rusak atau hancur akibat perawatan kanker intensif. Transplantasi sumsum tulang belakang biasa digunakan untuk mengobati Leukimia atau kanker darah.

"Cangkok sumsum tulang itu perlu pembedahan untuk mengganti sumsum tulang yang rusak atau hancur akibat penyakit dengan sel induk sumsum tulang belakang yang sehat. Sumsum tulang belakang ini penting untuk mendukung penyampaian pesan antara otak dan saraf tulang belakang agar dapat terjalin dengan baik." Jelas Siwon

"Ba..bagaimana caranyaaa?" Kookie mulai panik

"Cara pengambilan sampel sumsum tulang dari pendonor sehat caranya jarum dimasukkan melalui kulit pendonor hingga ke dalam tulang untuk mengambil sumsum tulangnya. Seluruh proses memakan waktu sekitar satu jam dan donor biasanya diberikan anestesi jadi Kookie gak kerasa sakit."

"Gleeek!" Kookie menelan ludah. Jangankan begitu, disuntik atau diambil darah aja biasanya berantem dulu sama Tae atau Hyunjin. Apalagi anastesi.

"A..apa gak ada cara lain?"

"Cuma itu Kookie. Tak ada cara lain."

"Aaa...apa setelah itu gantian Kookie yang kehabisan Sumsum trus bisa mati? Apa Kookie harus cari sumsum lagi?"

"Engga sayang, pemberi sumsum akan sehat seminggu setelah memberikan sumsumnya. Dan akan tetap sehat. Karena Kookie akan bikin lagi sumsum sendiri."

"Hyung... a.au boleh pikir-pikir dulu? Aku taku jarum...uhuukk.. uuuwww."

"Kookie, gak sekarang kok, kita ketemuan dulu sama bibi Yang yuuk. Ayo kita turun sudah sampai."

Dengan ragu dan sedikit bergetar Kookie turun dari mobil. Melihat ke kiri dan kanan. Lalu berjalan kesebuah kamar VVIP.

"Sayaaang, bangun sebentar, aku datang bersama Kookie. Keponakanmu satu-satunya."

Dengan lemah Bibi Yang membuka matanya yang tampak lelah. Beberapa mesin terhubung dengan badannya. Dengan selang mengalirkan dan mengeluarkan cairan dari tubuhnya. Rambut dan alisnya sudah rontok karena efek radiasi. Tapi wajahnya tetap meninggalkan raut manis dan cantik. Sekilas seperti Kookie.

"Kookie disini?"

"Iya sayang mau bertemu dan berkenalan denganmu. Bangun ya." Yang ,membuka matanya. Dan Siwon menaikan sedikit kasurnya.

Kookie melihat dengan takjub, seseorang berhubungan darah dengan nya. Dan wajah mereka ada kemiripan. Disebelah kasur terdapat foto pernikahan mereka. Bahkan warna rambut Kookie sama dengan Bibinya.

"Choi Kookie... maafkan bibi..."

"Selamat pagi Bibi Yang, aku Kookie. Aku keponakan Bibi satu-satunya. Kita punya warna mata yang sama, dan rambut yang sama. Bahkan hidung kita sama mancung. Bibi sangat cantik."

"Kookie.. maafkan kami yang dulu tak mencari keberadaan Kookie. Dan menelantarkan Kookie begitu saja. Kini Kookie keturunan terakhir dari keluarga Choi." Yang berkata – kata sangat banyak dan panjang pada Kookie walau dengan terbata-bata.

🔞Naughty Sugar Baby🔞Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang