Bab ini dipublikasikan pada 15 Mei 2023
.
.
.PENUH KEBOHONGAN DAN KEKECEWAAN
.
.
.Setelah aku membuat masalah dengan menghilang di dalam mobil, akhirnya kami berkumpul selayaknya keluarga seperti biasa dan tidak ada pembahasan soal itu lagi.
Bahkan, orangtuaku justru asyik membicarakan pengalaman mereka saat mengunjungi saudaranya yang hajatan itu. Selebihnya, aku hanya mendengarkan saja.
Walaupun jam sudah menunjukkan pukul 00, tapi kami masih santai santai bercakap di ruang tengah dan ditemani dengan makanan yang mereka dapat dari tempat hajatan atau kalau di Jawa namanya berkat.
Berkat itu biasanya didapat setelah kita menyumbang di suatu hajatan sebagai wujud penghormatan atau balasan berupa makanan jika kita membawa bahan makanan saat datang.
Kalau di luar desaku, berkat bisa bermacam macam, bahkan bisa dapat kue juga. Tapi, kalau di tempat bapak biasanya hanya nasi yang dibungkus pakai bungkus nasi lalu dilengkapi dengan lauk seperti serondeng, ayam goreng, atau tempe dan tahu yang sudah diolah. Kemudian, di atasnya diberi cemilan berupa kerupuk, rempeyek, atau krecek matang. Tak jarang juga kadang dikasih telur rebus atau mentah beberapa butir.
Kalau sumbangannya banyak, kadang dilengkapi juga dengan bahan pangan seperti beras, mie keriting, atau tempe mentah.
Beda dengan tempat atau desa yang lain. Biasanya emakku mendapatkan berkat yang beragam seperti cemilan yang harganya puluhan ribu, teh botol, bahkan roti rotian.
Makanya malam itu cukup asyik karena ditemai oleh berkat yang bisa dikatakan mewah bagi kami.😄
.
Disini ada dua jenis macam hajatan yaitu ewuh atau cilen.
Kalau ewuh, biasanya kita bisa menyumbang berupa uang. Tapi kalau cilen tidak ada penerimaan uang kecuali diberi langsung kepada pengantin sebelum ijab kabul.
Kalau ada yang ewuh, tamu tamu yang datang bisa laki laki dan perempuan karena laki laki biasanya akan menyumbang berupa uang.
Tapi kalau hanya hajatan cilen, laki laki hanya akan datang ketika tahlilan dan beberapa orang tetangga yang bekerja sama di tempat itu. Tapi, perempuan tetep bisa nyumbang berupa bahan pangan.
Apakah hajatan macam ini juga ada di tempatmu?
.
👨🏻Besok kamu jadi ke Tulakan nggak?
Tanya bapak kepadaku saat masih asyik ngemil bersama.
👲🏻Ya jadi lah. Nanti kalau lama lama ditinggal malah banyak tikus.
Jawabku dengan yakin.
👨🏻Jam berapa?
👲🏻Emm... Belum tau sih. Entah besok pagi atau siang.
👨🏻Ya udah, besok aku mau ke pasar nanti langsung kesana.
👲🏻Jadi ikut kesana?
👨🏻Ya jadi lah. Emang kenapa?
👲🏻Ya nggak apa apa sih. Mamak ikut?
🙎🏻♀️Ngapain?
Sahut ibuku.
👲🏻Hah.. udahlah.. tau aku jawabannya.😒
👨🏻😄
🙎🏻♀️😒
.
Sebelum dilanjut, sekedar pemberitahuan sedikit bahwa emoji yang ku pakai adalah bawaan dari Gboard. Kemungkinan ada beberapa jenis dan merk hp yang akan menampilkan emoji berbeda.
KAMU SEDANG MEMBACA
DUA NAMA S3
RandomSebuah cerita kehidupan yang mengisahkan antara dua orang yang memiliki nama yang mirip dengan nama panggilan yang sama, Dua lelaki ini memiliki rasa saling suka dan menjalani hidup sebagai Bos dengan karyawan yang saling jatuh cinta. jika kamu ing...