Rasa 35

134 16 8
                                    

Bab ini dipublikasikan pada 6 Agustus 2023.

🔸
🔸
🔸

PAKDE TUMBANG

🔸
🔸
🔸

Minggu pagi pun tiba.  Aku dibangunkan oleh bapak sekitar jam 5 ketika langit masih gelap.  Aku tidur sendiri di dalam kamarku karena pakde lebih memilih tidur di depan tv sambil bersama si kucing.

Kalau ada yang tidur di kasur depan tv, kucing kucing yang ada dirumah itu pasti menemani sampai pagi, entah cuma di tepi atau ikut ikutan nempel di selimut.

Sejak kecil, kucing disini sudah dilarang keras untuk masuk ke dalam kamar.  Jika nekat masuk, maka kita tidak segan segan untuk mengusir dengan cara yang agak kasar supaya paham dan tidak kebiasaan masuk ke kamar.

Mamakku bener bener kapok mengizinkan kucing masuk ke kamar karena dulu pernah ada yang muntah cacing pita dan mencret di beberapa tempat di dalam kamar.

🔸

Pagi itu aku dibangunkan bapak kok tumben tumbenan dia membangunkan aku dan masuk ke kamar.  Cara banguninnya juga berbeda dan lebih halus.  Biasanya menyingkap selimut, menggelitik, bahkan menutup mukaku pakai bantal.

👨🏻🔸Gus.. bangun..

Ucapnya agak pelan.

Tanpa menunggu dia mengulangi, Akupun langsung membuka mata dan duduk.

👨🏻🔸Pakde mu badannya anget.  Kamu panggil Makde ya.

Ucap bapak lagi.  Aku sedikit kaget mendengarnya dan membuka mata dengan paksa.

👲🏻🔸😳

👨🏻🔸Melek dulu..
👨🏻🔸Soalnya kalau di telpon takutnya dia kaget terus tergesa gesa kesininya.

Akupun segera mencuci muka dan shalat subuh dulu, barulah aku menuju ke rumah Makde.

Tapi, sebelum itu aku juga melihat kondisi pakde dulu dan memang badannya agak anget.  Kepalanya pusing dan bahkan mau duduk saja tidak kuat.  Ia juga menggigil kedinginan sampai dilapisi selimut dua kali.

Duh..

Kok jadi kayak gini ya?  Padahal walaupun dalam keadaan kaget, tadi malam dia masih ketawa tawa dan bercanda sampai larut malam.  Bahkan saat mamakku pulang dan membeli makanan, dia juga ikut makan.

Karakter badan pakde memang beda tipis tipis sama bapak yang mudah down.  Bahkan sifat itu juga turun ke aku.  Makanya aku sangat berhati hati kalau soal kayak gini.  Kalau kepikiran dan larut, aku biasanya akan terpengaruh dan membuat badan jadi melemah.

Aku juga merasa bersalah tadi malam.  Kenapa aku membiarkan pakde tidur sendiri disini?

Rencana awalnya kan aku memang mengajak dia tidur di kamarku.  Tapi karena mengantuk, aku masuk ke kamar duluan dan tidur.  Aku nggak tau kalau pakde memilih tidur disini.  Kalau aku tau, pasti akan ku susul kesitu karena biar ada temannya.

🔸

Sesampainya dirumah Makde, dia sedang beres beres dan bercakap dengan pak imam yang ternyata pulang sendirian saja.  Anak istrinya tidak ikut.

Akupun menemui pak imam terlebih dahulu baru membicarakan soal pakde ke istrinya saat dia di dapur.

Pertama kali aku sampai, dia udah menanyakan mana pakde.  Tapi aku menjawabnya masih ada dirumahku.  Aku kesini duluan karena pengen ketemu sama pak Imam.

👲🏻🔸Mak..
👲🏻🔸Pakde badannya lagi nggak enak di rumah bapak.

Ucapku sambil berjalan menuju ke arah Makde dan pak Imam saat mereka di dapur.

DUA NAMA S3Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang