72. Final Chapter

485 57 6
                                    

Baru dua surat yang ia baca tapi air mata sudah membasahi wajahnya. Yohan sangat tersentuh kala membaca surat dari Elvan. Anaknya yang itu memang tidak terbiasa mengungkapkan atau menunjukkan kasih sayangnya lewat kata-kata ia lebih sering menunjukkannya secara langsung daripada mengatakannya.

Yohan kembali membuka surat yang ketiga,

'Untuk papa-bro

Halo pah-bro, heheheh. Aduh ini sebenernya gue bingung mau nulis apa tapi yaudahlah seadanya di pikiran aja ya pap.

Pah, jev cuma mau bilang makasih sama papa, makasih udah ngerawat jaevan dengan sangat baik, kita emang gak bisa milih untuk lahir dari siapa dan jadi anak siapa, tapi karena jadi anak papa jaevan bersyukur sekali dan akan selalu mau jadi anak papa. Meskipun, harus ngulang luka yang sama lagi kayak gini, asalkan itu sama papa jaevan mau. Jaevan mau asal lahir di keluarga ini lagi, punya papa, dan punya adik-adik kayak sekarang.

Papa mungkin jev enggak kayak anak-anak lain yang gampang bikin orang tuanya bangga, mungkin jev sering bikin onar, begajulan, ngomong asal jeplak , jev minta maaf ya pah kalo jev selalu bikin papa kesel atau bahkan mungkin malu sama kelakuan diluar nalar jaevan. Tapi jaevan janji masih punya batas kok pah, kalo nongkrong juga paling banter minum pop es taro pah, gak pernah main cewek juga, kalo jev dikenal buaya, fuckboy ya gimana ya orang banyak yang ngajak kenalan masa jev sombong? Tapi jev berani sumpah jev gak bakalan ngerusak anak gadis orang. Jev janji gak bakalan bikin papa, aa, sama adik-adik malu punya sodara kayak jaevan. Jev tau papa percaya banget sama jaevan dan sodara yang lain, makanya jev juga gak bakalan rusak kepercayaan papa.

Jev beruntung banget pah lahir di keluarga ini, jev beruntung banget dulu milih untuk ikut papa, padahal dulu jaevan sayang banget sama mama tapi ternyata sayangnya jaevan gak berbalas awokaoakak. Pah setelah kejadian kemarin tolong jangan minta jaevan buat cepet-cepet maafin kesalahan mama ya pah? Bahkan kalau jaevan dikasih kesempatan jaevan mau banget ngeluapin semua unek-unek jaevan ke dia. Papa gak usah khawatir, jaevan pasti maafin mama tapi jev perlu waktu pah. Jatah fisioterapi aja masih sisa 1 gimana mau maafin sekarang? Hehehe.

Papa, doain jaevan terus ya, biar jaevan selalu sehat dan selalu dijalan yang benar dan bisa banggain papa, bisa bahagiain papa. Biar jaevan punya bahu sekuat dan sekokoh papa, biar jaevan punya stok sabar yang luas banget seluas punya papa, biar jaevan punya rasa kasih sayang yang dalem banget kayak papa. Kalau ditanya siapa yang jadi panutan hidup jaevan, udah pasti jev bakal jawab papa. Jaevan beruntung banget bisa di didik sama papa. Jaevan beruntung banget bisa tumbuh dengan didikan papa.

Papa, sehat selalu ya, panjang umur, bahagia selalu. Inget ya pah, when everything seems so hard to bear, just lay on me. Mungkin bahu jaevan belum sekuat dan selebar bahu papa, tapi jaevan akan usahain papa gak akan ngerasa capek lagi kalo udah nyender di jaevan.

I love you papa, in the past, present, future, and another world.

Salam,

Jaevan Jeflar Danuarta.

Notes: Ngopi yuk pah? Ya kali egx kuy?!!


Yohan terkekeh sekaligus menangis membaca surat dari Jaevan. Matanya kini sudah mulai sembab dan sedikit bengkak karena menangis sejak tadi. Ia sering dibuat menangis haru oleh keempat anaknya itu. Ia bahkan tidak pernah sekalipun dibuat menangis karena kelakuan nakal atau tercela anak-anaknya. Masih ada satu surat yang tersisa, hanya surat dari si sulung Azri yang belum ia baca.

'Untuk Papa

Pah, sebagai anak yang paling tua azri juga jadi anak yang paling duluan dan paling lama kenal papa. Jadi saat azri bilang azri bangga banget punya papa kayak papa yohan ini, itu bukan sekedar menghargai orang tua aja, tapi karena
Azri emang betul-betul tau apa yang azri omongin.

Our greatest World: PapaTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang