Strange

12 3 0
                                    

Judul: Strange
Penulis : Kazhaxx
Genre: Short Story
Jumlah Part : 41 Part
Status: On going
Blurb: adam belum pernah merasakan jatuh cinta terpaksa melewati masa sma nya dengan seorang hantu

Akankah adam akan menemukan first lovenya?

Link: https://my.w.tt/UiNb/KDW0K5z9bI

Review cerita :

- Plot
Cerita ini menggunakan alur maju. Tersusun rapi namun belum tergambar jelas dan masih mengandung banyak misteri di balik kematian Ruth.

Alurnya berjalan lambat tapi terasa terburu-buru. Misalkan adegan awal, untuk kejadian satu hari itu menghabiskan sekitar 15 chapter. Tapi dalam setiap chapter seakan diporsir untuk menghabiskan adegan dalam satu chapter yang panjangnya hanya 200-500 kata.

Ada beberapa adegan humor yang secara alamiah dapat membuat pembaca, tapi terkadang juga agak dipaksakan agar adegannya lucu. Jatuhnya agak garing.

- Karakter
Karakter Ruth digambarkan dengan cukup unik, ia bukan manusia namun hantu yang masih mempunyai keinginan di dunia. Namun agak sedikit kurang jelas, Ruth seperti seumuran dengan Adam, namun wataknya digambarkan seperti anak kecil, karena banyak adegan Ruth yang merengek serta terlihat manja seperti anak kecil. Jadi, sedikit kurang paham, Ruth ini sebagai hantu anak-anak atau remaja seumuran Adam. Selain itu, Ruth sebagai hantu juga tidak tergambarkan dengan baik. Satu-satunya indikasi Ruth hantu adalah dia gak kelihatan di depan orang lain. Itu pun hingga saat ini, belum ada adegan yang membuktikan bahwa Ruth benar-benar tidak terlihat. Hanya sebatas presepsi Adam.

Katakter Adam sebenarnya cukup memikat, apalagi dalam cerita ini menggunakan POV Adam. Sayangnya terasa agak labil, baru sedetik ini dia menolak, berikutnya langsung luluh. Atau cowok emang gitu ya? Entahlah.

- Latar
Latar di sini digambarkan dengan jelas. Namun sedikit monoton jika latar terus-terusan di rumah, ada baiknya jika penulis pemperluas penggambaran latar.

Untuk pergeseran waktu juga masih kurang terasa. Misalkan yang adegan setelah Ruth pesan baju secara online. Chapter berikutnya bajunya sudah ada dan itu sudah beberapa hari kemudian. Tapi feel ceritanya masih seperti berada dalam adegan yang sama.

- Diksi dan EBI
Penggunaan diksi dalam cerita dituliskan degan sangat ringan, dan terselip sedikit kata-kata masa kini yang mengundang gelak tawa bagi pembaca.

Untuk EBI, kesalahan kepenulisan sangat banyak berceceran di mana-mana. Walaupun ceritanya dengan bahasa kekinian. Tapi EBI juga satu hal yang harus diperhatikan. Jika memang belum terlalu paham, bisa sambil membaca beberapa tata cara kepenulisan dan belajar secara otodidak. Sekarang sumber informasi untuk belajar sudah sangat banyak, di wattpad sendiri pun banyak work tentang tata cara kepenulisan. Atau jika senggang bisa mengikuti grup kepenulisan yang berjamuran di wattpad.

- Kesan Pribadi sebagai Pembaca

Kelebihan :
Ide ceritanya terbilang unik dan diksinya sangat ringan. Sangat cocok dibaca sama remaja kekinian yang tidak berpokus pada EBI dalam membaca. Ada beberapa misteri yang lumayan membuat pembaca penasaran. Serta ada unsur humornya.

Kekurangan :
- Yang paling menonjol dalam cerita ini adalah kesalahan dalam EBI. Tidak bisa dipungkiri, beberapa pembaca akan menjadikan hal ini sebagai patokan dalam memilih suatu bacaan.

- Mungkin untuk tokoh Adam, kurang pas jika digambarkan seperti cast orang korea. Nama Syahrul Adam Surya, sepertinya lebih cocok jika diberi cast dari Turki atau timur tengah.

- Pada awal pengenalan cerita, Adam sudah digambarkan sebagai ketua kelas. Tetapi tidak ada sedikitpun adegan Adam menjadi ketua kelas.

Saran :
- Untuk ukuran Short Story, mungkin partnya terlalu banyak. Saran saya, lebih baik partnya dikurangi tetapi dalam satu part itu ditambah wordnya.

- Karena ini Short Story tapi partnya terlalu banyak, menurut saya lebih pas jika genre di ganti ke Humor. Karena banyak juga adegan lucu yang mampu membuat pembaca tertawa.

- Banyak-banyak belajar tentang EBI, tidak harus langsung sempurna. Pelan-pelan saja, sambil menulis sambil belajar.

Quote dari cerita : -

Rate (1-5 bintang) : 3 Bintang

The Rebel's ReviewTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang