The Secret Wizards : 4 elements (The Secret Wizards Season 1)

37 5 1
                                    

Judul : The Secret Wizards : 4 elements (The Secret Wizards Season 1)

Penulis : Dimas Pettigrew

Genre : fantasy

Jumlah part : prolog + 20 part

Status : selesai

Blurb: Setelah kematian kedua orangtua mereka, Damian Blake dan Nick Blake pindah ke Bandung, Indonesia, untuk memulai awal yang baru. Kehidupan mereka mulai berubah ketika menyadari bahwa mereka adalah penyihir. Dengan bantuan teman-teman mereka sesama penyihir, mereka harus mengatasi beberapa ancaman yang akan membahayakan dunia.

Link: https://my.w.tt/UiNb/afdJcGlJIJ

Review cerita:

- Plot: Plot yang dibawakan terkesan misterius dan dibagi dengan cukup baik. Setiap part memiliki sesuatu yang membuat pembaca penasaran dengan kejadian-kejadian yang ada di dalamnya.

Namun sayangnya, ada beberapa plot yang terkesan terlalu gampang. Seperti saat akhirnya Nick dan Damian mendapatkan tempat baru, sekolah baru, yang menurut saya bisa lebih dibuat lebih kompleks agar makin menarik.

- Karakter:

Karakter dalam cerita disajikan dengan cukup apik dalam bentuk dialog-dialog tokoh. Apalagi bagi para pemeran utama. Hanya saja kurang dijelaskan seperti apa perawakannya dan emosinya pada suatu kejadian.

Yang paling aku tangkap adalah tokoh Nick dan Demian. Dia mempunyai seorang adik bernama Demian. Menurut yang aku baca, Nick adalah pria yang suka melanggar aturan. Dan Demian adalah pria yang memiliki rasa ingin tahu yang cukup tinggi meski pun belum terlihat jelas.

- Latar:

• Latar suasana, keadaan-keadaan yang terjadi juga digambarkan begitu detail sehingga pembaca bisa merasakan suasana yang diciptakan penulis. Saat rumah Nick dan Demian kebakaran, serta kedua orang tuanya meninggal, saya mendapatkan feel-nya.

• Latar tempat, penulis cukup mampu merangkainya dengan baik. Tetapi masih perlu diperjelas lagi. Lebih detail. Karena ini fantasi, latar tempat sangat penting sehingga pembaca bisa membayangkan dan ikut berpetualang di dunia yang kamu ciptakan.

• Latar waktu, saya menyukai perubahan waktunya. Walaupun cepat berganti, tapi model pergantian latar waktunya terkesan unik dan berbeda dari yang lain.

- Diksi dan EBI:

Jujur saja, diksi dalam cerita ini terbilang kurang menarik dan terkesan biasa saja. Apalagi cerita fantasi memerlukan diksi yang menarik untuk membuatnya terksesan nyata.

Untuk EBI, penggunaan tanda titik dan koma belum tepat. Ada beberapa kalimat harusnya titik malah memakai koma, serta beberapa typo. Tapi secara keseluruhan, penulisannya sudah rapi. Tanda baca, dialog tag, maupun elipsisnya sangat rapi dan benar.

- Kesan Pribadi sebagai Pembaca:

Cerita ini adalah cerita bergenre fantasi yang pertama saya baca, karena jujur saya kurang berminat membaca cerita bergenre fantasi, tapi cerita ini sukses membuat saya tertarik. Saya suka dari awal baca blurb. Namun, diksi prolognya sepertinya harus diperbaiki karena kurang efektif. Prolog itu harus lebih menarik.

Kelebihan :

- Alur cerita tersusun rapi dan mudah dipahami. Penulis mampu membuat pembaca penasaran akan kelanjutan kisahnya.

- Diksi dan penggunaan EBI sudah sesuai.

- Cerita yang ringan untuk genre fantasi.

- Dialog antar tokoh sangat enak untuk dicerna. Sesuai dengan tindakannya.

- Minim typo, sehingga pembaca tidak perlu takut sakit mata karena melihat typo yang bertebaran.

- Terlihat jelas bahwa penulis sudah mempelajari cara penulisan yang benar.

Kekurangan :

- Terlalu banyak dialog dan narasinya kurang 'sreg' dan 'wah' untuk novel fantasi.

- Kurang bermain diksi sehingga terkesan biasa saja, membosankan. Harusnya cerita fantasi itu harus mampu membuat pembaca terombang-ambing dengan setiap kalimat yang kita buat.

- Masih ada beberapa typo dan kesalahan tanda baca.

- Saran:

▶️Kurangi dialog dan perbanyak narasi. Narasi sangat penting dalam genre fantasi. Imajinasi penulis ditentukan dalam kalimatnya yang 'menyihir'.

▶️Perdalam setiap masalah, atau hal-hal dalam cerita. Hal itu bisa saja membuat cerita tanpa disadari makin menarik.

▶️ Lebih teliti lagi dalam menulis, tulisannya memang sudah rapi dan baik, hanya saja masih ada satu atau dua kata yang kurang teliti.

▶️Banyak baca buku. Terutama buku/novel yang bergenre fantasy.

- Quote dari cerita : Nick, kalau kamu ini benar penyihir, seharusnya kamu tidak ikut-ikutan curang meski lawanmu itu benar-benar licik. Kamu memang tidak sportif untuk memenangkan pertandingan. Ternyata aku salah menilaimu. Kamu benar-benar orang aneh!

Rate (1-5 bintang) : 3

The Rebel's ReviewTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang