Judul : Ice Cream
Penulis : Yvette_Celia
Genre: teenfiction
Jumlah Part : 7 part
Status : on going
Blurb/sinopsis singkat:
sebuah perasaan cinta yang terpendam hingga menimbulkan luka. tak bisa diucapkan, hanya bisa disimpan dalam diam.
Link cerita : https://my.w.tt/UiNb/cEj6d6ialJ
Review cerita:
- Plot:
Menurut saya plot yang dibawakan tidak bertele-tele, dan dibawakan dengan rapi. Hanya saja, tampak terkesan monoton dengan keseharian pemeran utama yang itu-itu saja, walau sudah menampilkan beberapa masalah yang mulai muncul satu persatu, hanya saja masih terasa ringan. Padahal awal baca saya mengira ceritanya akan lumayan kompleks, mengjngat kedua pemeran utama terdapat perbedaan keyakinan.
Plot yang dibawakan cenderung sangat ringan bagi genre teen fiction. Karena memang tertuju pada hal-hal yang berbau-bau keseharian remaja.
Terdapat penulisan tanggal pada setiap chapter yang cukup membantu untuk pembaca memahami situasi.
- Karakter:
Karena menggunakan POV pertama (Angel), penulisan karakternya sudah lumayan kuat. Karakter terlihat dari ekspresi dan tindakan dilakukan tokoh dalam narasi.
Tapi sayangnya hal itu hanya berlaku pada karakter Angel, untuk karakter lain masih terasa kurang. Apalagi dalam ceritanya terlalu berfokus pada Angel dan pikirannya. Sehingga karakter lain hanya sekadar nama.
- Latar:
Latar tempat dan waktu cukup bagus. Dengan penambahan tanggal, sehingga pembaca menjadi lebih paham.
Untuk suasananya masih terasa kurang, karena dalam bercerita Angel termasuk terlalu fokus terhadap apa yang dia rasakan.
- Diksi dan EBI:
Jujur saja, diksi dalam cerita ini terbilang kurang. Sehinga tidak terlalu memainkan perasaan pembaca. Terlalu banyak narasi yang terkesan bertele-tele dan maaf lumayan membosankan.
Untuk EBI sebenarnya sudah lumayan bagus, hanya ada beberapa kesalahan dalam kata kepemilikan, yang memberi kesan kalimatnya bertele-tele. Juga ada lumayan banyak typo.
- Kesan Pribadi sebagai Pembaca:
Ceritanya menarik. Apalagi di tulis dengan rapi dan bahasa yang enak. Perpaduan antara baku dan tidak baku.
Kelebihan :
-Cerita yang ringan untuk genre teen fiction
-Adegan antara 2 pemeran utama yang sweet (ala-ala anak SMA)
-Penulis sepertinya memahami tentang kaidah kepenulisan sehingga saya sebagai pembaca lebih paham dan nyaman untuk membaca. Terutama dalam penulisan dialog tag.
Kekurangan :
-Kurang dalam bermain diksi
-Kesalahan dalam penulisan tanda baca.
-POV yang terlalu self centered, hanya berfokus pada dirinya dan Raffa, yang lain cuma remah-remah.
- Saran:
Cobalah untuk bermain lebih dalam dengan diksi. Jangan takut untuk menggunakan kata-kata yang jarang digunakan. Asalkan masih dalam dosisnya, pasti akan memunculkan narasi yang menarik.
terus belajar jangan pernah berhenti. Pelajari terus kaidah kepenulisan dan aplikasikan langsung dalam tulisan agar tidak lupa.
- Quote dari cerita : Aku takut kehilangan kamu lagi.
Rate (1-5 bintang) : 2.5 / 5
KAMU SEDANG MEMBACA
The Rebel's Review
RandomYuk intip, barangkali cerita kamu yang kami review^^ Peraturannya : Mental harus kuat. Jangan sakit hati jika hasil review-annya jelek. Jadikan motivasi agar karya kalian lebih baik ya.