Slandernemy

9 2 0
                                    

Judul : Slandernemy

Penulis : Rizqans

Genre: Teenfiction

Jumlah Part : 5

Status : On Going

Blurb :

Perubahan dratis sikap Rainy 180 derajat membuat semuanya kacau. Lebur sempurna.

"Gua gak sudi liat muka lo di rumah ini!"

•Rainy Ancarelletta•

[Berjuang atau menyerah?]

"Bahagiamu juga bahagiaku. Walaupun kita tak bersama lagi. Tapi setidaknya hati kita tetap bersatu."

•Sunny Anandriyana•

Hati ini, detik ini, sang hujanlah yang menjadi saksi!

Sosok Argit yang penyayang kini tak berkutik karena darah segar yang tercecer itu telah menuding hingga menjalar serta menendang Sunny jauh-jauh dari kehidupannya. Terpisah.

Danny, juga tidak bisa mengelak. Ia sudah termakan janji. Janji yang membuat Sunny terluka apabila ia ingkari.

Mampukah semuanya mengembalikan sikap Rainy hingga semuanya menjadi lebih baik? Juga mengetahui sikap dibalik sosok darah segar itu?

Link cerita: https://my.w.tt/UiNb/kYlYBKEP7I

Review cerita:

- Plot:

Sejauh dari yang aku baca, plotnya menurutku belum terlalu jelas gimana jalan ceritanya. Mungkin karena masih bagian-bagian awal cerita.

Cerita ini menggunakan alur maju dan mundur. Pada part pertama ia menceritakan Sunny yang lagi berada di lapangan. Dan bertemu dengan sosok lelaki yang sangat dicintainya. Dan di part 2 flashback ke masa dimana Rainy dan Sunny yang dibacakan dongeng oleh Argit.

- Karakter:

Karakter dalam cerita sangat mudah dipahami. Misalnya karakter Sunny, yang penyayang dan sabar.

Suka sama sifat Rainy dan Sunny mereka berdua kembar dengan sifat yang bertolak belakang. Sunny yang penyabar dan Rainy yang bertindak sesuka hatinya. Sikap Rainy dalam cerita ini sepertinya lebih menonjol. Sedangkan sifat tokoh dari Danny belum ditonjolkan.

- Latar:

Latar pada cerita ini sudah bagus karena digambarkan dengan jelas. Untuk suasananya pun pembaca sudah bisa ikut merasakannya.

- Diksi dan EBI:

Diksi sudah bagus. Namun masih dapat dijumpai kesalahan pada EBI. Dialog dan dialog tag dan elipsisnya tolong diperbaiki ya, karena masih banyak yang salah. Beberapa di antaranya sebagai berikut :

1. ".... hati kita tetap bersatu(,)" lanjut Sunny

2. ".... yang sudah kita buat?" (N)ada bicaranta seolah mengancam.

Itu dua di antara beberapa kesalahan dialog dan dialog tag yang aku temukan. Yang lain tolong diperbaiki lagi.

Dan elipsisnya salah satunya yang ini, "Aku rela kamu bahagia .... dengannya"

Dan kata 'Cewek itu' sebaiknya digangi dengan 'gadis itu' karena kurang enak dibaca bagi para pembaca.

- Kesan Pribadi sebagai Pembaca:

Ceritanya bagus dan penjabarannya jelas. Ceritanya juga banyak memberi kita pelajaran. Aku suka banget sama kata-kata yang ada di dalamnya.

Kesannya aku suka sama narasi yang dibuat. Menggambarkan atau mengibaratkan alam dan lingkungan sekitar menurutku tidak membuat bosan dalam membaca.

Kelebihan :

Ceritanya menarik dan cara narasi yang dibuat cukup bagus dan menarik untuk dibaca. Karakter tokoh Sunny dan Rainy sudah cukup membekas pada pembaca.

Kekurangan :

Menurut aku sendiri ya. Penjabaran yang diberikan oleh author terlalu jelas dan panjang. Membuat pembaca cepat bosan. Itu aja sih, tapi ceritanya tetep bagus kok.

Ada kesalahan pada penulisan dialog, dialog tag dan elipsis.

- Saran:

Mungkin, buat cerita yang lebih greget dan pejabarannya tidak usah terlalu detail dan berbelit-belit.

Tolong bedakan kembali saat memakai dialog dan dialog tag. Karena masih banyak kesalahan yang aku temukan, begitu juga dengan elipsisnya. Dan kalau bisa dialog dan narasinya diseimbangkan untuk membuat ceritanya lebih hidup.

- Quote dari cerita :

Banyak banget. Aku ngambil satu yang menurutku bagus.

"Tanamlah jiwa kaktus di dalam tubuhmu, kau akan kukuh saat menatapku dengannya. Setidaknya ada air yang menetralisir sekaligus penyejuk tubuhmu dalam kegersangan yang menyambar hati."

"Bahagiamu juga bagian dari bahagiaku. Walaupun kita tak bersama lagi. Setidaknya hati kita tetap bersatu."

Rate (1-5 bintang) : 3

The Rebel's ReviewTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang