Judul : Secretary and Perfect CEO
Penulis : kimhye15
Genre: romace
Jumlah Part : 26 part (termasuk promosi dan cuap-cuap penulis)
Status : Tamat
Link: https://my.w.tt/UiNb/gPKgHUUd4G
Review cerita :
🍃Plot
Banyak banget plot hole di ceritanya, apalagi tentang pekerjaan Sheila dan Leo. Memilih sekertaris tidak semudah itu, marketing saja prosesnya bisa belibet apalagi sekertaris untuk petinggi perusahaan? Soalnya mereka bakalan megang beberapa file penting yang tidak semua orang bisa tahu. Tapi pas baca part maaf, saya sedikit paham soalnya penulis masih berstatus SMP. Mungkin untuk pas direvisi ceritanya atau membuat projek berikutnya harus memperbanyak cari tahu tentang apa yang bakalan kamu tulis.
Ceritanya juga agak mutar-mutar, mungkin terlalu banyak POV yang digunakan.
🍃Karakter
Kedua karakter utama tidak terlalu kuat. Saya cuma dapat kesan mereka agak lebay. Leo sebagai petinggi perusahaan tidak masuk kantor hanya karena jawaban Sheila yang tidak sesuai apa yang dia harapkan. Menurut saya itu sangat tidak bertanggung jawab, mana itu baru di hari kedua dia masuk kerja. Apalagi pakai acara kabur ke Jerman. Karakter Shaila juga digambarkan terlalu kekanak-kanankan, apalagi untuk first impression ke atasan, dan juga maaf sedikit gampangan.
Dan yg membuat karakter semakin tidak terbaca adalah, keseringannya penulis mengganti POV pada satu part.
🍃Latar
✔Latar tempat
Untuk bagian penggunaan latar memang agak nekat ya, mengambil latar Jerman (pada beberapa part) menurut saya pribadi, penggambaran latar ketika karakter sedang berada di Negara ini, kurang mendefinisi. Penulis hanya menyebutkan karakter sedang berada di tempat ini, tanpa mau repot-repot menjelaskan bagaimana suasana latar tsb. Intinya sih, kurang pendeskripsian yang menyebabkan latar cerita menjadi sangat umum.
✔Latar waktu
Saya menemukan beberapa penulisan dan penyebutan waktu dalam cerita kurang efektif. Seperti penulisan :
Ketika pagi, author hanya menulis "Pagi harinya" Lalu paragraf baru yg isinya blabla.
Sata temui tidak hanya sekali, beberapa kali saya mendapati penulisan yg seperti itu.
Akan lebih efektif jika diganti menjadi 👇
Sheila membuka matanya pelan. Merasakan seberkas sinar mentari menyapanya malu-malu melalui celah ventilasi jendela kamarnya. (Pembaca akan mengerti kok, kalau ini adalah pagi hari).
🍃Diksi dan EBI
✔Pemilihan diksinya mungkin agak sedikit umum, tapi justru itu mungkin yang membuat cerita ini banyak pembaca (di luar judulnya yang emang trigger yang bisa menarik pembaca). Kalo soal EBI masih banyak kekurangan. It's okay sebenarnya masih bisa direvisi setidaknya penulis bisa menyelesaikan ceritanya sampai tamat. ✔Beberapa penempatan kapital kurang yang tepat. Seperti pada part-part awal, saya menemukan kapital diletakkan setelah tanda koma. Seharusnya kapital digunakan setelah tanda titik.
🍃Kesan Pribadi sabagai Pembaca
✔Jujur saya kurang menikmati ceritanya, saya terlalu banyak bertanya-tanya dalam membaca, ini kok bisa gini dan lain sebagainya. Hal ini membuat saya kurang fokus ke inti cerita. Saran saya, kenapa tidak menulis cerita yang setidaknya settingnya sudah kamu tahu. Yang sesuai dengan usia penulisnya. Mungkin dengan begitu dapat mengurangi hole dalam cerita.
✔Beberapa hal yang sangat mengganggu saat membaca adalah adanya author yg muncul di tengah-tengah cerita. Seperti saat membaca narasi, saya menemukan note author yg secara ga langung author memasukkan karakternya meski agak memaksa ke dalam cerita.
🍃Kelebihan
Menyingkirkan fakta bahwa penulis yang masih sangat belia, sejauh saya membaca dapat terlihat mengalami peningkatan dalam segi penulisan dalam setiap partnya. Penulisnya juga mengimpetasikan beberapa kritik dan saran yang membangun dari pembacanya.
🍃Kekurangan
Kelihatan sekali, penulis membuat ceritanya hanya mengikuti trend saat ini. Tidak berdasarkan pengalaman ataupun riset pribadi. Saya tidak menemukan kematangan yg disuguhkan dalam cerita ini. Banyak kekeliruan yg membuat alis saya mengerut.
🍃Saran
Menambah intensitas membaca. Dan tetaplah menggiati literasi, jangan berhenti menyukainya.
Usahakan, sebelum menulis melakukan riset sbg pendahuluan.
🍃Quote dari cerita : "Jalani hidup dengan tenang sampai maksimal, karena hidup itu cuma sekali, lakukan semuanya dengan sebaik-baiknya. " [Ending]
🍃Rate (1-5 Bintang) : 2,5 Bintang
KAMU SEDANG MEMBACA
The Rebel's Review
De TodoYuk intip, barangkali cerita kamu yang kami review^^ Peraturannya : Mental harus kuat. Jangan sakit hati jika hasil review-annya jelek. Jadikan motivasi agar karya kalian lebih baik ya.