I Love You

19 5 0
                                    

Judul : I LOVE YOU

Penulis : PenaAnisa

Genre: Fanfict

Jumlah Part : 18 part

Status : on going

Blurb/sinopsis singkat:

Mila adalah seorang gadis cantik, dan pintar.

Mila lebih senang menggunakan kacamata ketika ia sedang berada di sekolah, itu kebiasaanya sejak ia duduk di bangku sekolah dasar.

Kevin adalah seorang pria pemalas, dan terkadang ia juga selalu bangun pada siang hari, alhasil ia selalu terlambat pergi kesekolah. Ia juga tipikal orang yang sangat asik dan kocak.

Perlahan-lahan kevin mulai dekat dengan seseorang.

Apa reaksi kevin ketika mengetahui sebuah kebenaran itu ??

Link cerita : https://my.w.tt/UiNb/aC8P3ZrXCH

Review cerita ala kamu:

- Plot :

🔘Pemaparan penulis dalam awal cerita cukup baik, hanya saja alurnya terlalu bertele-tele.

🔘Terdapat beberapa plothole dalam cerita, misalnya:

🔰Kenzo—adiknya Mila—waktu ditanya kenapa tidak kerja kelompok di sekolah saja. Dia jawab karena Alexnya tidak masuk sekolah. Terus waktu sampe rumah Alex, ibu Nancy bilang, Alex tidak masuk sekolah karena kakaknya sakit (Kevin). Nah, ceritanyakan Kevin kecelakaan dari kemarinnya, berarti Alex baru tidak masuk sekolah hari itu. Padahal, Kenzo sudah minta diantar sejak kemarinnya.

🔰Adegan saat Kevin mengantar Mila untuk jemput Kenzo (part 9). Bukannya dari sebelumnya Mila udah tau Kevin itu kakaknya Alex (adegan Mila disuruh bawain martabak) tapi disitu seakan dia gak tau kalau Kevin dan Alex bersaudara.

🔰Adegan Prilly ngantuk di kelas, lalu Mila menebak gara-gara diajak Ali malam minggu kemaleman. Bukannya hari itu seharusnya hari Minggu ya? Tidak sekolah. Walaupun, kita anggap itu hari senin. Keknya agak tidak masuk akal, dia ngapain aja malmingnya, sampai ngantuk dua hari?

🔘Ada beberapa adegan yang hilang. Misalkan:

🔰Tidak ada adegan saat Mila tahu yang harus dia bawain martabak. Keknya lebih bagus adegan itu, soalnya pertama dia gak tahu ibu Nancy itu ibunya Kevin. Kedua kebetulan banget, kenapa adiknya harus sekelompok sama adiknya Kevin.

🔘Terdapat penggambaran yang tidak realistis. Seperti tokoh utama berlarian di perpustakaan yang harusnya hening. Lalu penjaga perpustakaan tidak menegurnya.

- Karakter :

🔘Saya menyukai karakter Kenzo yang kadang usil terhadap kakaknya, karakter Mila yang baik, penyayang, dan lemah lembut serta Kevin yang kadang menyebalkan, sengak, badboy, dan terkadang tepramen. Ada beberapa karakter yang terkesan plin-plan, salah satunya karakter Kevin, kadang tegas, kadang dewasa, dan kadang emosian.

🔘Kadang penulis tidak konsisten dalam menggambarkan karakternya. Misalnya Mila yang dijelaskan bersuara lemah lembut sehingga sulit membangunkan Kevin dari tidurnya. Namun, terdapat bagian Mila berteriak kepada adiknya.

🔘Penggambaran fisik pada tokoh tidak begitu dijelaskan. Untung saja cerita ini fan fiction, sehingga tanpa adanya gambaran dari author, pembaca sudah punya gambaran tersendiri.

- Latar :

Latar tempat sudah digambarkan jelas dan cukup logis. Di mana kejadian pada cerita itu berada. Namun, untuk suasana pembaca masih kurang bisa merasakan suasana di cerita ini.

- Diksi dan EBI :

Diksinya lumayan baik dan cukup bervariasi, hanya saja ada beberapa EBI yang kurang tepat. Terutama pada dua part pertama. Contohnya:

🔘Tidak ada penggunaan tanda baca setelah dialog. Seharusnya,

"Ikut gue(,)" ucap ➡️➡️ pakai koma karena diikuti dialog tag. Dialog tag selalu diawali dengan huruf kecil. Contoh dialog tag: ucap, kata, tanya, seru, sindir, dll.

"Sakit, Vin(.)" Gadis itu .... ➡️➡️ pakai titik karena diikuti oleh kalimat aksi dan kalimat setelah dialog diawali dengan huruf kapital. Titik juga digunakan bila tidak ada kalimat lagi setelah dialog. Contoh: "Akhirnya."

Kalau tanda tanya dan seru. Penggunaan huruf setelahnya itu opsional sesuai dengan kalimat yang mengikutinya. Jika dia dialog tag, diawali huruf kecil. Kalimat aksi? Diawali dengan huruf kapital. Contoh lagi:

"LO PEMBOHONG(!)" seru Kevin nyaris berteriak.

"Kakak!" Ia berteriak

🔘 Penulisan elepsis (...) yang masih salah. Misalkan,

✖️"Banjir.....banjir......"

✔️"Banjir ... banjir ...."

Elepsis cuma tiga titik, kecuali di akhir kalimat jadi empat.

🔘 Penulisan -nya itu disambung dengan kata yang sebelumnya.

✔️Favoritnya

✔️Anaknya

🔘Masih ada penulisan kata dan huruf kapital yang kurang tepat.

🔘Penulisan di- sebagai imbuhan dan kata depan masih sering tertukar.

Pisah (kata depan):

✔️ Di mana

✔️ Di dalam

Sambung (imbuhan):

✔️ dijenguk

✔️ dicekal

- Kesan Pribadi sabagai Pembaca :

Kelebihan :

🔘Genre fanfict pas banget dibaca buat pecinta KeMil lovers dan pecinta cerita fanfict lainnya.

🔘Blurb dan ide yang dimiliki penulis cukup menarik, hanya sedikit kurang dalam eksekusinya.

🔘Penulis sepertinya mau belajar tentang kepenulisan yang baik. Buktinya, semakin ke sini kepenulisan yang salah mulai berkurang. Hanya saja, penulis kadang kurang konsisten. Mungkin terburu-buru sehingga tidak ada waktu untuk mengecek kembali.

Kekurangan :

Kesalahan kepenulisan pada beberapa part awal, mempengaruhi minat baca ke part selanjutnya.

Saran :

🔘Sebaiknya lebih diperhatikan lagi tanda baca dalam dialog maupun dalam narasinya serta penguatan karakternya lebih dibenahi.

🔘Selalu biasakan untuk membaca kembali karya kamu sebelum di-publish. Take your time, tidak usah terlalu terburu-buru.

Quote dari cerita :

Di dalam hidup banyak sesuatu yang tidak terduga.

Syukuri apa yang diberikan Tuhan kepadamu.

First day is like a hell.

Rate (1-5 bintang) : 2/5



The Rebel's ReviewTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang