Judul : somvlak school story
Penulis : TIWAEL
Genre : humour, ff
Jumlah Part : 38 part
Status : On going
Blurb/sinopsis singkat: kehidupan seorang cewek yang jauh darikata normal
Link cerita : https://my.w.tt/UiNb/xEgGUNO6kJ
Review cerita:
- Plot:
Plot masih sedikit berantakan dengan penambahan emot yang sebenarnya tidak perlu atau percakapan author yang di luar konteks cerita, sehingga sedikit membingungkan.
Konflik yang disajikan penulis begitu ringan,
sehingga pembaca mudah mengerti untuk membacanya. Sayang sekali pada prolog tidak begitu menarik pembaca, karena sebagai awalan, penulis malah memberikan prolog cerita yang ambigu dan sangat singkat. Terkesan tidak jelas. Hal ini mengurangi minat pembaca untuk membaca lebih jauh.
- Karakter:
Penggambaran karakter aku dan kawan kawan kelasnya yang lucu cukup kuat dengan menggunakan percakapan langsung.
Karakter utama Tisca dan Moonbin digambarkan seperti layaknya badgirl dan badboy yang sering adu mulut, digambarkan secara unik.
Berbeda dengan yang lainnya salah satu reviewer menganggap karakter yang disajikan penulis tidak begitu kuat. Penulis sepertinya tak terlalu peduli dengan karakter. Cerita ini terkesan fokus hanya pada isi cerita. Mungkin karena itulah cerita ini dibuat untuk bergenre humor.
- Latar:
Latar suasana disini kurang digambarkan dengan jelas. Penulis tidak menggambarkan aksi serta perasaan si tokoh dengan jelas, sehingga membuat pembaca bingung.
Latar tempat yang diberikan pun begitu monoton dan tidak jelas. Kebanyakan berlatar di sekolah, sebab para tokoh masih berstatus pelajar.
- Diksi dan EBI:
Diksi yang diberikan penulis sangat ringan dan memakai bahasa gaul kebanyakan.
Diksi dan EBI sangat berantakan. Banyak sekali kesalahan tanda baca yang digunakan dan
EBI di cerita ini sangat berantakan, membuat pembaca kurang nyaman membacanya. Mulai dari :
1. Tanda baca yang sering tak ada
2. Kesalahan huruf kapital
3. kesalahan partikel di, ke, lah, pun
4. Selalu menyingkat kata "gue" menjadi "gw"
5. Sering sekali typo "ngak" yang seharusnya "nggak"
6. Elipsis yang kadang berlebihan atau kurang
7. Bahasa asing yang tak pernah di italic
- Kesan Pribadi sebagai Pembaca:
Awalnya saya cukup tertarik dan penasaran untuk membaca ceritanya, namun rasa penasaran saya kalah ketika melihat ternyata banyak sekali kesalahan tanda baca. Jujur, sebagai pembaca saya malas melanjutkan jika cerita yang saya baca EBI nya berantakan.
Kelebihan : Ceritanya cukup lucu, memang cocok dimasukkan di genre humor.
Kekurangan :
- Alur cerita yang ngalor ngidul, kurang pemaparan latar dan karakterisasi yang tak berkembang dengan baik. Selain itu, EBI juga cukup berantakan karena dikesampingkan, sebab si penulis memakai pov 1.
- Pada penggunaan kata 'gue' penulis menggunakan 'gw'. Mungkin sebaiknya menggunakan gua atau gue saja. Karna penggunaan kata 'gw' kurang nyaman dibaca selain itu juga tidak masuk ke dalam kbbi.
- Banyak sekali kesalahan EBI. Contoh :
dalem ❌, dalam ✅
ngak ❌, nggak ✅
ngebuka ❌, membuka ✅
dikelas ❌, di kelas ✅
(untuk menunjukkan tempat, seharusnya kata 'di' dipisah)
- Banyak sekali penempatan elipsis yang salah dan kurang tepat
- Seharusnya untuk awal kalimat atau setelah tanda titik menggunakan huruf kapital.
- Tanda baca dobel. Seharusnya setelah tanda tanya atau tanda seru, tidak perlu menggunakan titik atau koma lagi di belakangnya.
- Hampir semua dialog tag yang digunakan salah.
Contoh :
"akh bodoamat, semoga gurunya muntaber biar ngak ngajar" kata gw terus ngibrit keluar kelas. ❌
"Akh, bodoamat. Semoga gurunya muntaber biar nggak ngajar," kata gue terus ngibrit keluar kelas. ✅
- Saran: Meskipun bergenre humor dan memakai pov 1, jangan abaikan EBI karena itu juga merupakan poin penting. Sebaiknya penulis memperbaiki dan lebih belajar lagi tentang kaidah kebahasaan yang baik dan benar. Karena sayang, jika cerita kita bagus tapi kaidah kebahasaannya banyak yang salah, pembaca juga akan malas membaca karya kita.
Buatlah juga plot yang semenarik mungkin, apalagi pada prolog, agar pembaca penasaran. Cerita humor jangan selalu menomorsatukan isi cerita agar lucu. Perhatikan alur, karakter, dan latar. Itu juga penting.
- Quote dari cerita : -
Rate (1-5 bintang) : 1,5 bintang
KAMU SEDANG MEMBACA
The Rebel's Review
AcakYuk intip, barangkali cerita kamu yang kami review^^ Peraturannya : Mental harus kuat. Jangan sakit hati jika hasil review-annya jelek. Jadikan motivasi agar karya kalian lebih baik ya.