Salted Air

20 4 0
                                    

Judul : Salted Air

Penulis : Euphoria_Institute

Genre: Sci-fi

Jumlah Part : 16 (15 part & 1 epilog)

Status : Completed

Blurb : Terdampar pada sebuah hutan dan bertemu dengan orang-orang asing yang berbeda negara? Maka apa yang kalian rasakan? Dan apa yang akan kalian lakukan? Hal itu yang terjadi pada Raihan, Mundine, Adalson, Abravo dan Allen. Mereka mulai belajar membiasakan diri dengan kebudayaan negara teman seperjuangannya dan menerima mereka apa adanya.

Mereka diutus untuk menyelesaikan suatu misi. Ya! Sebuah misi yang melibatkan jutaan bahkan triliunan nyawa manusia. Misi yang menguji kesabaran. Misi yang menuntut mereka untuk menyatukan segala pemikiran. Misi yang pastinya membahayakan nyawa mereka. Misi yang membuat ikatan persahabatan antara kelimanya.

Bagaimana bisa mereka terdampar di hutan belantara? Sebenarnya misi apa yang sedang dijalankan oleh mereka? Bagaimana jika misi itu tidak berhasil?

Link cerita : https://my.w.tt/UiNb/MB6akEnWCH

Review cerita ala rebel:

- Plot

🔘 Menurut saya, plot yang dibawakan agak kurang menarik, dan bisa dibilang mainstream untuk ukuran cerita sci-fi. Perpindahan waktu/ plot yang ada terlalu cepat dan terlalu banyak berpindah-pindah. Membuat pembaca tidak bisa masuk lebih dalam ke dalam sebuat cerita dengan plot yang cepat berpindah-pindah.

🔘 Pembawaan cerita pun lebih terlihat seperti genre fantasy dan bukan sci-fi. Namun, plotnya jika dikembangkan lagi bisa menjadi plot yang lebih menarik.

🔘 Plot yang disajikan dalam cerita ini sering kali terjadi plot hole. Ada beberapa adegan yang hilang, apalagi cerita ini mengusung genre scifi. Misalnya, tentang alasan kenapa harus 5 petualang itu yang dipilih tidak ada kejelasan sama sekali. Ini tampak mengganjal pembaca. Dan kenapa juga 5 orang berbeda benua yang kesasar tersebut mampu membuat pelindung bumi, apalagi mereka tidak dijelaskan memiliki ilmu yang cukup layaknya ilmuwan. Hanya bekal kemampuan yang tak seberapa.

🔘 Alurnya cukup tertata dari part pertama, Raihan bertemu teman-temannya yang berbeda benua dengannya sampai part terakhir mereka kembali ke bumi. Tetapi sungguh disayangkan pembaca melihat Partnya ada yang sebagian teracak contohnya aja part 6 di paling bawah. Dan itu membuat pembaca sedikit kebingungan makanya sangat disayangkan partnya teracak.

- Karakter

🔘 Karakter dalam cerita tidak terlalu digambarkan dengan baik, tetapi tetap bisa dibayangkan oleh pembaca dengan tindakan-tindakan karakter yang ada. Setiap paragraf juga jelas, sehingga pembaca tak kebingungan memikirkan karakter para tokoh seperti apa.

🔘 Penulis terlalu fokus pada jalannya cerita tanpa memperhatikan karakter masing-masing tokoh. Hanya beberapa sifat yang ditonjolkan.

🔘 Karakter dari Raihan sendiri cukup membuat pembaca terkesan karena sikapnya yang begitu tenang dan adil.

- Latar

🔘 Untuk latar, saya pribadi rasa sudah cukup baik. Mengusung latar masa depan dan suasana menegangkan, yaitu tentang bumi yang akan hancur. Untuk latar tempat, mengenai hutan, kota, laboratorium, dan planet lain sudah sesuai dengan genrenya.

🔘 Latar dalam cerita ini terbilang jelas, tetapi jujur saja terlalu cepat berpindah. Baru dari tempat A, tiba-tiba saja pergi ke tempat B, lalu di C. Dengan memfokuskan cerita di beberapa tempat saja, mungkin ceritanya akan terlihat lebih rapi.

🔘 Latarnya juga sangat tepat dan tidak membuat bingung pembaca, dan juga penempatan latarnya juga sesuai. Contohnya dari part 1 sampai 4 itu latarnya hutan dan menara, terus disambung lagi ke part seterusnya dengan berbeda latar.

- Diksi dan EBI

🔘 Untuk diksi, diksi dalam cerita ini terbilang kurang, namun ringan untuk genre sci-fi. Dalam cerita sci-fi/ fantasy seharusnya penulis harus lebih berani bermain diksi.

🔘 Untuk EBI, sangat disayangkan cukup fatal. Banyak kesalahan yang terjadi untuk penulisan tanda baca, dialog tag, kata depan -di, -pun, panggilan sapaan. Ini seharusnya perlu diperhatikan lebih banyak lagi.

🔘 Sebaiknya kata asing itu di garis miring supaya tidak membuat pembaca menjadi bingung contohnya : force field. Oh ya kata ucap setelah dialog tagnya juga salah aturannya tidak menggunakan hurup kapital.

"Benar, kita harus membuat medan pelindung untuk keempat benua yang lain, agar benua-benua itu tidak tercemar(,)" (u)cap Adalson.

- Kesan Pribadi sabagai Pembaca

Kelebihan : Diksi yang digunakan cukup ringan untuk genre sci-fi. Cocok dibaca oleh pembaca yang menyukai genre sci-fi/fantasi, namun kesulitan dengan bahasa yang terlalu berat.

Kekurangan : Masih banyak kesalahan dalam hal EBI dan adanya plot hole, yang dapat membingungkan pembaca.

- Saran

🔘 Banyak-banyak latihan menulis, terutama yang sesuai aturan EBI.

🔘 Cobalah untuk lebih mengembangkan permasalahan yang ada. Jangan terlalu cepat berpindah tempat, dan coba untuk lebih fokus ke setiap paragraf-paragraf yang ada.

🔘 Kembangkan beberapa topik tentang sains juga, agar fantasinya tidak mendominasi unsur sains dalam cerita.

Quote dari cerita :

"Jangan lah mempercayai ramalan karna ramalan itu belum benar adanya."

Rate (1-5 bintang) : 3/5 bintang


The Rebel's ReviewTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang