Alpinloch: Another World

21 2 0
                                    

Judul : Alpinloch : Another World
Penulis : @DimasPettigrew
Genre: Fantasi
Jumlah Part : 18 part
Status : On going
Blurb: Mark, seorang mahasiswa biasa, harus berpetualang di dunia novel favoritnya setelah tidak puas dengan akhir cerita yang didapat. Sekarang, dia harus mengantar karakter utama cerita itu, Putri Anna, untuk menyelamatkan kerajaan Alpinloch dari raja yang kejam. Akankah Mark membuat akhir cerita yang bahagia?
Link: https://www.wattpad.com/story/115167433-alpinloch-another-world

Review cerita:

- Plot
Mark yang merupakan seorang mahasiswa sangat menyukai novel Alpinloch Kingdom dan sangat kecewa saat mengetahui novel tersebut berakhir menggantung. karena kekecewaan itu pula yang membuat Mark mengirim sebuah email kepada penulis novel Alpinloch, namun sesuatu terjadi pada dirinya yang tanpa ia ketahui tiba-tiba saja dirinya masuk dalam novel tersebut. Dari situlah awal petualangan Mark di negeri antah berantah.
Alur yang konsisten membuat pembaca merasa nyaman dengan cerita yang disampaikan oleh penulis.

• Plot yang telah digunakan cukup bagus dan sesuai dengan genre yang digunakan, terdapat kesan yang menarik dari cerita fantasi ini. Yaitu ketika Mark mengirimkan email ke penulis Alpanolich kingdom, ia tertarik ke dalam buku tersebut dan masuk ke dunia Alpanolich.
• Alur maju yang digunakan penulis membuat cerita tersebut semakin tertarik untuk dibaca.
• penggunaan sudut pandang orang ketiga membuat pembaca dapat merasakan ketegangan yang terjadi di dalam cerita.

- Karakter
• Karakter yang dijelaskan melalui tindakan si tokoh tersebut, seperti ketika Mark mencari makanan sepotong roti untuk Anna, Anna yang lemah lembut tak tega melihat teman-temannya sengsara. Watak Jason yang mementingkan temannya daripada diri sendiri. Justice yang menangis ketika mendengar hewan darat yang dijadikan santapan. Yael yang penuh dengan kecurigaan.

• Di dalam cerita Mark memiliki karakter yang pemberani, yang dimana Mark ingin menolong Anne dari prajurit kerajaan Alpinloch yang mau menangkapnya. Karakter tersebut menurut pembaca sudah cocok untuk tokoh utama yang memang harus memiliki jiwa pemberani, terlebih cerita ini bergendre fantasi.

- Latar
• Latar yang selalu menunjukan kejadian berada di hutan, padang pasir, tenda, rumah Jason, kerajaan Alapnolich, desa Sonada, pinggir sungai sudah cukup mendeskripsikan petualangan yang tengah dialami untuk merebut kembali kerajaan Alapnolich.
• Suasana dalam cerita yang penuh dengan ketegangan dari para tokoh membuat pembaca semakin bersemangat akan penasaran dan terus membaca.
• Bagi pembaca yang bukan penggemar fantasi mungkin dapat membuat pembaca tersebut sedikit kesulitan saat membayangkannya, mungkin karena cerita tersebut bercerita tentang petualangan seorang Mark di negeri khayalan.

- Diksi dan EBI
• Diksi yang digunakan sangat pas untuk dibaca pada saat waktu luang, sedang bersantai, berbaring di tempat tidur, karena keadaan tersebut sangat pas untuk dibaca pada genre fantasy, supaya dapat merasakan feel dan ketegangan pada cerita.
• Bahasa yang digunakan cukup membuat pembaca nyaman membaca, kerapian per part juga telah memberikan kesan pada pembaca agar rileks dan enjoy.
• Penggunaan EBI yang rapi, tetapi masih terdapat beberapa unsur typo dan gaje yang terdapat dari kalimat, walaupun hanya sedikit.

- Kesan Pribadi sabagai Pembaca
Ceritanya sangat bagus, saya merekomendasikan bagi penggemar fantasy untuk membaca cerita ini karena tema serta penyampaian ide yang diberikan penulis membuat saya bersemangat untuk membaca kelanjutan cerita tersebut.

Kelebihan : Diksi yang bagus. Alur yang menarik, ide cerita yang sangat unik membuat pembaca menjadi bersemangat untuk membaca, kegiatan yang dilakukan tokoh membuat cerita tersebut seakan-akan seperti sangat nyata untuk dijadikan novel fantasy.

Ceritanya membuat pembaca penasaran dengan novel Alpinloch Kingdom, kalau saja novel itu benar ada.

Kekurangan : Ada beberapa typo yang menurut saya perlu diperhatikan, dan terdapat beberapa kalimat yang menurut saya tidak masuk dengan gambaran yang disampaikan. Pembaca mengalami kesulitan saat membayangkan latar tempat dari cerita tersebut. Tapi secara keseluruhan, cerita ini sudah bagus.

Saran : Perhatikan kata beserta kalimat yang menurut saya typo, karena itu menggangu aing (semangat melanjutkan ceritanya).

Quote dari cerita :
"Apa salahnya menolong seseorang yang baru kita kenal, disitu juga terdapat petualangan yang menanti."

"Akhir menyebalkan, benar-benar menyebalkan. Aku tidak rela Alpinloch Kingdom yang telah menjadi novel favoriteku harus berakhir seperti ini."

Rate (1-5 bintang) : 4

The Rebel's ReviewTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang