Judul : Jewel in the King's Heart
Penulis : PatriciaAnggi
Genre: Teen Fiction
Jumlah Part : 18 part
Status : On Going
Blurb:
Aku benci ayah dan ibuku. Mereka selalu menganggapku sebagai anak nakal. Jadi, kutunjukkan saja pada mereka bagaimana nakal itu. Terlebih lagi, mereka tak henti-hentinya membandingkanku dengan kakakku yang terlewat sempurna. Ngomong-ngomong, kenapa cewek berlesung pipi itu selalu menempel pada kakakku?
-Elang Narendra Gunadarma
Adikku selalu saja membuat masalah dan tentu saja aku yang selalu repot karena itu. Bagaimana masa depannya nanti jika dia selalu saja bermain-main? Dan lagi, kenapa dia tak berhenti mengganggu gadis bersuara merdu itu.
-Ares Maheswara Gunadarma
Demi Tuhan, bagaimana bisa aku terlibat dengan kedua kakak beradik itu. Terlebih adiknya, dia benar-benar seorang psikopat. Aku selalu saja mendapat masalah karena mereka. Jika ingin tetap sekolah di sini, sebisa mungkin aku harus menghindari mereka. Tapi terlambat!!
-Naya Kumala
Link : https://www.wattpad.com/story/113772767-jewel-in-the-king's-heart
Review cerita:
- Plot:
Plot pada awal cerita, penulis mampu memberikan bab "sinopsis" yang membuat pembaca penasaran dengan bagaimana kisah selanjutnya antara Elang, Ares dan Naya. Sayangnya, di pertengahan cerita, saya mulai bosan dengan alur cerita yang terkesan bertele-tele akibat banyaknya dialog yang mendominasi. Namun, pada part 17, di akhir cerita, saya dibuat penasaran dengan maksud Elang marah mengepalkan kedua tangannya. Cukup bagus dan menarik untuk membuat saya atau pembaca penasaran agar penulis segera me-publish part selanjutnya.
Penulis juga termasuk konsisten membuat pembaca merasa nyaman dengan cerita yang disampaikan oleh penulis.
- Karakter:
*Elang memiliki jiwa bebas dan biang onar, sebagai bukti pada part pertama Elang ketahuan telah berbuat onar dengan memukul salah satu teman sekolahnya, sehingga ia mendapat teguran dari sekolah.
*Ares salah satu pianis berbakat dan berprestasi, salah satu gambaran tokoh yang menjadi idola siswi di sekolahnya.
*Naya gadis pintar dan memiliki suara emas, dan karena kepintarannya pula sehingga ia mendapat beasiswa dari sekolah.
Menurut pembaca ketiga karakter tokoh utama tersebut sudah saling melengkapi dimana Elang sebagai pemberi bumbu dalam cerita tersebut, sedangkan Naya dan Ares sebagai pelengkap.
- Latar:
*Latar tempat yang diambil memakai latar yang umum, yang biasanya memang dipakai untuk cerita bergenre teenfict ini. Penulis berhasil menggambarkan dengan jelas latarnya. Baik itu latar tempat, suasana ataupun waktu.
*Suasana yang digambarkan penulis dalam cerita tersebut membuat pembaca tidak merasa bosan dengan latar yang itu-itu saja misalnya sekolah dan rumah saja.
- Diksi dan EBI:
Diksi pada cerita ini terkesan biasa. Penulis kurang memperkaya diksi, yang terkadang banyak memberikan "tell" daripada "show"-nya. Hal inilah yang membuat membuat pembaca bosan dan kurang mendapatkan feel ceritanya.
Untuk EBI, masih banyak kesalahan dialog tag dan elipsis, beberapa partikel -pun.
- Kesan Pribadi sebagai Pembaca:
🔘Kelebihan :
*Alur cerita yang mudah dipahami oleh pembaca, sehingga pembaca tidak perlu berpikir maksud dari cerita tersebut.
*Cerita ini cukup bagus untuk cerita yang mengusung genre teenfict. Konsep/ide ceritanya cukup menarik.
🔘Kekurangan :
*Pada part pertama pembaca merasa kurang nyaman dengan konflik antara Elang dengan sang ayah, belum lagi panjang cerita dalam satu part membuat pembaca jenuh.
*Banyaknya dialog yang mendominasi cerita, membuat feelnya berkurang.
*Banyaknya penulisan yang belum sesuai PUEBI.
*Diksi yang masih terkesan sederhana.
*Cerita yang terkesan bertele-tele.
🔘Saran:
*Sebaiknya dalam satu part cerita jangan terlalu panjang agar pembaca tidak merasa jenuh.
*Perbaiki dialog tag yang masih kurang tepat. kata bentak, perintah, jawab, dll, tidak memakai kapital karena dialog tag. Sebelum tanda petik pada akhir dialog, pakailah tanda koma karena dialog tag.
*Elipsis juga masih kurang tepat. Harusnya untuk di tengah ada 3 titik dan dispasi, di akhir dialog ada 4 titik dan dispasi.
*Perbaiki penggunaan partikel -pun yang kurang tepat. Ada yang harusnya dipisah karena mengikuti kata sebelumnya.
*Sering-seringlah cek PUEBI dan membaca diksi-diksi.
*Jangan terlalu banyak dialog yang mendominasi agar tidak membuat pembaca bosan dan mampu mendapatkan feelnya.
🔘Quote dari cerita :
Memang enak jatuh cinta diam-diam? cinta itu ungkapkan, kejar dan raih. Jangan berhenti kalau bukan dia sendiri yang memintamu berhenti.
Jadilah seperti piano. Siapa pun dirimu, apa pun warnamu, tetaplah menjadi jati dirimu.
Rate (1-5 bintang ) : 2.5/5
KAMU SEDANG MEMBACA
The Rebel's Review
De TodoYuk intip, barangkali cerita kamu yang kami review^^ Peraturannya : Mental harus kuat. Jangan sakit hati jika hasil review-annya jelek. Jadikan motivasi agar karya kalian lebih baik ya.