S03.E66

138 12 0
                                    

" tidak bisakah aku mempertahankan nya?," Tanya Nari.

" ini akan membahayakan diri mu, Nari ssi." Ucap dokter Yoona.

" Asalkan anak ku baik baik saja, aku akan tetap mempertahankan nya.."

Sebelumnya Nari sudah di beritahu oleh dokter Yoona kalo Dia akan melahirkan bayi nya secara prematur karena kondisi Nari yang tidak baik baik saja.
Nari meminta Dokter Choi untuk mengurangi dosis obat nya agar bayi nya bisa bertahan.
Tapi nyata nya Nari tetap merasakan kesakitan dan itu membuat Jungkook merasa bersalah.
Dia membuat Jungkook bersedih karena pilihan nya.

Dia membuat Jungkook bersedih karena pilihan nya

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

.
.
.
🌹

Rumah sakit..

" Maafkan aku Oppa. maafkan aku. Nari hanya memikirkan diri Nari saja. maafkan Nari." Ucap Nari." Dia masih memeluk tubuh Jungkook.

Setelah menemui dokter, Jungkook membicarakan apa yang dokter sampaikan kepadanya.
Dan Nari menceritakan tentang apa yang dilakukan nya.
Di usia kehamilannya yang ke 7 bulan dokter menyarankan Nari untuk melahirkan dengan kondisi bayi prematur dan Nari tidak ingin itu.

" Kalian penting untuk ku. aku tidak bisa harus memilihnya tapi kondisi kamu lebih penting. aku yakin Dia akan bertambah. Dia akan sehat sehat saja dan kamu.."

" Oppa, dengarkan Nari." Ucap Nari. Dia memegang tangan Jungkook dan meletakkan ke perut nya.

" Rasakan. Dia bergerak disini saat Oppa menyentuh nya. Dia sehat, Nari baik baik saja karena nya, Oppa. bukankah dokter bilang kehamilan Nari tidak akan bertahan sampai usia nya 3 bulan tapi Dia berjuang di sini Oppa. Nari ingin Dia lahir dengan sehat, tidak ada cacat satupun. Nari tidak ingin Dia merasa kesakitan. Nari ingin Dia tumbuh sehat di sini sampai waktu nya nanti."

" Tapi kondisi kamu tidak akan baik baik saja, sayang." Ucap Jungkook.

" Nari akan baik baik saja Oppa, bukankah Oppa berjanji untuk menjaga kita. Oppa sudah menjaga kita dengan baik. percayalah kepada Nari. Nari akan baik baik saja." Ucap Nari.

" Nari mohon. Nari akan mempertahankan nya sampai waktu nya nanti.. hmmm?," Ucap Nari. Dia menatap Jungkook.

Terlihat guratan kekhawatir dalam mata Jungkook. Dia tidak ingin sesuatu terjadi kepada Nari apalagi kepada anak nya.
Tapi Nari tetap ingin mempertahankan nya.
Di kehamilan Nari yang baru 26 minggu Dia tidak ingin mengambil resiko itu.

Bayi prematur mengacu pada kelahiran bayi yang terjadi sebelum ibu mencapai akhir dari minggu ke-37 usia kehamilan. Ada berbagai tingkat prematuritas dan masing-masing membawa risiko mereka sendiri. Bayi sangat prematur, lahir sebelum minggu ke-26, adalah yang paling berisiko dan kadang-kadang dikenal sebagai prematur mikro. Seorang bayi lahir pada 37 minggu atau lebih dikenal sebagai bayi “term”, alias tepat waktu. Umumnya, semakin dini kelahirannya, semakin tinggi pula risiko kesehatannya.

Kelahiran prematur juga dapat didefinisikan oleh berat lahir: berat lahir rendah (kurang dari 2500 gram), berat lahir sangat rendah (kurang dari 1500 gram), dan berat lahir rendah ekstrem (kurang dari 1000 gram). Selain itu, kelahiran bayi prematur dan berat lahir rendah dikaitkan dengan penyakit jantung di usia dewasa.

Risiko komplikasi yang diam-diam bisa terjadi. Beberapa komplikasi pada bayi prematur antara lain: 

Mengalami gangguan pernapasan.
Kekurangan kadar surfaktan yang perlu didapat pada usia kehamilan ke-20 hingga ke-34 minggu dapat memicu elastisitas tidak berkembang normal. Kondisi ini dapat mengganggu pertukaran oksigen dan karbondioksida saat berada di paru-paru, sehingga dapat memicu gangguan suplai oksigen ke beberapa organ penting lain..

Memicu terjadinya anemia.
Bayi yang lahir sebelum waktunya alias prematur membuat beberapa organ dalamnya belum ‘matang’ secara sempurna. Baik secara organ hingga komponen darah termasuk sel darah merah di dalam tubuh yang sempurna. Hal inilah yang menyebabkan risiko si Kecil terkena anemia. 

Terjadi gangguan nutrisi.
Kondisi bayi terlahir prematur dapat memicu saluran pencernaannya belum terlalu sempurna, sehingga menyebabkan gangguan saat menyerap makanan. Oleh karena itu, setiap bayi baru lahir termasuk bayi prematur perlu dianjurkan diberi ASI. Apalagi ASI ini bersifat mudah dicerna, sehingga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada bayi prematur. 

Mengalami ketidakseimbangan cairan tubuh.
Berbeda dari bayi yang terlahir normal, bayi prematur dapat mengalami ketidakseimbangan cairan dan elektrolit. Kondisi seperti ini membuat dirinya mudah dehidrasi apalagi saat ketidakseimbangan ini dipicu oleh fungsi ginjal yang belum sempurna. 

Mengalami infeksi.
Sel darah merah dan sel darah putih pada bayi prematur juga belum berkembang dengan sempurna. Padahal sel darah putih sangat berguna untuk mempertahankan tubuh dari segala infeksi kuman. Ketidakstabilan sel darah putih dapat menyebabkan angka kematian akibat penyakit infeksi semakin meningkat. 

Mengalami hiperbilirubin atau penyakit kuning.
Fungsi hati pada bayi prematur masih belum sempurna nih, Ma. Apalagi proses pengaliran bilirubin menuju usus sering terhambat, sehingga menyebabkan tingginya kadar bilirubin dalam darah. Apabila bilirubin terlalu lama mengendap di dalam darah, maka dapat menimbulkan penyakit kuning pada bayi. 

.
.
.
💜

Walau semua itu kuasa Tuhan tapi Nari ingin mempertahankan nya. bagaimanapun resiko yang akan diambil. Dia tidak ingin bayi nya menderita karena diri nya. Dia ingin berusaha mempertahankan nya.

Nari memeluk tubuh sang suami. Jungkook menangis dalam pelukan Nari, Nari pun ikut menangis. ini memang pilihan berat untuk Jungkook. Dia tidak akan bisa memilih hal seperti ini karena hal terpenting dalam hidup nya yakni Nari dan bayi yang dikandung nya.

Chun Hei yang ada di dalam ruangan pun ikut menangis mendengar apa yang dikatakan Nari kepada Jungkook, ingin sekali Chun Hei memarahi nya tapi inilah pilihan yang Nari ambil. kalo Chun Hei menjadi Nari pun Dia akan melakukan hal itu karena seorang Ibu tidak akan tega melihat anaknya menderita.














TBC
😊


























By: nyemoetdz
💜

The Truth Untold 3 (END)Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang