Padahal baru aja rebahan ganteng. Iya meskipun rebahan tapi tetep ganteng. Siapa lagi kalau bukan Azka. Mari kita beralih pada kisah lelaki tampan berlesung pipi lainnya.
Hari minggu gini biasanya sih dia gak kemana mana. Paling sorean dikit tanding bola sama temen kampusnya. Kalo pagi sih, beres mainin burung langsung scrolling. Burung beneran loh ya. Dia pelihara beberapa burung hias soalnya.
"Sayang. Kamu lagi ngapain?"
Orang orang mah nanya begitu via chat. Tapi Fisca nanya gitu di depan orangnya langsung.
Iya Fisca pacarnya Azka. Mahasiswi Ekonomi Manajemen itu rajin bangat datengin rumahnya pacar. Deket sih. Lima menit langsung sampai.
Mereka juga udah lumayan lama pacaran. Dari jaman SMA katanya sih. Ya, kalau di hitung hitung sih sudah 4 tahun lah. Jadi kalau Fisca tau tau nongol depan kamar Azka, itu sih biasa.
Fisca duduk di sisi ranjang dengan tangannya yang membawa sebuah piring. "Kamu lagi ngapain sih Yang? Stalking cewek ya?" Ya gitu deh. Namanya juga cewek. Penuh kecurigaan.
Padahal mah, "Apa sih, Yang. Kamu tuh ya." Yang Azka cubit hidung minimalisnya Fisca. Dia meringis saat Azka katakan, "Orang aku lagi ngomongin bola nih sama anak anak. Semalem Madrid menang lawan Inter."
"Oh, kirain."
Azka yang lagi senderan di kepala ranjang, kepo sama apa yang Fisca bawa. Dia tanyakan, "kamu bikin apa lagi?"
"Bika ambon. Nih cobain."
Nah, passion cewek jangkung ini tuh di bidang kuliner deh kayaknya. Soalnya dia hobi masak masak gitu. Bikin apa aja dia mah jago deh. Cita citanya punya restoran sekaligus toko kue. Mau di borong semua kayaknya sama dia usaha kuliner tuh.
"Aaaa..." manjanya keluar.
Ya kalau Fisca sih dengan senang hati menyuapi lelaki itu dengan sepotong kuenya.
"Enak. " Masih ngunyah tapi bersuara
Fisca simpan piringnya di meja samping tempat tidur Azka.
"Kalau Bika Ambon itu berarti dari Ambon ya?"
"Bukan lah."
"Kok bukan? Dodol Garut aja dari Garut. Peuyeum Bandung juga dari Bandung kan. Masa Bika Ambon bukan dari Ambon." Protes Azka
"Tapi emang dia bukan dari Ambon"
"Terus darimana dong?"
"Ya mana aku tau" Mulai kesel nih Fisca. Dia cuma bisa masaknya aja, tapi gak pernah tau sejarah makanannya. Lagian Azka tuh yang nggak nggak aja deh nanyanya.
"Kok kamu gak tahu. Harus tahu dong."
"Ih ih. Nyebelin bangat sih. Cuma tinggal makan aja bawel bangat." Langsung saja tuh Fisca jejalkan satu potong lagi ke mulutnya Azka.
Terus tiba tiba dia tarik kepalanya Fisca. Sambil monyong monyong, kayaknya sih mau dia aduin tuh mulutnya. Ya Fisca nolak lah. Mulutnya lagi penuh gitu. Jadinya dia jerit jerit sampe Mamahnya Azka dateng.
"Adek! Kamu ngapain sih?"
Langsung tuh Fisca lari. Dia ngumpet di belakang badan Mamahnya Azka.
"Mah, Azka tuh. Masa kepala aku mau di jedotin." Rengek rengek. Mengadu minta pembelaan
"Nggak!" Di sanggah ucapan Fisca. Padahal mah kan mau Azka cium pacarnya. "Orang cuma bercanda doang kok."
"Bercanda bercanda. Kalau anak orang kenapa kenapa kamu mau tanggung jawab?"
"Ya tinggal di nikahin doang apa susahnya."
Langsung deh tuh serbet dapur melayang. Mendarat pas di muka gantengnya.
"Nikah tuh sama serbet"
Cekikikan Fisca di buatnya. Gampang bangat ya kalau ngomong mah. Setelah itu Azka di tinggal. Fisca ikut Mamahnya Azka ke dapur.
****
Azka duduk santai nih di kursi makan. Saking santainya dia angkat sebelah kakinya ke kursi. Udah macem di warteg aja. Dia sedang memperhatikan Fisca yang lagi main masak masakan sama Mamahnya.
"Mah, Fisca tuh istri idaman bangat ya."
Tiba tiba aja gitu kepikiran begitu. Random bangat emang Azka tuh.
Tapi ya tetep aja di ladenin sama Mamah. "Iya dong. Pinter masak begini pasti suaminya betah dirumah. Gak bakalan jajan jajan di luar deh. Di jamin."
Untung Fisca sudah lihai memotong tomat. Meskipun pipinya sekarang lebih merah dari tomat tapi tangannya gak bakalan kepotong karena salting.
Ah, Azka emang paling bisa deh.
"Menantu idaman gak?" Lagi Azka tanyakan.
Langsung dong Mamahnya Azka lirik Fisca. Dia liat tuh cewek itu lagi mesem mesem sambil nunduk ngiris bawang.
Langsung saja, dia rangkul Fisca. Lalu bilang, "Banget. Cewek bisa masak, pinter bikin kue, cantik, bisa ngurus keuangan juga pastinya. Itu udah cukup bangat buat modal jadi Menantu dan Istri Idaman."
Duh, di puji sama Mamahnya pacar tuh rasanya mantap beud dah.
"Ah Mamah bisa aja. Aku masih belajar kok, Mah."
"Mamah iri deh sama yang nanti jadi mertuanya kamu Fis." Manyun manyun kan Mamahnya Azka. Yang dibalas gemas oleh Fisca.
Duh Mamahnya Azka tuh jiwa mudanya masih kerasa bangat deh. Padahal usianya sudah kepala 5. Mungkin karena sehari harinya di kelilingi anak remaja di masa puber kali ya.
Tapi beda dengan Azka. Dia bilang, "Loh ngapain iri! Fisca kan calon menantu Mamah!" Ngegas gak pake aba aba.
"Gila kamu ya." Nah kan, di katain gila sama emak sendiri. Emak mana coba yang begini kalau bukan emak emak gahool.
"Masa Mas Fajar mau mamah suruh nikah lagi. Kasian Mbak Riska lah. Kezia sama Kenzo juga masih kecil. Ngawur kamu."
Melotot di tempat tuh Fisca. Apalagi Azka. Jangan di tanya. Biji matanya udah mau keluar tuh dari kelopak. "Kok Mas Fajar?! Aku loh Mah. Aku. Aku calon suaminya Fisca. Iya, kan Fis?"
Eh.
Iya atau tidak, ya?"Ngimpi kamu mah! Mana mau Fisca sama cowok modelan kamu. Anak badung kayak gini mah gak pantes buat jadi suaminya Fisca yang cantik ini."
Duh mohon maaf, Fisca cekikikan denger ucapan Mamah. Meski kelakuan agak mengerikan karena masa sekolah dulu Azka itu jamet. Tapi makin dewasa makin berbahaya justru.
Seberbahaya waktu Azka bilang, "Fis. Ke KUA, yuk."
*****
"Mau ngapain, Mak?!"
Emak kaget tuh waktu Reno ambil paksa ponselnya. Ya tapi Reno juga kaget pas tahu Emak bilang : Mau nelpon calon mantu Emak.
Tadi tuh Emaknya Reno pinjem ponselnya, bilangnya sih mau nelpon. Ya Reno sih sebagai bontotnya Emak langsung aja gitu ngasih, sambil nanya : Mau nelpon siapa, Mak?
Tapi jawaban emang di luar ekspetasi Reno. Jadi ya gitu deh.
"Emak kangen. Mau nyuruh Neng Kiara main kesini. Neng Kiara kan seneng bangat makan Piscok buatan, Emak."
Emang kebetulan Emak baru bangat goreng Piscok sore sore gini. Terus dia jadi keinget Kiara. Inget bangat dulu waktu pertama kali Kiara di suguhi goreng kulit lumpia yang diisi irisan pisang dan coklat di dalamnya.
"Ini apa ya, Mak?"
"Piscok, Neng. Pisang coklat. Sok, cobain. Enak"
Karena di suguhi dan bentuknya pun agak menggiurkan, Kiara ambil satu. Waktu di gigit, kriuknya berasa. Lumernya bukan cuma karena coklat, tapi juga karena makanan ini terlalu berminyak. Kiara suka. Makanya Emak pinjem ponsel anaknya buat nelpon yang katanya calon mantu. Mau Emak goda dengan piscoknya, supaya dia datang ke rumah.
Reno mendesah. Bingung dia. Gimana ya ngomongnya.
"Emak.." Tercekat suaranya. Susah ngomongnya. Tapi Emak harus tahu, kalau "Kiara gak bakalan kesini lagi."
Bingung dong Emak. Kenapa?
"Reno sama Kiara udah putus."
****
KAMU SEDANG MEMBACA
*** WHEN I'M WITH U ***
RomanceJadi selama ini kita ngapain? Jagain jodoh orang?