28

33 2 0
                                    

Ketika memutuskan untuk mencintai seseorang, itu artinya kita harus siap dengan apa pun yang menjadi bagian dari dirinya, termasuk masa lalunya. Masa lalu ini bisa berupa perilaku dan kenangan dia dengan mantan pacarnya.

Tapi, pada kenyataannya nggak semua orang bisa dengan mudah menerima masa lalu pasangannya. Kepoin mantan pacar itu sebenernya tutorial menyakiti diri sendiri sih. Hanya saja Kiara yang iseng buka sosial medianya Azka, menemukan komentar dari seseorang.

Itu foto Azka yang ada di puncak Mahameru. Foto negeri di atas awan itu mengingatkan Kiara akan seseorang. Iya, Reno. Dulu, Kiara pernah di ajak kesana, tapi karena terhalang restu Papah, apalah daya. Kiara cuma di hadiahi foto dengan tulisan "sendiri dulu, besok besok sama kamu. I love you Kiara". Begitu saja Kiara senang, sampai dia post poto itu di semua sosial medianya.

Tapi itu dulu, kan sekarang sudah punya yang baru. Azka Dwi Cahyo, yang Kiara liat postingan sosmednya terdahulu. Ada komentar emoticon love disana. Oh, jiwa monyet Doranya meronta. Dia klik akun tersebut, Fisca Ayu Royana namanya. Cewek cantik tinggi semampai. Akun sosial medianya tidak terkunci, artinya Kiara siap menelusuri. Terkait siapa sebenernya si pemberi emot hati.

Akun cewek itu banyak memiliki followers dan memfollow akun yang sama dengan Kiara. Yang Kiara asumsikan jika cewek itu merupakan orang dekat.

Foto pertama yang Kiara lihat adalah foto selfienya. Lalu foto dirinya yang berdiri bersampingan dengan seorang lelaki yang tingginya tak jauh beda dengannya. Mereka pakai baju yang senada. Garis hitam putih, macam foto prewedding. Ada juga fotonya saat wisuda. Ternyata dia mahasiswa ekonomi. Satu universitas dengan Kiara, pantas saja followersnya banyak yang sama. Dan sebagian lainnya adalah foto selfie dan makanan.

Sampai Kiara temukan foto cewek itu bersama boneka Rilakkuma besar. Captionnya : Kecintaan Kaces. Tidak ketinggalan emot hatinya.

Dengan otomatis otak Kiara memproses cepat, bahwa cewek itu adalah mantan pacar Azka. Sebab, Kaces adalah nama panggilan Azka saat bersama temannya. Lalu, Rilakkuma itu mengingatkan Kiara saat Azka berkata: "Cewek gue juga suka Rillakkuma. Sama kayak lo, Ra."

Sakit ya.

Tiba tiba saja tangan Kiara gemetar. Dia tremor. Lemas. Mendadak pusing.

Mantannya Azka cantik. Meski mungkin foto cowok yang ada di sosmednya adalah cowok barunya. Tapi kenangan mereka (Azka dan Fisca) tersimpan rapi di sana.

Sedangkan Kiara saja butuh effort untuk menghapus semua jejak Reno. Lebih dari 7 hari 7 malam dia hapus postingan dan foto foto yang berhubungan dengan Reno. Itu semua kan masa lalu, ada baiknya hanya di kenang dalam ingatan. Lah ini, kok bisa bisanya.

Berhubung Kiara orangnya seneng cari penyakit, dia tap love foto itu. Membuat di keesokan harinya dia dapat notifikasi bahwa seseorang telah memfollow akunnya.

Fisca Ayu Royana.

"Kamu kenal Mas?"

Panggilannya sudah berubah. Berhubung mereka sama sama suku jawa jadi Kiara inisiatif buat panggil Azka dengan sebutan Mas. Sama seperti Reno yang dia panggil Aa. Bagi Kiara, itu sebagai tanda penghormatan sih. Padahal Kiara sama Azka cuma beda 2 bulan. Lebih tua Azka pastinya. Kan Kiara anti cowok brondong.

"Oh itu. Dia mantan aku" sambil nyemil kuaci. Mereka lagi nonton film di ruang TV lantai atas. Ceritanya sih malem mingguan.

Jangan tanya Dion dimana, soalnya dia kalau malem minggu gini sukanya nongkrong sama anak anak komplek di depan gang. Ronda ala remaja, sambil godain neng neng cantik lewat atau interogasi anak bujang orang yang mau ngapel ke kompleknya. Ya siapa tau kan ada kejadian yang tidak di inginkan. Tapi amit amit sih. Jangan sampai.

*** WHEN I'M WITH U ***Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang