Duapuluh Lima

40 15 0
                                    

Nick sedang sibuk mencuci peralatan laboratorium sebelum dipakai praktikum

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

Nick sedang sibuk mencuci peralatan laboratorium sebelum dipakai praktikum. Kampus tampak lengang karena ini hari Sabtu dan tidak ada perkuliahan, tapi lebih ramai dibanding weekend sebelumnya. Mungkin karena mendekati minggu ujian sehingga banyak mahasiswa yang menggunakan waktunya untuk belajar di kampus.

Beberapa orang sibuk rapat di ruang organisasi, dan beberapa lainnya tengah melakukan kegiatan program kerja seperti pengadaan seminar atau pelatihan.

Setelah memakai jas laboratorium, masker, goggles serta hand gloves Nick mulai menuangkan aquades sedikit demi sedikit ke dalam labu ukur(1) untuk melarutkan kaporit yang sudah Ia gerus sebelumnya.

Anne sudah di depan laboratorium, hari ini dia berjanji untuk menemani Nick praktikum. Baru sampai di depan pintu, Anne celingukan untuk memastikan tidak ada orang lain di sana. Nick memandangnya lalu melambaikan tangan agar Anne mendekat.

"Tidak ada orang kan, Nick?" tanya Anne sambil berjalan mendekat.

"Ada," jawab Nick yang masih sibuk menuangkan aquades.

"Siapa?"

"Aku."

Anne yang mendengar jawaban Nick segera mencubit lengan pria itu karena kesal.

"Kamu praktikum sintesis kloroform? Bukankah ada dua praktikum yang kamu tinggalkan kemarin?" Anne melihat wadah kaporit dan botol aseton di meja kerja Nick. 

"Iya, setelah itu praktikum penentuan komposisi ion kompleks. Duduklah, An," suruh Nick sambil menunjuk kursi dengan dagu.

"Nick kamu membawa laptop?"

"Ambil saja di ranselku."

Anne mengambil ransel Nick yang diletakkan di ujung meja, lalu mengambil macbook air  dari dalam tasnya. Anne menghela nafas panjang sambil memainkan kursor sesekali membuka lembaran diktat yang tadi dia buka. Wajahnya tampak lesu dan tanpa semangat.

"Ada apa?" tanya Nick yang heran melihat Anne.

"Aku benci mengakses science direct. Mencari jurnal, membaca, menerjemahkan, me-review, memahami, menghafalkan." Anne meletakkan kepalanya di meja marmer sambil memandang Nick.

"Ya sudah, besok senin kamu temui Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan."

Alis Anne menyatu, "Kenapa?"

"Bilang kalau kamu mengundurkan diri dari Departemen Chemistry," jawab Nick ringan.

Anne berdecak, "Ck. Seandainya aku bisa, dari dulu sudah kulakukan, Nick."

"Lalu sekarang kamu mau menyalahkan siapa? Papamu? Dosen? Atau dirimu sendiri?"

Anne mengacak rambutnya frustasi. Nick meletakkan alat laboratorium yang tadi dipegangnya lalu mencopot hand gloves dan goggles yang dia pakai sejak tadi. Pria itu mendekati Anne yang masih meletakkan kepalanya dengan malas di meja marmer. 

FRIENDSHIP or RELATIONSHIP [TAMAT ✅]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang