our baby's greeting

272 23 32
                                    

*Di Sebuah Rumah Sakit Ibu & Anak di kawasan Menteng Jakarta Pusat

Rian menggenggam erat tangan istrinya, keduanya kini tengah terpana menatap monitor yang menampilkan pergerakan buah cinta mereka. Memasuki minggu ke-18 Ara kembali melakukan pemeriksaan kandungan sesuai permintaan Rian, menyusul saat liburan kemarin Ara sempat merasakan adanya pergerakan dalam perutnya, sehingga Rian hanya ingin memastikan kandungan istrinya baik-baik saja.

Nina: keliatan nggak mama papa, ini wajah baby nya udah mulai kelihatan agak jelas kan ya?

Ara dan Rian mengangguk, tatapannya masih belum berpaling dari monitor dihadapannya.

Nina: kayaknya nggak ada yang perlu dikhawatirkan deh.. ini tali pusarnya udah makin panjang, udah mulai tebal dan kuat juga, trus tempurung kepalanya juga keliatannya udah mulai mengeras. Kalo mama papa perhatiin betul-betul.. si baby ini udah bisa ngebuka dan nutup mulutnya loh..

Ara tersenyum mendengar penjelasan dokter Nina, sambil terus mengeratkan genggaman tangannya ke Rian, buncahan kebahagian terpancar di wajahnya hingga tanpa disadari dirinya sudah menitikkan air mata bahagia, melihat pergerakan makhluk mungil buah cintanya bersama Rian yang tumbuh dengan baik di rahimnya.

Nina: loh.. mama Ara kenapa kok nangis? pasti terharu ya...

Mendengar ucapan dokter Nina, Rian sontak menoleh lalu menyeka air mata istrinya yang menetes, sejujurnya Rian pun juga menahan rasa haru dan bahagianya melihat perkembangan janin di rahim istrinya, tangan kirinya masih menggenggam erat tangan Ara, sementara tangan kanannya kini mengusap lembut kepala Ara menyalurkan kehangatan dan kebahagian yang juga tengah ia rasakan.

Nina: kayanya babynya cukup aktif ya.. karena biasanya kalo usia kandungan udah masuk minggu ke-18 itu jenis kelaminnya harusnya udah bisa kelihatan, ini kayanya baby nya banyak gerak deh.. jadi ngumpet deh kelaminnya ketutupan nggak keliatan (jelas dokter Nina sambil tersenyum)

Ara dan Rian hanya tergelak mendengar penjelasan dokter Nina.

Ara: kayanya dia memang aktif dok, karena kemarin untuk pertama kalinya saya ngerasain kaya ada sesuatu gitu yang bergerak di perut saya

Nina: itu normal mama.. memang di usia kandungan 4 bulan pergerakan janin akan mulai terasa..

Ara: iya dok.. cuma memang jarang-jarang sih munculnya tapi beberapa kali setelah itu saya ngerasain dia gerak-gerak lagi dan itu kuat banget

Dokter Nina hanya tersenyum sambil meletakkan kembali alat yang semula dipegangnya lalu menurunkan pakaian Ara untuk menutup kembali perut bumil itu. Setelahnya ia berjalan menuju mejanya, diikuti Rian yang perlahan membantu Ara bangun dari tempat tidur lalu berjalan ke meja dokter Nina, untuk mendengar penjelasan selengkapnya.

Nina: surprise banget banyak kemajuan.. bayinya aktif, mamanya juga udah makin berisi, papanya hebat nih.. (puji dokter Nina ke Rian)

Rian: ya itu semua juga sesuai kata dokter, memang setelah pemeriksaan terakhir kemaren nafsu makan Ara udah mulai balik lagi, jadi saya juga nggak repot maksa-maksa dia lagi buat makan (sahut Rian sambil menoleh ke istrinya lalu tersenyum)

Nina: overall okey, dipertahankan ya mama papa... ini progress nya bagus, kalo makannya udah banyak berarti booster penambah nafsu makannya saya bisa kurangin ya, tapi untuk vitaminnya tetep harus diminum ya..

Ara: iya dok..

Nina: oh iya, saya juga mau ngingetin mama.. kalo di usia 4 bulan ini biasanya akan ada beberapa perubahan yang mungkin dirasakan sama mama ya, personally sih.. tiap bumil akan punya reaksi perubahan yang berbeda, tapi umumnya di usia 4 bulan itu kadang ada rasa nyeri di ulu hati karena hormon kehamilan, lalu ada perubahan pada rambut dan kulit, untuk rambut.. ada bumil yang rambutnya makin tebal tapi ada juga yang malah jadi rontok, nah kalo ke kulit... perubahan yang terjadi biasanya adanya peregangan atau bisa juga hiperpigmentasi. Selain itu biasanya hormon kehamilan di fase ini juga berpengaruh ke kemampuan berpikir dan juga fokusnya mama... istilahnya itu pregnancy brain, tapi mama papa nggak perlu khawatir karena itu normal kok. Lalu reaksi lainnya lagi yang mungkin juga dialami adalah rasa nyeri di bagian paha sama kaki, ini biasanya terjadi karena proses membesarnya rahim yang kemudian menekan syaraf skiatik yang merupakan syaraf terbesar di tubuh yang letaknya mulai dari bawah rahim sampai ke kaki, begitu mama papa.... panjang ya penjelasannya, udah kaya kuliah biologi ya? (canda dokter Nina ke pasangan muda ini)

Home sweet home 🏡Where stories live. Discover now