Q and A

483 21 0
                                    

Keluarga haji Jafar sudah kembali ke tanah air sejak 10 hari beribadah umroh di tanah suci. Banyak sanak saudara serta kerabat yang mengunjungi rumahnya, termasuk Ustadz Zeyn dan istrinya yaitu ukhti Yasmin.

Ukhti Yasmin berada di dekat Yumna, sedangkan ustadz Zeyn mengobrol dengan haji Jafar bersama sanak saudara yang lainnya.

"Hemmm.. Makin gembul aja nih pipi nah". Ucap Yumna yang memangku Adiba.

Ia selalu gemas dengan anak kecil, apalagi Adiba akrab pada dirinya.

"Iya makannya lagi doyan Yum". Ucap Yasmin.

Tiba-tiba Yasmin membuka tasnya dan mengambil sebuah buku catatan, lalu ia berikan ke Yumna.

"Buku apa ini kak??". Tanya Yumna nampak bingung.

"Buku catatan lah, ini isinya tentang akhi Kautsar Yum. Bisa dibilang kalian proses ta'aruf dengan perantara kakak, suami kakak, dan Yazid. Itu semua perintah paman Jafar Yum". Jelas Yasmin jujur.

Dahi Yumna mengernyit bingung,
"Lho kok udah proses ta'aruf aja, aku belum jawab khitbah akhi Kautsar kak". Ucap Yumna protes.

Yasmin gelengkan kepala,
"Emang paman Jafar gak bilang ke kamu??". Tanya Yasmin.

"Aba gak bilang apa-apa ke aku kak. Nanti deh aku bahas". Jawab Yumna merasa bingung.

"Kok aba cetus ide proses ta'aruf gak rundingan ke aku si??". Batin Yumna bertanya-tanya.

Ia pun membuka buku catatan tersebut dan sudah ada Q and A Kautsar.

"Eheem... Gimana Yum jawaban kamu buat akhi Kautsar?? Gak bakal ditolak lagi kan??". Tanya Yasmin penasaran.

"Rahasia kak, aku akan jawab jika waktunya tiba. Kalau udah Q and A kayak gini, berarti aku jalanin dulu prosesnya baru aku kasih jawaban". Jawab Yumna sambil tersenyum.

"Kasihan lho akhi Kautsar ngarep banget jawaban dari kamu kata suami kakak juga. Jangan lama-lama Yum emang gak mau punya yang lucu dan gemes kayak Adiba gini??". Tanya Yasmin menggoda Yumna.

Yumna langsung membelalakkan mata,
"Ih kakak ngomong apa si. Udah terlalu jauh kalau bahas anak dari sekarang belum saatnya lho". Ucap Yumna.

Yasmin terus menggoda Yumna, meski Yumna terus mengelak dan menyangkal. Sesekali Yumna sambil membaca Q and A yang dilakukan Zeyn pada Kautsar. Apalagi Yasmin juga melakukan Q and A ke Yumna, supaya Kautsar tahu lebih dalam lagi tentang Yumna.

-----------------------------------------------------------

Sedari tadi Kautsar mondar-mandir sambil sesekali memperhatikan renovasi pembangunan masjid di Pesantren.

Kautsar melirik jam tangannya berkali-kali. Seperti menunggu seseorang sejak tadi, ia sampai izin keluar disaat jam kantor. Meski seharusnya tidak perlu izin karena Kautsar sebagai pimpinan.

"Assalamu'alaikum... ". Ucap salam Zeyn.

Kautsar langsung menoleh dan menghampiri Zeyn yang baru saja duduk di kursi bawah pohon.

"Wa'alaikumsalam warohmatullahi wabarokatuh, lama banget luh bang. Lumutan deh gue". Jawab Kautsar balas salam.

"Nungguin ya... Hehehe... I'm sorry brother gue baru selesai ngajar di kelas". Balas Zeyn jujur.

"Gimana bang jawaban Yumna??". Tanya Kautsar tak sabaran.

Zeyn nampak bingung,
"Jawaban Yumna?? Kenapa tanya ke gue ??". Zeyn malah tanya balik.

"Kan luh salah satu perantara proses ta'aruf gue bang". Ucap Kautsar.

Dengan cengiran santainya ustadz Zeyn membuka buku catatan.

Do'a di Sujud TerakhirTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang