Peace be upon you^^
Setidaknya satu chapter bagi gue selesai nulisnya sampai tiga hari bahkan lebih karena ada kesibukan di real-life juga. Namun, kebanyakan karena lebih menghabiskan waktu menulis ceritanya. Mengapa? Karena cerita ini kompleks dan per adegan cukup detail; jika membaca dengan jeli bisa tergambarkan adegannya yang begitu hidup, seperti bagaimana kehidupan akademi dan lain sebagainya. Jadi enggak hanya sekadar;
Aalisha jalan bersama Anila dan Mylo, tiba-tiba gubrak, Aalisha ditabrak Athreus.
atau?
Aalisha menghadapi seekor Minotaur yang badannya besar, Aalisha mengangkat pedangnya lalu menyerang.
trang
trang
prang
krang
Syat, syat, jrasss, syat
Minotaur mati.
atau lagi?
Anila kini bersedih. "Hiks, hiks, hiks, ternyata selama ini, Aalisha mempermainkanku."
Jujur, gue nggak bisa nulis narasi yang seperti itu. Kenapa? Karena memang nggak bisa atau karena kebiasaan gue baca novel terjemahan atau novel adiluhung jadi ngaruh ke tulisan gue, hehe~lagi pula gue juga anak Sastra yang diajarkan kalau nulis cerita yah tulislah cerita yang dapat hidup bagi pembaca. "SHOW DON'T TELL."
Jadi bukan sekadar; Aalisha marah! Namun, gue gambarkan bagaimana marahnya Aalisha, contoh Aalisha menggigit bibir bawahnya, tangannya terkepal kuat hingga kuku-kukunya memutih, rahangnya mengeras serta ia menatap sinis karena kini dia sangat marah! See, tahu perbedaannya bukan? Lebih suka mana? Atas hal inilah, jangan heran kalau narasi dam detail ceritanya banyak karena begitulah cerita ini dengan segala alurnya. Terlebih lagi tanda baca, EYD, dan lainnya juga gue perhatikan! JELAS, ya kali gue anak Sastra, tapi masih jelek EYD-nya, kena gampar dosen gue nanti, hehe^^
Haruskah webinar tips nulis dari gue?
Terus kalau kalian baca novel terjemahan atau novel Indonesia yang benar-benar novel karya Sastrawan Indonesia, banyak yang pakai narasi detail dan panjang jadi bukan sekadar TELL, tetapi SHOW juga! Gue sejujurnya jarang baca Wattpad karena nggak punya waktu, apalagi di perkuliahan dituntut baca novel Sastra jadi lebih sering baca novel sejenis itu terus buka Wattpad cuma untuk update cerita!
Kalau ada yang tanya ... "Kak Prins, masa baru pertama kali nulis? Kok bisa sebagus ini?" jawabannya adalah ENGGAK! Gue sudah nulis dari lama dan pernah masuk komunitas penulisan yang langsung dimentor sama salah satu penulis Wattpad yang Wattpad-nya sudah jadi novel dan film. Cuma yang gue tulis tuh novel teenfiction, remaja, romansa. Terus kok gue bilang baru pertama kali nulis? Maksudnya tuh nulis genre fantasi baru pertama kali dan gue baru sadar kalau passion utama gue cocoknya di genre fantasi terlebih gue suka baca Webtoon, manhwa, manga, manhua, dan segala jenis film/series fantasi atau sejarah!! Karena itu gue sengaja nda pakai identitas gue sebelumnya dan mau mulai dari awal!!
Sebagai penutup, gue mau sampaikan bahwa Gue nulis untuk diri gue sendiri dan para Arcaners jadi Haters jangan atur-atur gue! Kalau nggak suka cerita ini, bisa kalian skip!! Atau tulis cerita kalian sendiri!!
— Pesan di atas ditulis untuk para pembaca yang suka mengkritik dengan bahasa tidak sopan padahal tidak memberikan dukungan apa pun 🙏 bahkan sekedar like saja tidak ia berikan? Hello, go to the jahanam, bitch!
— Kalau minta update, silakan minta saja, gue nggak masalah. Karena gue juga bisa lihat kalau para Arcaners antusias nunggu cerita gue. Yang gue permasalahankan hanyalah segelintir manusia yang suka ngatur dan mengkritik dengan bahasa tak sopan!!
Prins Llumière
Selasa, 02 Januari 2024
KAMU SEDANG MEMBACA
Book I: The Arcanum of Aalisha [END]
Fantasi[Bismillah, berani lo plagiat, gue tunggu hukumannya di akhirat!] BOOK I - TAMAT Athinelon, dunia sihir dengan keajaiban dan rahasianya yang tak terduga. Dunia yang terbagi menjadi beberapa benua, wilayah, distrik, dan zero domain. Dunia yang penuh...