316-320

74 10 0
                                    

Bab 316

Seperti kata pepatah, hujan musim semi sama berharganya dengan minyak, dan salju yang baik menandakan tahun yang baik. Musim dingin lalu, salju turun di garis pantai Benua Timur sepanjang musim. Setiap hari terjadi salju ringan diikuti salju lebat, dan salju lebat diikuti salju sedang. Belum lagi hama dan penyakit, ada sepuluh meter tanah di bawah tanah. Semuanya membeku.

Salju mencair dengan cepat, kemudian memasuki masa kemarau dimana angin dan matahari bertiup namun tidak turun hujan.

Sejauh mana?

Zhang Shuguang menundukkan kepalanya dan melirik ke arah anak ular yang sedang menyelam ke dalam baskom kayu berisi air bersih, dan memancingnya keluar untuk N+1 kali.

“Kenapa tidak hujan?” Dia berdiri di dekat dinding, menggunakan saputangan beludru lembut yang dicelupkan ke dalam air untuk menyeka sisik halus di tubuh anak ular itu dengan lembut untuk menghilangkan ketidaknyamanannya.

Mangjiu melirik ke arah anak ular yang sedang meraih baskom kayu, mengulurkan jarinya dan langsung menekan kepala bulat kecil itu ke dalam air. Sebuah gelembung muncul di dalam air, dan anak ular itu membungkukkan tubuhnya dan mengebor permukaan air dengan keras, tetapi Mangjiu tidak tahu harus berbuat apa. Sebuah jari diletakkan di atas kepalanya, namun ia gagal meski berusaha keras.

Zhang Shuguang awalnya mengamati ladang tempat benih ditanam di kaki gunung. Ketika dia khawatir air untuk mengairi sawah setiap hari tidak akan cukup, dia berbalik dan melihat Mang Jiu menindas anak ular itu.

Dia melotot, mengulurkan tangannya dan menepuk punggung tangan nakal pria itu, "Apa yang kamu lakukan! Apa kamu tidak melihat dia tersedak air?"

Mang Jiu melirik titik agak merah di punggung tangannya dan berkata dengan lembut: " Dia suka air."

Zhang Shuguang meliriknya dan membungkuk untuk mengeluarkan bayi ular yang keluar dari lubang hidungnya.

Bocah ular itu menggoyangkan bagian atas tubuhnya, lalu melontarkan pesan. Dia menatap Zhang Shuguang dengan sepasang mata kacang hitam, dan lubang hidung kecilnya terbuka sedikit.

Ketika Zhang Shuguang khawatir dia akan tersedak air dan ingin memberinya giliran, anak ular itu memutar tubuhnya dan menabrak baskom lagi dengan keras, memercikkan air ke seluruh tubuhnya.

"..." Apa artinya?

Zhang Shuguang tercengang.

Mang Jiuyi mengangkat alisnya, dengan nada bangga pada nadanya, "Kubilang dia suka air."

"Ya, ya, paman dan keponakanmu sama-sama menyukai air." Zhang Shuguang tidak bisa menahannya dan hampir memutar matanya. Anak itu menoleh ke langit.

Mang Jiu tidak setuju dan berkata, "Ini anakku."

“Bersikaplah sopan, ayah kandungnya ada di dalam gua kurang dari lima puluh meter di belakangmu.” Zhang Shuguang mengeluh sambil mengangkat jarinya untuk menunjuk ke ladang yang bisa dilihat di kaki gunung. , "Bagaimana mereka menyiram di sini? Saya lihat tidak banyak air di waduk."

Walaupun air sungai mengalir ke lubang besar yang digali sebelumnya untuk menampung air salju, namun tidak turun hujan karena tidak turun hujan. Aliran airnya sangat tipis sehingga tidak menjadi masalah untuk keperluan sehari-hari, namun agak terbatas untuk mengairi lahan pertanian.

Tentu saja sungai kecil di belakang gunung memiliki banyak air. Masalahnya, jika tidak turun hujan lagi dan permukaan air tanah turun, mereka harus melalui masa penghematan air sebelum musim hujan.

Zhang Shuguang sedikit khawatir karena dia tidak tahu apakah bibit yang baru bertunas dapat bertahan hidup tanpa air di bawah sinar matahari seperti ini.

BL_Bertani Di Dunia Binatang Dan Membangun InfrastrukturTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang