Narasi Bidadari Tersembunyi

62 1 0
                                    

A. Bidadari

Apa yang terlintas dalam benak kita tentang bidadari?
Pasti yang terlintas dalam benak kita, bahwasannya bidadari itu  putri dari kayangan, yang berparas cantik rupawan. Betul?

Dalam Islam, bidadari adalah salah satu penghuni surga. Tubuh mereka sangat indah, begitu manis serta cantik nan jelita dan terbuat dari campuran antara za'faran, misik, anbar dan kafur. 

Adapun Bidadari, menurut kepercayaan Hindu, adalah makhluk gaib berwujud manusia berjenis kelamin wanita yang tinggal di kayangan dan menjadi istri para gandarwa. 

Dapat kita simpulkan bahwasannya bidadari itu sosok wanita yang cantik parasnya, anggun penampilannya, yang berada di kayangan.

Namun apa jadinya jika bidadari itu tersembunyi?

B. Cantik Dzohir

Jika bidadari itu berparas cantik. Lalu apa devinisi cantik itu?

Apakah cantik itu dia yang berkulit putih, punya bulu mata lentik, hidungnya mancung, puya lesung pipi, dan bertubuh langsing?

Ataukah cantik itu dia yang badannya tinggi, rambutnya panjang, bibirnya sexy, kulitnya mulus, dan mempesona?

Jawabannya benar. Semua itu memang benar, tapi itu cantik menurut dzohir (luar). Jika dipandang dari luar, seorang wanita yang cantik itu dia yang membuat mata selalu menatap.

Misalnya, seorang wanita yang cantik keluar dari rumah. Berpakaian anggun, memakai gaun mini berwarna merah menyala, kulitnya putih, mulus, dan mempesona. Lengkap dengan sanggulan rambutnya ditambah make up yang mempercantik wajahnya.

Seorang wanita itu melewati sekelompok masyarakat yang sedang beraktivitas, dan masyarakat itu didominasi oleh kaum laki-laki. Kira-kira apa yang akan terjadi?

Apakah masyarakat akan melanjutkan aktivitasnya? Ataukah dia akan terdiam seribu bahasa menikmati tubuh sexsy wanita tersebut?

99,9% Masyarakat itu akan terdiam menikmati tubuh sexy wanita tersebut, karena sekali lagi, kecantikan dzohir akan membuat sepasang mata terus menatap.

Itulah yang disebut cantik dzohir (luar) lalu apa yang disebut cantik batin?

C. Cantik batin

Jika kecantikan dzohir (luar) itu membuat sepasang mata menatap, maka berbeda dengan kecantikan batin itu akan membuat sebuah hati menetap.

Cantik yang seperti apa si yang membuat hati menetap?

Cantik batin jawabannya. Kecantikan dari dalam akan muncul dari aura hati yang baik, dan hati yang baik akan timbul dari seseorang yang baik, walaupun secara dzohir dia tidak cantik.

Misalnya, ada seorang gadis yang sederhana penampilannya. Sopan dibaluti gamis yang berlabuh panjang, lengkap dengan hijabnya. Ia sedang menyapu mushola, lalu lewatlah seorang pemuda yang hendak salat sunah duha.

Apa yang akan terjadi? Apakah seorang pemuda itu akan terus menatapnya? Tidak, bahkan untuk memandangnya saja ia malu, karena gadis itu telah menjaga dirinya, dengan menutup aurat.

Namun, pada akhirnya. Walaupun seorang pemuda itu tidak berani untuk menatapnya, tapi hatinya ingin sekali menikahi gadis tersebut, karena kepribadian yang baiklah yang akan membuat hati menetap.

D. Bersyukur

Sungguh beruntung dia yang dianugrahi kecantikan luar, dan lebih beruntungnya lagi dia yang mempunyai kecantikan di dalam.

So yang perlu kalian ketahui, ya. Semua wanita itu cantik, tidak ada wanita yang jelek, karena Allah sudah menciptakan manusia dengan sebaik-baiknya penciptaan, jadi yang tidak cantik itu dia yang tidak pandai bersyukur.

Ukhty BarbarTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang