Seperti biasa warung gado-gado Enyak Halimah ramai menjelang makan siang. Enyak Halimah sibuk melayani pembeli, meracik gado-gado, rujak dan membungkusnya. Sedang Fika sang bibi, sibuk membuat es untuk para pembeli.
Di balik keramaian, Halimah sibuk dengan riasan. Memupur bedak putih ke wajah.Memulas gincu merah di bibir.Menyekak alis mata dengan pensilan hitam. Memencukan mulut seraya mengedipkan satu mata. Kerling. Tersumbat senyumnya yang lugu namun nakal.
"Halimeh....bener-bener lo ye....Rame gini lo malah dandan, bukannya bantuin gue lo ye!" Suara Enyak Halimah menggelegar di tengah keramaian orang yang berjejalan untuk membeli gado-gado, karedok dan rujak yang terkenal di seantero kampung Sukabakti.
Halimah segera menyimpan cermin kecilnya ke dalam laci meja. Mengikat rambutnya ala kuncir kuda. "Iye...iye...." Halimah menghampiri ibunya yang sedang sibuk melayani kerumunan pembeli dengan sedikit jengkel.
"Lo ye....udah tau rame lo sempet-sempetnye dandan." Omel Enyak Halimah sambil mengulek bumbu. Sedang Halimah membantu bungkus.
"Yaelah mak...Limeh kan perawan mak. Ya pantes lah dandan. Lah mak, saban hari nanyain kapan Limeh kawin. Ini usaha mak..."
"Ya dandannya kagak bisa entaran?" Si Enyak masih gusar. Halimah cemberut tapi diam tak membantah.
Akhirnya keriuhan pembeli mulai sedikit berkurang. Halimah, Enyaknya dan Fika bibinya mulai sedikit santai. Tiba-tiba...
"Limeh....liat noh. Itu kayak Ustadz Fajar!" Seru Fika menunjuk ke sebuah motor yang melintas ke depan warung mereka. Tentu saja Halimah spontan ikut menoleh dan mengamati.
"Sama siape die?" Enyak Halimah.
"Kayak perempuan yang dulu kite liet ya Meh..." Fika ikut nimbrung. Halimah diam membisu. Wajahnya terlihat kesal.
"Pacarnya?" Pok Henny, bibi Halimah yang lain ikut nimbrung.
"Kagak lah....dia pan ustadz, masak ustadz pacaran." Fika lagi.
"Terus siapanya dong?"
"Tau deh...Tapi tempo hari kita juga sempet liet mereka jalan berdua di sana." Fika lagi.
"Siapa sih perempuannya? Orang sini bukan?"
"Kayaknya bukan deh...." Kata Fika.
"Pokoknya Limeh kagak rela ada yang rebut ustadz Fajar dari tangan gue..." Halimah geram. Tentu saja semua pasang mata menatap Halimah.
"Lah lo emang siape dah?" Enyak Halimah mendelik menatap Halimah.
"Yah Enyak nih...kagak mau Limeh jadi bini ustadz?" Balas Halimah.
"Ya mau lah. Tapi masalahnya, ustadznya mau apa kagak sama lo?" Enyak Halimah lagi.
"Ih Enyak bukannya belain Limeh..."
"Nah lo, ngaji aja kagak bisa. Nah die pan hafal Quran, lo alip ba ta bisa kagak?'
"Ah Enyak..."
"Lagian pan tuh perempuan kerudungan. Panjang pula. Nah lo...coba dah...Lo bukan tipenya kali." Fika semakin memanaskan suasana.
"Ah encing ngapain sih ikut-ikutan segala." Halimah mulai sewot. Fika, Pok Henny dan dua orang pembeli yang masih menunggu gado-gadonya kelar diulek oleh Enyak Halimah cekikikan.
"Ahhh....males ah... Limeh pergi aja..." Halimah ngeloyor pergi dengan muka masam. Meninggalkan Enyak, Fika, Pok Henny dan dua pembeli saling berpandangan heran sambil cengengesan.
KAMU SEDANG MEMBACA
ANGIN RINDU (Completed)
RomanceHidup Rindu Larasati, seorang penulis kenamaan yang tinggal di New York tiba-tiba berubah drastis pasca kecelakaan parah yang membuatnya hilang ingatan. Tidak ada secuil memori tentang dirinya dan masa lalunya yang tersimpan di otaknya. Seketika itu...