Ayam Kawin

582 74 10
                                    


Jadi ceritanya Gon sama Killua lagi duduk-duduk di lantai teras rumah. Gon lagi goyang-goyang kaki kayak anak kecil sambil ngelihatin anak ayam pada main, Killua sibuk sama ponsel pintarnya yang merupakan isi THR dari saya.

/sok banget, tapi aamiin nanti bisa bagi-bagi THR/

Tiba-tiba Renbo si ayam pencuri sendal legendaris peliharaan Netero datang, nyamperin anak-anak ayam yang girang nyambut Renbo.

Jangan-jangan Renbo udah jadi induk ayam? Tunggu, Renbo itu ayam jantan atau betina? /lupa lantaran udah lama nggak nonton Nipu & Nipi/

Jantan kali ya, kalo betina namanya jadi Rinbee.

Fanfiksi ini tidak disponsori oleh produk berikut.

Gon tiba-tiba kesambet, rasa penasarannya mendadak meluap-luap ngelihat si Renbo. Saking semangat Gon gebuk-gebuk Killua yang lagi main ponsel pintarnya. "Killua, Killua!" panggil Gon sambil natap Renbo sama anak-anaknya.

"ADA APA BUJANG? GANGGU LAGI MAIN SEMARPON AJA."

Udah ngegas, salah ngomong lagi.

"Kalo ayam berkembang biaknya bertelur 'kan?" tanya Gon, masih gebukin Killua yang tetap berusaha main sama ponsel pintarnya sambil digebukin sama Gon.

"BUKANNYA AYAM MELAHIRKAN YA? KAN DISEBUTNYA ANAK AYAM BUKAN LARVA AYAM."

UDAH TAHU AYAM TUH UNGGAS BUKANNYA SERANGGA /nah kan gasnya meledak/

"Iiih, terus kamu makan telur mata sapi beneran telur sapi gitu?" Gon cemberut imut kayak Garry lagi pake gaun pengantin.

"YA SALAH SENDIRI NYEBUTNYA TELUR MATA SAPI BUKAN TELUR MATA AYAM."

MASALAHNYA SAPI GAK BERTELUR DASAR LU ULAT BUNTING /g

"Iiih, ayam itu bertelur," Gon tetap keukeuh, "coba cari di buku paket ilmu pengetahuan alam terbitan E*langga bab reproduksi hewan sub bab ovipar halaman 58 paragraf ketiga baris kedelapan, di situ ada keterangan lengkapnya."

Widih si bujang gila atau gimana bisa sampe hafal rinciannya.

"Hoream ah," balas Killua cuek bebek. "Mending cari di Glegoo aja, lebih mudah, cepat, dan praktis."

Yeu dasar generasi alumunium kalo cari jawaban langganan sama adeknya Mbah Gendeng, nanti ada website cari jodoh juga di Glegoo terus muncul lagi istilah baru yang namanya jodol alias jodoh online.

"Ya udah sana cari buruan," kata Gon, kali ini sambil gigitin rambut Killua sampe botak.

Ganas banget budget.

"Hm ... oh, ayam tuh bertelur," ucap Killua seraya baca artikel tentang resep telur dadar. Tiba-tiba aja Killua noyor kelapa Gon. "Dibilang ayam bertelur ngeyel banget sih," katanya gak jelas.

Hm, jadi pengen deh masukin telur dinosaurus ke sempaknya.

Gon manyun-manyun aja, mau marah tapi takut Killua nangis dia yang kena marah sama Kurapika.

Tiba-tiba Gon kepikiran, gimana caranya ayam betina bisa menghasilkan telur? Setahu Gon, makhluk hidup dapat menghasilkan keturunan dengan mempertemukan (maaf) sperma dari jantan dan sel telur dari betina.

Sekalipun hewan itu bertelur tetap harus kawin dulu biar stok telurnya tersedia /dikata barang kali.

Tenang saudara-saudara, Gon masih belum tahu kok gimana caranya (sekali lagi maaf) sperma sama sel telur bisa ketemu. Apakah kenalan di pesbook atau kenal karena bertukar tubuh meski terhalangi ruang dan waktu yang berbeda sampe saling lupa nama tapi tetap ngotot saling mencari bahkan nekat nyelamatin desa ceweknya dari jatuhan meteor terus beberapa tahun kemudian ketemu di tangga akhirnya kenalan lagi.

Maaf tadi nyasar ke rumah tetangga mau sungkeman.

Gon masih kepo, dia nanya lagi, "Tapi sekalipun ayam bertelur pasti kawin dulu, 'kan?"

Killua berhenti main ponsel pintarnya, natap Gon dengan sorot mata antara kaget, gak percaya, campur sedih. "Kamu ... kebelet kawin ya, Gon?" tanya Killua asal ceplos. "Jangankan pacaran, doi aja nggak punya. Sabar dulu lah habiskan masa mudamu cukup dengan teman-teman seperti diriku saja, gak usah nyusahin diri sendiri."

Ini kenapa Killua ketularan alaynya Leorio coba.

"Ih, kenapa nyambung ke sana?" Gon makin cemberut sambil lanjut ngomong, "Aku cuma penasaran, kalo ayam kawin tuh gimana? Kalo kucing kawin kan udah sering lihat, Leorio punya videonya kok."

Saya juga bingung kalo ayam kawin gimana, kakinya pendek begitu.

"Hm ... aku juga jadi penasaran," kata Killua, mulai searching di Glegoo. "Coba kita nonton nih video ayam lagi kawin," lanjutnya sambil kasih lihat ponsel pintar yang gak dipake secara pintar.

Gon sama Killua nonton video ayam lagi kawin sambil ketawa-tawa macam orang gila.

"Oalah, ternyata betinanya menekuk kaki--kayak lagi mengerami telurnya--sambil nungging, terus yang jantan di atasnya," tanggap Gon. "Tapi, yang kelihatan cuma begitu, terus ngapain lagi?"

Killua buru-buru simpan ponsel pintarnya terus kabur ninggalin Gon sendirian di teras.

Gon cuma diam natap Killua dengan polosnya, dia bermonolog, "Hm ... nanti coba tanya sama Kurapika deh, siapa tahu nanti juga dipraktikkan."

Renbo sama anak-anaknya kabur dari TKP.

P.S : Udahlah, kagak usah cari di Glegoo segala.

Hunter X Hunter Gabut StoryTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang