Curhat Dong, Mah!

260 40 5
                                    


Jadi, seminggu kemarin penilaian akhir semester (PAS) sampe hari ini selesainya.

MERDEKAAA! #PASkelarhidupkelar

Saya : Good bye sh*tty end of semester test!

KilluGonLeoPika : Hello, remedial :D

Saya : Kampret =_=)

Makanya saya baru bisa publish nih :v maaf ya kawan-kawan /saha maneh?

Tapi, bukan itu yang bakal dibahas. Kali ini mungkin gak ada lucu-lucunya (padahal biasanya juga garing gak bermutu), soalnya saya mau curhat melalui Gon sebagai perwakilan :v

Kalo gak baca chapter ini gak apa-apa, saya gak berharap ada yang baca atau kasih vote (sumpah yang masih kayak begitu meski saya bilang begini tuh baik banget /padahal kagak ada yang mau) karena isinya krisis lawakan.

Saya cuma curhat, gak bermaksud menyinggung pihak mana pun. Oke?

Jadi, mohon maaf lahir dan batin /lebaran udah lewat -_-

***

Di bawah pohon sakura yang gak ada bunga sakuranya, Gon sama Kurapika lagi duduk santai. AC (angin cepoi-cepoi) bertiup bikin suasana adem ayem, ditambah semerbak wangi cucian baju yang lagi dijemur.

Gon sama Kurapika anteng banget di situ, tepatnya di halaman depan rumah. Cocok untuk jadi tempat curhat bareng Mamah Dedeh, tapi karena Mamah Dedeh gak bisa datang jadinya pake barang substitusi alias Kurapika /digaplok.

Gon curhat, "Entah kenapa, PAS kali ini tuh rasanya gak kayak PAS sebelum-sebelumnya. Beda banget sama ulangan yang lain juga. Ya menurutku aja sih, kalo menurut yang lain gak tahu deh."

"Beda gimana maksudnya?" Kurapika nanya terus Gon jawab, "PAS kali ini tuh gak ada niat belajar, mager terus rasanya. Mau belajar aja udah kayak reuni sama teman SD alias wacana forever."

Parah sih. Jangan ditiru ya :v

Btw, memangnya Gon pernah SD ya? /plak.

Kurapika mulai ngerti masalahnya Gon, jadi Kurapika tanya alasannya kenapa mager belajar.

"Hm ... aku kurang tahu deh. Kagak paham sama diri sendiri juga, bingung, gak ngerti kenapa bisa malas belajar padahal biasanya kalo PAS lagi rajin-rajinnya belajar," jawab Gon terus diam sejenak kayak lagi tuma'ninah.

"Nah, eta!" seru Gon sambil nepuk tangannya ngagetin Kurapika yang lagi nyimak curhatan bocah itu. "Eta naon?" tanya Kurapika bingung.

Gon natap Kurapika sambil senyum cerah secerah matahari pagi aseek. "Kunci masalahnya ada di situ; belajar atau nggak. Kurapika tahu gak sih kalo orang lain di kelas pada nyontek semua?" tanya Gon yang dijawab anggukan oleh Kurapika.

"Nah, kalo orang yang nyontek itu pastinya gak belajar 'kan? Sekali pun belajar mungkin gak efektif atau gak serius, bahkan mungkin gak niat sama sekali. Malah bisa jadi udah pasti duluan milih cara curang dengan nyontek. Iya gak sih?"

"Mungkin karena belajar tuh susah bagi orang lain," tanggap Kurapika sambil nyimak.

"Memang sih, belajar itu banyak godaannya; mager, capek tibang lihat buku, pusing, suntuk plus ngantuk, belum lagi banyak hal-hal lain yang lebih asik daripada belajar kayak main HP," tanggap Gon, Kurapika angguk-angguk setuju.

Nonton TV juga termasuk godaan belajar, saya pegang kertas kisi-kisi di tangan tapi mata ke arah TV, jangan ditiru ya :v

"Aku juga sama kok, tiap manusia pasti punya rasa malas, bisa capek, ngantuk, pengen tidur, pengen makan, pengen main, aku juga sama! Tapi ya belajarlah meski sedikit, aku pernah kok gak belajar sama sekali untuk beberapa mata pelajaran karena gak sempat," lanjut Gon sambil manyun unyu, terus kepalanya dielus-elus Kurapika kayak emak lagi ngelus anaknya.

"Setidaknya kalo memang gak bisa jawab jangan minta jawaban, minta penjelasan kan gampang tinggal dipikir lagi juga bisa jawab 'kan? Harus banget gitu minta jawaban? Sampe gak dikasih jawaban dibilang pelit, salah sendiri gak belajar! Ya aku juga sama, salahku sendiri gak belajar jadinya gak bisa. Tapi aku mikir sendiri meski jawabannya salah. Yang penting udah berusaha, bukan curang kayak nyontek—itu bukan usaha."

Kurapika masih tepuk-tepuk kepala Gon, terus kepalanya jadi empuk eh kagak deng berjanda. "Ya gimana ya, masalahnya otak setiap orang beda-beda; ada yang bisa mikir ada yang nggak, sekali pun punya akal sama nalar kalo gak dipake ya percuma," ujar Kurapika.

"Kapasitas otak tiap orang juga beda, ada yang mampu nampung memori sampe 1 Tera ada pula yang cuma muat 1 KB. Kita gak bisa nyalahin orang atas dasar itu, karena pada dasarnya setiap orang itu beda. Kamu paham 'kan?" jelasnya, Gon angguk-angguk aja.

"Tapi kalo usaha—belajar—kan jadi bisa, semua orang juga begitu. Meski tujuan yang dicapai gak sama—bagi tiap orang, hasil maksimal itu beda—yang pasti usahanya ada. Masa gak belajar tiba-tiba dapat nilai bagus, di atas KKM, bahkan bisa nilainya 100. Dapat ilmu dari mana, Mbah Google? Memangnya dunia instan kayak mie? Sejak kapan prinsip ekonomi berubah jadi mencapai tujuan yang maksimum dengan pengorbanan minimum? Terus—"

Kurapika langsung membekap mulut Gon yang mulai stres ngomong gak jelas. "Jangan dipikirin yang kayak begitu mah biarin aja," katanya.

"Jangan pikirin orang lain, sesekali pikirin dirimu sendiri—egois sedikit bolehlah. Yang penting kamu udah berusaha, hasil yang kamu terima itu sebanding dengan usahamu. Lagi pula, nilai sama ilmu yang kamu dapat itu gak sepenuhnya sama; nilai cuma sampe di rapor sama ijazah, sementara ilmu dibawa sampe innalillah. Punya nilai bagus belum tentu punya ilmu yang bermanfaat, tapi kalo punya ilmu yang bermanfaat udah pasti nilainya bagus berapa pun itu."

Gon meluk lutut sambil naruh kepalanya di atas lipatan tangan. "Tapi aku jadi mager belajar karena orang-orang yang suka nyontek itu, usahaku seolah sia-sia lantaran nilaiku justru di bawah nilai para tukang nyontek. Udah capek belajar sampe ngantuk gara-gara tidur larut malam, nilaiku malah ... yah, kayaknya sia-sia banget belajar. Makanya jadi mager."

"Kalo begitu, kamu pikirin dirimu sendiri, jangan pikirin orang lain dan jangan pikirin nilai dulu. Yang kamu ambil itu ilmu, bukan nilai doang. Ilmu itu untuk dirimu sendiri, tapi kamu bisa bagiin ilmu untuk orang lain dengan cara dan waktu yang tepat. Kalo diminta ngasih jawaban, kasih penjelasan udah cukup," papar Kurapika.

"Iya sih, apalagi kalo matematika dikasih rumusnya, aku sujud syukur tuh," kata Gon sambil senyum bikin Kurapika ikut senyum terus nanya, "Ada lagi yang masih mengganjal?"

Gon langsung jawab, "Ada. Rasanya nyesek kalo udah kasih penjelasan sama orang lain, tapi nilai orang itu malah di atas nilaiku :')"

"Yah, aku juga pernah kayak begitu," sahut Kurapika sambil senyum kecut kayak nanas madu tapi gak pake madu. "Tapi yakin aja kalo penjelasan yang kamu kasih itu termasuk ilmu punyamu, sayangnya kamu bagi ilmu itu di saat yang kurang tepat jadinya ya begitulah."

Gon cuma bergumam, terus Kurapika nanya, "Udah lega?"

"Aku belum mau ke kamar mandi kok."

Kurapika ketawa dengar candaan Gon yang mulai ceria lagi, bocah itu udah bisa bercanda sekarang.

"Eh aku baru mau ke kamar mandi nih, ada panggilan alam. Kurapika mau ikut gak?"

"Ke kamar mandi kok ngajak-ngajak kayak anak TK," sindir Kurapika sambil senyum geli. "Udah sana buruan nanti malah ngompol di celana lagi."

Gon langsung ngacir ke kamar mandi tinggalin Kurapika di halaman depan rumah. "Hadeuh, kelakuan," tawanya.

Hunter X Hunter Gabut StoryTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang