XLVI

45 12 13
                                    

"Pagi banget. Emang janjiannya pagi?", tanya Jona begitu melihat adiknya menuruni tangga.

"Iya, Bang", jawab Arin sambil mengambil roti yang baru saja dipanggang Steven.

"KOK PERGI?", tanya Steven tidak terima.

Hari ini, orangtua mereka dan Mikha pergi ke luar kota untuk survey lokasi project terbaru Firmamentum. Meninggalkan Jona, Steven, dan Arin di rumah.

"Kan semalem aku udah bilang, Bang"

"Terus nanti abang sama siapa? Bang Jona siang ke rumah sakit. Kamu pergi", gerutu Steven yang tidak terima ditinggal sendirian.

"Ga ada demo masak? Biasanya kamu kalau Sabtu suka dateng ke demo masak", tanya Jona, ikut menimbrung.

"Seminggu ini kerjaan aku sibuk banget, Bang. Niatnya mau diem aja di rumah atau main sama Arin. Eh ga tahunya adik kesayangan Samudra Steven pergiiiiii", katanya memasang muka sok sedih,

Arin baru saja akan membalas perkataan Mikha ketika handphonenya berbunyi. Sepasang telinga milik Jona langsung stand by begitu mendengar handphone Arin berbunyi. Kepo.

"Halo Mark?"

Mendengar suatu nama yang tidak asing di telinganya, membuatnya kembali melanjutkan aktivitasnya.

"Bang, aku pergi ya!", pamit Arin, lalu berlari menuju pintu utama.

"Bang...", panggil Steven begitu suara mobil berlalu pergi.

"Hmm"

"Arin udah gede ya?"

"Masih kecil begituuu. Gede darimana?", elak Jona.

"Udah gede, Bang. Tuh, udah bisa pergi sama cowok lain, berdua doang, weekend begini lagi"

"Masih kecil, Tep. Masih suka salah arah kalau pergi sendirian. Masih suka teledor. Masih suka..."

"Bang", ujar Steven, menghentikan ucapan Jona.

"Arin udah gede. Abang ga perlu khawatir lagi sama Arin. Abang ga usah penasaran lagi sama siapa Arin pergi, sama siapa Arin, dan karna alasan apa Arin balik sama temennya yang tajir itu. Arin udah gede, Bang", ujar Steven.

"Abang cuma khawatir, Tep, sama Arin. Gimana pun Arin adik abang. Perempuan pula. Abang cuma takut dia kenapa-kenapa. Abang khawatir kalo dia tiba-tiba sakit. Apalagi kalau sakitnya kambuh. Abang takut... kehilangan dia lagi...."

"Bang. Apapun yang terjadi, kalau waktunya udah pas, Arin pasti bakal selalu cerita ke kita. Apalagi ke Abang. Udah cukup Arin sampai batal kuliah keluar kota karena abang ngelarang dia. Udah cukup Arin harus laporan terus ke abang. Dia udah gede"

"Kamu... kamu tahu?"

"Tahu apa?"

"Yang tentang abang ngelarang Arin keluar kota?"

"Tahu lah. Kan aku ngedenger abang ngobrol sama Papa, ngebujuk Papa biar ga relain Arin pergi keluar kota. Sampe abang janji bakal sering pulang ke rumah sama temuin calon-calon yang dikasih Papa Mama ke abang"

"Mikha juga tahu?"

"Aku sih ga pernah bilang. Cuma ya ga tahu deh kalo Mikha ternyata juga tahu. Abang tahu sendirilah, aku sama Mikha otaknya kaya suka nyambung gituu"

"Abang cuma ga tenang kalau Arin jauh dari..."

"Terus, bentar lagi aja abang mau ke Jogja. Mau lanjut spesialis. Gimana tuh?"

"Kan belum tentu keterima", lirih terdiam. Merasa bersalah dengan janjinya di masa lalu dan keputusannya.

"Udah, Bang. Abang ga usah merasa bersalah. Tenang aja. Arin udah gede. Abang ga perlu khawatir. Abang tinggal kejar impian abang. Arin juga bakal seneng kok", ujar Steven, lalu melangkah menuju halaman depan. Teringat perintah mamanya untuk menyiram koleksi anggreknya di pagi hari. Meninggalkan Jona yang terdiam di ruang tv.

Blooms in AutumnTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang