2 : 35

1.7K 346 30
                                    

"HUUWAAAA."

Taehyung megang kepalanya yang pening karena dengar tangisan adek sejak setengah jam lalu.

Penyebabnya itu, Jungkook ngga sengaja liat foto Namjoon sama satu orang cewek seksi di ponsel milik papa. Sebenarnya, dia udah liat sejak tadi malam, tapi dipendam dan berusaha mikir positif. Namun, melihat Namjoon pergi kerja pagi-pagi, bikin Jungoo yang baru bangun tidur langsung badmood, berujung nangis kenceng. Adek mikirnya, "Pasti papa pacalan."

Padahal mah, Namjoon berangkat pagi-pagi buat nyempetin waktu biar ngga ketinggalan pesawat. Dia terbang ke London hari ini, tanpa kasih tau Jungkook karena ngga mau bikin adek murung sebab ngga dibawa. Ini bukan liburan, dan bayi gembul itu kadang kurang percaya bahwa papanya murni kerja. Dikiranya senang-senang, ngga tau aja kalo Namjoon pusing-pusingan.

"Udahlah dek." Taehyung negur sambil ngaduk sup kambing. Sup kesukaan Jungkook yang diharap bisa naikin mood si kecil.

"Ikutan pusing gue dengernya." celetuk Jimin. Dia lagi duduk di sofa bagian pinggir. Yoongi duduk di tengah-tengah kakinya yang terbuka. Jangan mikir aneh, ini Jimin disuruh nyabutin uban-uban Yoongi. Kebanyakan pikiran bikin Yoongi beneran jadi kakek-kakek.

"Sini Koo. Sini." hyung pucat menepuk paha tanpa noleh ke arah Jungkook, soalnya kepala dia lagi ditahan Jimin.

Adek perlahan deketin Yoongi, duduk pelan-pelan di atas paha Yoongi sambil menghadap dada.

"S-sedih..." suara mungil itu kedengaran serak, bayi gembul nempelin kepalanya ke dada Yoongi, degupan jantung normal bikin Jungkook merasa tenang.

"Kenapa? Ngga mau punya mama lagi, hm?"

Gelengan kuat buat Yoongi ketawa. Bocah ini lucu banget.

"Kan bagus kalo punya mama."

"IIIIII DA MAU YUGI!" nafasnya putus-putus, gambarin segimana hebatnya tangisan Jungoo hari ini.

"Papa Namu itu masih segar, bisa banget kalo mau nikah. Kamu masa ngelarang sih?"

Adek terdiam, tapi air matanya masih belum kering. Jimin nahan ketawa di belakang, berusaha alihin pandangan ke arah lain biar ngga meledak ngakaknya. Muka Jungkook melas bukan main. Biarpun Jimin pengen ngakak, tapi sebetulnya di sudut hati yang paling dalam, ada terbesit rasa kasihan. Kasihan bayangin gimana susahnya Jungkook menjalani kehidupan sejauh ini, sampai trauma punya orang tua baru, nerima orang baru dalam hidupnya.

"Iya, iya engga." Yoongi meluk kembali badan Jungoo. Nepuk-nepuk pelan bahunya supaya tangisan pilu reda.

"Indonesia negara hukum. ASSALAMUALAIKUM. RAME BANGET NICH." Chanyeol datang sambil gendong Chika, umur anaknya itu sekarang jalan tiga bulan. Masih belum bisa apa-apa. Bukannya kaget denger teriakan si bapak yang ngga tau malu itu, Chika justru senang. Ketawa-ketawa nunjukkin gusinya yang belum tumbuh apa-apa

"Anjay nangis."

Jimin ketawa denger kalimat Chanyeol. Dia nepuk sofa di sebelahnya, mempersilakan Chanyeol yang meski ngga disuruh, udah duduk.

"Oi dek, ambilin selimut dong." minus adab. Chanyeol kayak ngga ada dosa nyuruh orang yang lagi berduka. Tapi walaupun gitu, Jungkook tetap bangkit. Nyeret selimut tebal dari lantai dua.

Chanyeol lipat selimut itu jadi empat lipatan, terus taruh ke lantai, kemudian mindahin Chika yang sebelumnya diasuh sementara oleh Yoongi.

"Kemana bini lo Chan?" Jimin nanya, natap Chanyeol yang sibuk main sama anak.

"Pulang. Bapaknya sering sakit akhir-akhir ini."

Jungkook nyimak tanpa mau nimbrung. Dia sesekali mainin jemari Cendol kecil. Chika wangi banget, adek pengen nyium tapi mukanya lagi kotor. Air mata, ingus, kecampur semua sebab tadi sempat nangis guling-guling.

"Koo, makan dulu. Ayo." Taehyung datang sambil bawa selembar tisu basah buat bersihin muka Jungoo. Yang ditawarin makan adek, yang nyerbu ke meja malah para tiga bujang minus bapak-bapak. Satu bapak-bapak itu udah ngga peduli lagi sama anak.

"Wah, gila, enak banget pasti nih." Chanyeol nyendok sup hangat.

"Bang, ini anak lo gapapa ditinggal?" Taehyung nanya setelah ngecup keponakannya, sesekali kasih becandaan ala anak bayi yang bikin Chika ketawa lebar.

Jungkook terpaku liat interaksi Taehyung sama Chika.

"Apa aku begitu dulu sama olang tua asli aku?"

Bersuara dalam hati sambil meremas pelan ujung baju.

***

"Silam Jamaaaaaannn!" suasana taman belakang rumah heboh. Kesedihan bocah bermata bulat itu mereda setelah diajak main air sama Yoongi yang jarang banget mau main bareng.

"Dek, sembur dek, SEMBUR!" Yoongi kasih perintah. Main bertiga, dan Jimin cuma sendirian, ngga punya tim. Mana si gembrot jail abis.

Satu ember kecil berisi air disembur ke Jimin yang berdiri melawan Yoongi pakai pistol mainan.

"Argh. Basah banget. Burung gue serasa mengecil."

"Lah, kan emang udah kecil."

"SEMBARANGAN LO!" sensitip ges. Yoongi ngakak pas Jimin ngejar sambil bawa sebelah sendal buat nimpuk dirinya. Chanyeol ikutan setelah liat keseruan mereka bertiga. Dia nitipin Chika ke Taehyung yang asik nonton film.

Kingkong Sumatra itu datang-datang nyiram Jungkook. Adek kebawa-bawa emosinya sejak Chanyeol ngga sengaja nyenggol susu pisang punya dia waktu makan siang beberapa menit lalu. Jungoo meraup tanah becek, kemudian dioles ke baju Chanyeol. Pantat cendol ditepok pakai gayung bolong.

"Anjir ni bocah, belah ngga pantat gue?" nanyain ke Jimin. Dia takut pantatnya kegores plastik gayung bolong. Kan itu bolongnya ngebentuk segitiga, terus sisa plastik yang pecah masih ada. Tajam pula.

"Lah, kan emang udah dari sononya belah. Emang engga? Lu berak lewat mulut?"

"Setan! Cacing dong?" ngakak bareng. Mereka berdua mutusin berhenti main. Chanyeol lari ke rumahnya jalan belakang. Ngambil pampers Chika, sekalian ganti baju. Nanti balik lagi ke sebelah biar ngga kesepian di rumah.

"Udahan?" Yoongi bujuk Jungkook yang masih duduk. Baju adek udah kayak seragam PNS, alias, penuh tanah basah.

Ngangguk pelan, mukanya sedikit nunduk. Ngelamun sambil memandang genangan air yang dia mainkan dengan kakinya. Tadi seneng-seneng, dan sekarang raut wajahnya kembali murung. Sudah seharian ini Namjoon ngga ngasih kabar. Apa dia benar-benar dilupain? Biasanya, kalo makan siang, telepon rumah pasti bunyi, atau ngga ponsel Taehyung masuk notifikasi video call.

"Jangan dipikirin ya, mbul. Kan masih punya Yugi. Bener ngga?"

Yoongi menggandeng tangan gemuk biar bangkit dari duduknya. Celotehan Yoongi ngga ditanggapi. Adek memilih diam.

"Gimana pun juga, aku bukan anak asli papa. Jadi, benel kata kamu. Aku da belhak."

[Taebungie Saranghae]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang