Haloooo, aku Nipa, pertama aku meminta izin untuk beristirahat sampai bulan Mei yaa. Aku pejuang kelas akhir, jadi mesti serius banget belajarnya. Nuntasin materi buat masuk kuliah, ditambah lagi Ujian Sekolah bakal dilaksanain dalam waktu dekat ini. Mohon doa baiknya ya orang-orang baik, semoga hasil usahaku secakep muka kalian.
Nah, kedua, aku mau kasih tau perencanaan ku yang sebetulnya masih abu-abu. Aku mau jadiin Taesa versi PDF, dengan harga yang masih aku ancang-ancang, kira-kira sekitar 50k.
Berapa word Nip?
= belum diketik belum digabung juga, tapi kayaknya bakal lebih 100 ribu kata. Di versi pdf ini, aku bakal gabungin Taesa dari season 1-2 dengan tata bahasa yang lebih bagus (Semoga) tapi bukan berarti berubah jadi baku ya, masih santai kayak chapter biasa.Ada tambahan? Tentu, di versi PDF, aku bakal ketik sampai season 3. Yang mana, season 3 ini aku nantinya kasih cerita mengenai latar belakang kehidupan si bayi lebih detail, serta penjelasan tentang hubungan sebenarnya sama Kookie (yang ada di book Donat)
Ya. Mereka berdua ini ada keterkaitan. Kurasa ada beberapa di antara kalian yang notice hal itu pas aku nyinggung soal cerita sebelah. Ngerti ya? Dalam satu file termuat cerita dari season 1-3.
Kenapa ngga dijadiin novel?
= Ada beberapa faktor yang bikin aku mutusin buat ngga jadiin Taesa novel.1. Dengan jumlah kata yang lebih dari 50 ribu, aku rasa harganya juga pasti bakal selangit untuk karya yang ngga seberapa ini. Bukan menganggap kalian ngga mampu, tapi aku cuman ngga mau kalian keluarin uang dengan nominal banyak, sedangkan ceritaku masih banyak banget kurangnya, bahkan bisa dibilang hancur. Masih belum seimbang dengan uang yang kalian keluarin, gitu. Belum lagi ongkir. Kalo bahasa gawl nya mah, ngga worth it.
2. Aku lebih banyak menerima untung dibanding mengeluarkan versi cetak.
Pembelian bisa lewat mana? Pemesanannya?
= Rencanaku maunya di trakteer, tapi lebih mudah di whatsapp sihhh :(Apa aja kekurangan dan kelebihan yang kami terima?
= kekurangan versi cetak terletak antara harga dan kualitas yang mungkin ngga sebanding. Versi cetak juga punya batasan pemesanan. Hal ini yang membuat sebagian pembacaku menyerah sebab uang yang kadang jadi masalah, sedangkan pemesanan sudah ditutup. Tapi kelebihannya, ya jelas, bisa memeluk secara fisik, dapet freebiesnya juga.Sedangkan kekurangan versi PDF sebaliknya, ngga bisa memeluk secara fisik, ngga dapet freebies khas. Kelebihannya ngga ada batasan pemesanan, harga jauh lebih murah.
Kemahalan ngga sih 50k itu?
= Mahal atau murah tergantung pendapat masing-masing. Aku selaku penulis merasa harga ini udah paling sesuai, karena di penulis lain, aku bahkan pernah liat harga segini dengan jumlah kata 30 ribuan aja. Aku ngga memaksa kalian buat beli karyaku. Mau beli, mau engga, bebas.Ada pertanyaan lain? Silahkan ketuk DM ku atau tulis di komentar.
Masalah nama tokoh, aku harap kalian ngerti ya, untuk menghindari keributan, menghindari debat mengenai copyright, aku bakal mengganti nama tokoh yang ada di sini. Kemarin sempat baca di twitter, kalo nyangkut secara komersial, harus diganti karena kalo tetep dijalanin, termasuk ilegal.
Barangkali ada yang beli buku 'Baby Gukie' beberapa bulan lalu, kemudian nanya dalam hati, "Ini masih nama asli mereka kok?" aku klarifikasi ya, kasus yang sempet rame masalah nama, membuat penulis kecil juga tersentil, sebab ngga sedikit yang nerbitin sebuah karya menggunakan nama asli, termasuk aku. Aku yang agak kampret ini merasa gapapa sebab satu author besar yang aku beli karyanya menggunakan nama asli member. Di situ juga, posisi naskahku udah dicetak, ngga mungkin melakukan revisi. Pihak penerbitku bilang kalo nanti kedepannya pakai nama lain aja, yang terlanjur, ngga bakal dicetak lagi.
Dan dari sini aku menolak ulangi kesalahan dua kali, aku ngga masalah kalian ngga mau beli karena ngga pakai nama idol, gapapa kok, yang penting aku ngga melanggar hal yang sebetulnya sudah bisa disebut ilegal.
Okey, aku rasa segitu aja. Semisal ada tambahan informasi, aku bakal kasih tau di papan pengumuman. Terimakasih sudah membaca sampai akhir~♡
KAMU SEDANG MEMBACA
[Taebungie Saranghae]
RandomBerawal dari penculikan anak menggemaskan BUKAN HOMO WOY, INI BROTHERSHIP-! #1 - th